Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Hal itu disampaikan pada acara rembug budaya bersama perwakilan seniman, pegiat budaya, pendidik, organisasi masyarakat, penghayat kepercayaan dan Sedulur Samin Sikep. Rembug Budaya diselenggarakan di ruang lantai dua kantor setempat, Rabu (15/2).

“Kami menilai sudah saatnya kita membangun dan menjual seni budaya Blora, salah satunya dengan mengoptimalkan peran kelembagaan seni budaya di Blora. Peran DKD diharapkan sangat membantu,” kata Kunto Aji.

Oleh karena itu, kata Kunto Aji, melalui rembug budaya, pihaknya meminta dukungan, masukan dan kerjasama untuk memajukan kebudayaan di Kabupaten Blora.

“Melalui rembug budaya ini, merupakan ungkapan daya yang luar biasa memajukan kebudayaan di Kabupaten Blora,” ungkapnya.  

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Kabupaten Blora memiliki potensi budaya yang memerlukan peran maksimal dalam kegiatan yang potensial dari semua pelaku dan pegiat seni budaya Blora.  Oleh karenanya tingkat verifikasi lembaga kesenian akan menjadi perhatian serius.

“Jangan asal punya legalitas. Tetapi tingkat verifikasi dan kesehatan lembaga seni budaya lebih menjadi perhatian. Prestasi yang bagus harus kita support,” tegasnya.   

Terkait reorganisasi kepengurusan DKD Blora yang disampaikannya, mendapat tanggapan dan dukungan dari peserta rembug budaya.

“Pada prinsipnya mendukung reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah Blora. Pengurus tidak harus PNS, melainkan dipilih siapa yang peduli seni budaya dan mampu serta mau berorganisasi,” kata Sukarno, Ketua Pepadi Blora.

Pernyataan senada disampaikan oleh Adi Wibowo, pegiat seni Barongan Blora. Menurutnya, pembentukan lembaga kesenian di Blora jangan rentan kepentingan, melainkan harus benar-benar solid untuk memajukan, menjual seni budaya Blora di tingkat nasional dan internasional.

“Dewan Kesenian Daerah jangan menjadi sebuah lembaga yang bermuatan kepentingan dari seseorang. Apalagi kepentingan politik. Saya sepakat dengan reorganisasi yang bakal dilaksanakan,” kata Adi Wibowo.

Di tempat yang sama, Trimo salah seorang guru yang hadir pada rembug budaya, mengatakan kelembagaan seni budaya harus bisa memberi peluang kepada anak usia dini.

“Kami usulkan agar bakat dan memapuan anak, khususnya usia dini menjadi bagian program yang lebih serius untuk mewujudkan kelestarian seni dan regenerasi pelaku seni budaya,” kata Trimo.   

Sedangkan Waras, pegiat budaya Blora, dalam rembug itu mengusulkan bagaimana upaya mempromosikan sebuah ciri khas budaya Blora.

“Seperti batik ciri khas Blora ada batik barongan dan batik bermotif daun jati, kemudian ciri khas barongan Blora yang bagaimana ? Ini sangat penting diperhatikan,” kata Waras.

Ia juga mengungkapkan tentang  potensi permainan tradisional, seperti kekehan yang perlu direvitalisasi sebagai salah satu potensi khas Blora.

Menanggapi beberapa usulan tersebut, Kepala Dinporabudpar Kuno Aji didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Sukartono dan Kasi Budaya Gembong Setyo Pujiono mengatakan akan mengkaji lebih lanjut terkait prosedur pembentukan kepengurusan Dewan Kesenian Daerah Blora.

Hadir pada rembug budaya, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono diwakil Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan Dijan Wahjudi dan Kasi Kemitraan dan Keterbukaan Informasi Publik Sofia Cahyaningrum. (Dinkominfo Kab. Blora). 

Selama Ramadhan, Pegawai OPD Blora Bekerja 32,5 Jam Dalam Satu Minggu 

Selama bulan Ramadhan Tahun 1438 Hijriyah / 2017 Masehi jam kerja pegawai di  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blora berjumlah 32,5 jam dalam satu minggu untuk lima atau enam hari kerja.

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Turnamen Sepak Bola Ramadhan Cup III

Sejumlah 48 tim sepak bola yang ada di wilayah Teritorial Kodim 0721/Blora mengikuti Turnamen sepak bola Ramadhan Cup III merebutkan Piala Dandim 0721/Blora tahun 2017. Turnamen berlangsung di Lapangan Sepak Bola PPSDM Migas Karang Boyo Cepu, Sabtu (27/05/2017).

Selengkapnya...

Polres Blora dan Satpol PP Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Polres Blora dan Satpol PP Blora menggelar operasi gabungan menjelang  Ramadhan tahun 2017. Operasi Cipta Kondisi dilaksanakan antara lain di sejumlah lokasi seperti kost-kostan, perhotelan dan tempat hiburan malam.

Selengkapnya...

Warga Dimbau Hemat Penggunaan Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mulai bersiaga guna meminimalisir dampak kekeringan akibat datangnya musim kemarau tahun ini. Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu mengimbau agar warga masyarakat Kabupaten Blora mulai menghemat penggunaan air bersih dan mewaspadai potensi kebakaran di lahan kering. 

Selengkapnya...

Koramil Kradenan dan Warga Desa Mojorembun Kerja Bhakti Urug Jalan 

Anggota Babinsa Koramil 10/Kradenan bersama Babinkamtibmas, perangkat Desa dan masyarakat Dukuh Sendangtliko RT 03/ RW 01, Desa Mojorembun meaksanakan  gotong royong urug jalan. Pengurugan dilakukan karena kondisi jalan rawan bagi pengendara akibat berlubang sepanjang 300 meter. 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan