Tim Jepang dan ITB Siapkan Penerapan Teknologi CCS di Kabupaten Blora

Rencana penerapan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan mencegah pemanasan global dengan cara tangkap, angkut, dan simpan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) menunjukan sinyal positif. Setelah disoalisasikan sejak Agustuas 2016 lalu, kini rencana penarapan teknologi CCS tersebut mulai memasuki tahapan survey lokasi. 

Hal itu ditandai dengan datangnya tim dari Fukuda Geological Institute Jepang bersama ITB Bandung ke Kabupaten Blora selama dua hari sejak Minggu-Senin (19-20/3).

Kedatangannya ke Blora untuk melakukan pengecekan lapangan migas sebagai sumber gas carbon dan sumur Jepon-01 yang akan digunakan sebagai lokasi penanaman carbon. 

Dari evaluasi yang dilakukan, dalam waktu tidak lama lagi tim akan memasang alat pengukur getaran di lokasi program CCS di kawasan bekas sumur minyak Jepon-01. 

”Pemasangan alat pengukur getaran itu untuk mengetahui berapa getaran yang ditimbulkan ketika gas karbon nantinya diinjeksi atau ditanam di tanah,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Sutikno Slamet, melalui Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Rini Setyowati, baru-baru ini. 

Dia mengungkapkan, tim dari Jepang berada di Blora selama dua hari itu melakukan evaluasi terhadap serangkaian tahapan yang sudah dilaksanakan. Selain itu, para ilmuan dan praktisi gas karbon dari universitas tertua di Jepang juga menyusun tahapan berikutnya yang harus dilakukan menuju terealisasinya program CCS di Blora. 

”Dari evaluasi itulah diputuskan akan dilakukan pemasangan alat pengukur getaran,” tandas Rini. 

Lebih lanjut Rini Setyowati menceritakan, selama berada di Blora, tim dari Jepang tersebut melakukan studi lapangan. Diantaranya meninjau lokasi program CCS di sumur Jepon-01 dan mengunjungi Central Processing Plant (CCP) Blok Gundih di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan. 

Rombongan yang didampingi tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) juga bertemu dengan Bupati Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H Arief Rohman di rumah dinas bupati. Dalam pertemuan yang juga diikuti sejumlah pejabat Pemkab Blora, Perhutani dan Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Cepu, bupati dan wabup memberikan dukungan penuh dan berharap program CCS segera terwujud di Blora. 

Program CCS kali pertama dilaksanakan di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Program tersebut sepenuhnya didanai Asian Development Bank (ADB). Pemkab Blora tidak mengeluarkan anggaran sedikitpun. Program ini digagas ITB bekerja sama dengan Pemerintah Jepang.
Melalui program tersebut, gas carbon dari kawasan pertambangan minyak dan gas (migas) Blok Gundih di Kecamatan Kradenan akan dikumpulkan kemudian diangkut dan diinjeksi atau disimpan di tanah di sumur Jepon-01. 

”Dari perencanaan yang ada, program CCS akan direalisasikan tahun ini juga,” kata Rini Setyowati. (Dinkominfo Kab. Blora | ft : ist/ib).  

 

Selama Ramadhan, Pegawai OPD Blora Bekerja 32,5 Jam Dalam Satu Minggu 

Selama bulan Ramadhan Tahun 1438 Hijriyah / 2017 Masehi jam kerja pegawai di  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blora berjumlah 32,5 jam dalam satu minggu untuk lima atau enam hari kerja.

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Turnamen Sepak Bola Ramadhan Cup III

Sejumlah 48 tim sepak bola yang ada di wilayah Teritorial Kodim 0721/Blora mengikuti Turnamen sepak bola Ramadhan Cup III merebutkan Piala Dandim 0721/Blora tahun 2017. Turnamen berlangsung di Lapangan Sepak Bola PPSDM Migas Karang Boyo Cepu, Sabtu (27/05/2017).

Selengkapnya...

Polres Blora dan Satpol PP Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Polres Blora dan Satpol PP Blora menggelar operasi gabungan menjelang  Ramadhan tahun 2017. Operasi Cipta Kondisi dilaksanakan antara lain di sejumlah lokasi seperti kost-kostan, perhotelan dan tempat hiburan malam.

Selengkapnya...

Warga Dimbau Hemat Penggunaan Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mulai bersiaga guna meminimalisir dampak kekeringan akibat datangnya musim kemarau tahun ini. Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu mengimbau agar warga masyarakat Kabupaten Blora mulai menghemat penggunaan air bersih dan mewaspadai potensi kebakaran di lahan kering. 

Selengkapnya...

Koramil Kradenan dan Warga Desa Mojorembun Kerja Bhakti Urug Jalan 

Anggota Babinsa Koramil 10/Kradenan bersama Babinkamtibmas, perangkat Desa dan masyarakat Dukuh Sendangtliko RT 03/ RW 01, Desa Mojorembun meaksanakan  gotong royong urug jalan. Pengurugan dilakukan karena kondisi jalan rawan bagi pengendara akibat berlubang sepanjang 300 meter. 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan