Tim Jepang dan ITB Siapkan Penerapan Teknologi CCS di Kabupaten Blora

Rencana penerapan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan mencegah pemanasan global dengan cara tangkap, angkut, dan simpan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) menunjukan sinyal positif. Setelah disoalisasikan sejak Agustuas 2016 lalu, kini rencana penarapan teknologi CCS tersebut mulai memasuki tahapan survey lokasi. 

Hal itu ditandai dengan datangnya tim dari Fukuda Geological Institute Jepang bersama ITB Bandung ke Kabupaten Blora selama dua hari sejak Minggu-Senin (19-20/3).

Kedatangannya ke Blora untuk melakukan pengecekan lapangan migas sebagai sumber gas carbon dan sumur Jepon-01 yang akan digunakan sebagai lokasi penanaman carbon. 

Dari evaluasi yang dilakukan, dalam waktu tidak lama lagi tim akan memasang alat pengukur getaran di lokasi program CCS di kawasan bekas sumur minyak Jepon-01. 

”Pemasangan alat pengukur getaran itu untuk mengetahui berapa getaran yang ditimbulkan ketika gas karbon nantinya diinjeksi atau ditanam di tanah,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Sutikno Slamet, melalui Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Rini Setyowati, baru-baru ini. 

Dia mengungkapkan, tim dari Jepang berada di Blora selama dua hari itu melakukan evaluasi terhadap serangkaian tahapan yang sudah dilaksanakan. Selain itu, para ilmuan dan praktisi gas karbon dari universitas tertua di Jepang juga menyusun tahapan berikutnya yang harus dilakukan menuju terealisasinya program CCS di Blora. 

”Dari evaluasi itulah diputuskan akan dilakukan pemasangan alat pengukur getaran,” tandas Rini. 

Lebih lanjut Rini Setyowati menceritakan, selama berada di Blora, tim dari Jepang tersebut melakukan studi lapangan. Diantaranya meninjau lokasi program CCS di sumur Jepon-01 dan mengunjungi Central Processing Plant (CCP) Blok Gundih di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan. 

Rombongan yang didampingi tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) juga bertemu dengan Bupati Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H Arief Rohman di rumah dinas bupati. Dalam pertemuan yang juga diikuti sejumlah pejabat Pemkab Blora, Perhutani dan Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Cepu, bupati dan wabup memberikan dukungan penuh dan berharap program CCS segera terwujud di Blora. 

Program CCS kali pertama dilaksanakan di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Program tersebut sepenuhnya didanai Asian Development Bank (ADB). Pemkab Blora tidak mengeluarkan anggaran sedikitpun. Program ini digagas ITB bekerja sama dengan Pemerintah Jepang.
Melalui program tersebut, gas carbon dari kawasan pertambangan minyak dan gas (migas) Blok Gundih di Kecamatan Kradenan akan dikumpulkan kemudian diangkut dan diinjeksi atau disimpan di tanah di sumur Jepon-01. 

”Dari perencanaan yang ada, program CCS akan direalisasikan tahun ini juga,” kata Rini Setyowati. (Dinkominfo Kab. Blora | ft : ist/ib).  

 

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan