BLORA LAUNCHING SAMSAT DESA

Guna mendekatkan layanan kepada masyarakat pelosok desa, Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) / Samsat Kabupaten Blora bekerjasama dengan Satlantas Polres Blora, Jasa Raharja, serta Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora meluncurkan program Samsat Desa, Rabu (31/5). 

Bertempat di halaman Kantor UPPD Samsat Blora Jl.Jendral Sudirman nomor 108 Bangkle, acara grand launching Samsat Desa dibuka secara resmi oleh Bupati Djoko Nugroho pada pukul 09.00 WIB. 

Grand launching dihadiri Kapolres Blora AKBP Surisman SIK MH, Dandim 0721 Blora yang diwakili Kasdim Mayor Hyasintus Waleng, P, ST, Kasatlantas AKP Febriyani Aer SIK, Camat se Blora, Kapolsek se jajaran Polres Blora dan perwakilan Paguyuban Kepala Desa Kab.Blora. 

Kepala UPPD / Samsat Blora Untung Sirinanto ATD, M.Sc, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini kesadaran masyarakat untuk membayar pajak masih rendah. Terbukti masih ada 11.000 unit kendaraan yang masih menunggak pajak, 7000 diantaranya merupakan sepeda motor yang ekuvalen sebesar Rp 2,5 miliar. 

Menyikapi hal tersebut, maka UPPD / Samsat Blora bersama dinas/kantor terkait sepakat melaksanakan program Samsat Desa untuk meningkatkan pendapatan pajak serta mempermudah agar masyarakat desa bisa melaksanakan pembayaran pajak kendaraannya tanpa harus keluar biaya ke kota. 

“Pajak merupakan tumpuan pelaksanaan pembangunan. Jika pajak banyak yang nunggak, maka seara otomatis akan berdampak pada lambannya pembangunan. Saat ini saja di Blora ada 11 ribu kendaraan yang nunggak bayar pajak dengan berbagai alasan. Nah, dengan adanya Samsat Desa yang bertugas keliling ke desa-desa ini, harapannya bisa meningkatkan pendapatan pajak dan memberikan pelayanan terdepan kepada masyarakat desa terpencil,” terangnya. 

Saat grand launching, baru ada 2 buah sepeda motor Samsat Desa yang akan digunakan untuk melayani masyarakat. Ia berharap kedepan setiap kecamatan ada satu buah motor Samsat Desa, dimana se Blora ada 16 Kecamatan. Sehingga masih diusahakan lagi pengadaan 14 motor. 

Adapun Bupati Djoko Nugroho dalam acara grand launching tersebut mengapresiasi upaya UPPD / Samsat Blora bersama Satlantas dan dinas terkait. Ia sangat mendukung dan meminta seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk menyampaikan program bagus ini kepada masyarakat. 

“Ini program bagus, harus kita dukung dan sukseskan bersama. Pak Camat, Pak Kades harus menyampaikan ke masyarakat agar mereka tahu. Saya minta nanti dibuatkan jadwal kelilingnya ke desa-desa mana saja agar masyarakat tahu,” ucap Bupati.

Begitu juga dengan para pejabat, ia meminta agar seluruh kendaraannya diperiksa dan mengurus pajaknya. Ia meminta maaf kepada UPPD jika ada kendaraan dinas yang nunggak pajak. “Nanti biar saya tertibkan,” tegas Bupati. 

Menurutnya ketaatan pajak bagi pemimpin sangatlah penting. Ia ingin kedepan dalam pencalonan Kepala Desa dan Perangkat Desa salah satu syaratnya harus taat pajak. Tidak hanya pajak kendaraan bermotor saja, namun juga pajak lainnya. 

Acara grand launching ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon udara oleh Bupati didampingi Kapolres, Kasdim, Kepala UPPD Samsat Blora, Kasatlantas dan Jasa Raharja. Usai launching, Bupati mengatakan akan memberikan bantuan tambahan 10 unit sepeda motor untuk Samsat Desa. 

Alfiyan, salah satu petugas tunggakan pajak menerangkan bahwa untuk operasional Samsat Desa ini nanti akan diprioritaskan dahulu di wilayah desa-desa yang tunggakan pajaknya besar. 

“Pelayanan Samsat Desa akan kami lakukan di Kantor Balaidesa setempat. Sehingga masyarakat desa cukup datang ke Balaidesa. Untuk jadwalnya masih dalam pembahasan. Secepatnya akan kita share,” terang Alfiyan. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

Blora Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Kabupaten Blora meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana S Yembise, di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau, Sabtu-Minggu (22-23/7).

Selengkapnya...

Antisipasi dan Cegah Dini Radikalisme

Sebanyak 150 orang terdiri para UPTD, Kepala TK, Himpaudi Se Kecamatan Kota Blora, mengikuti penyuluhan dan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), nara sumber Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana, tempat di ruang pertemuan Sekda Kabupaten Blora, Senin (24/07/2017).

Selengkapnya...

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan