KELOMPOK TANI DIBERIKAN ALSINTAN SECARA GRATIS

Untuk kali kedua pada tahun anggaran 2016, kelompok tani di Kab. Blora mendapatkan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Alsintan yang diterimakan berupa Traktor roda 2 sebanyak 83 unit, Rice Transplanter 5 unit, Pompa Air 75 unit, Traktor roda 4 sebanyak 3 unit.

“Jangan dijual, ini untuk membantu njenengan, Blora alhamdulillah surplus, bahkan beras Blora dikirim ke luar jawa,” ujar Bupati Blora Djoko Nugroho saat acara penyerahan di halaman Kantor Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kab. Blora, Jumat (14/10).

Bupati Djoko Nugroho, mengatakan, bantuan diberikan untuk mensejahterakan petani. Setelah mendapatkan Alsinta, mulai sekarang petani tidak lagi menggunakan cara  tradisional untuk mengolah tanah.

“Sekarang memakai mesin pertanian, lebih cepat dan biayanya lebih ringan, harapannya panennya bagus,” katanya.

Kokok sapaan akrabnya menuturkan kedepan peran pertanian di Blora semakin besar, hal ini setelah PT. Gendhis Multi Manis (GMM) diambil alih oleh PT. Bulog. Untuk itu, Ia meminta para petani memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kab. Blora, Reni Miharti, mengemukakan selama tahun anggaran 2016, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, telah mengalokasikan alat dan mesin pertanian yang jenis dan jumlahnya banyak.

Ia menuturkan, bulan Maret lalu juga telah diserahkan traktor roda 2 sebanyak 67 unit, Rice Transplanter 2 unit, Hand Sprayer 288 unit, Corn Seller sebanyak 41 unit, Combine Harvester Kecil 25 unit, Combine Harvester Sedang 4 unit, Power Threser 16 unit, Multi Power Threser 15 unit, Tossa 1 unit.

“Semua peralatan Alsintan yang diserahkan harapannya dapat mendukung percepatan tanam sehingga luas tambah tanam yang ditargetkan bisa tercapai,” harapnya.

“Ketersediaan Alsintan khususnya prapanen sangat diperlukan disentra-sentra tanaman pangan untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja pertanian dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan indeks pertanian,” imbuhnnya. (DPPKKI Kab. Blora)

Kodim Blora Periksa Kelengkapan Kendaraan Anggota TNI  

Pasi Intel Kodim 0721/Blora Kapten Inf Sukemi didampingi Pasi Log Kapten Cpl Sumanto melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan kelayakan kendaraan (seped motor) dinas dan non dinas milik anggota Kodim 0721/Blora, tempat di halaman Makodim setempat, Kamis (23/02/2017).

Selengkapnya...

Atlet Dayung dan Judo Blora Lolos Seleksi Popnas

Enam atlet Blora dari dua cabang olahraga lolos memperkuat kontingen Jateng di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dari enam atlet tersebut, empat diantaranya dari cabang dayung dan dua atlet lainnya dari cabang judo. 

Selengkapnya...

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Diperinnaker Blora Gelar Pra Job Fair 2017

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinnaker) Kabupaten Blora bekerjasama dengan SMK Muhamadiyah 1 Blora menggelar Pra Blora Job Fair selama dua hari, Selasa 21 Februari dan Rabu 22 Februari 2017. Kegiatan diselenggarakan di halaman SMK Muhamadiyah Blora.

Selengkapnya...

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M