KELOMPOK TANI DIBERIKAN ALSINTAN SECARA GRATIS

Untuk kali kedua pada tahun anggaran 2016, kelompok tani di Kab. Blora mendapatkan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Alsintan yang diterimakan berupa Traktor roda 2 sebanyak 83 unit, Rice Transplanter 5 unit, Pompa Air 75 unit, Traktor roda 4 sebanyak 3 unit.

“Jangan dijual, ini untuk membantu njenengan, Blora alhamdulillah surplus, bahkan beras Blora dikirim ke luar jawa,” ujar Bupati Blora Djoko Nugroho saat acara penyerahan di halaman Kantor Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kab. Blora, Jumat (14/10).

Bupati Djoko Nugroho, mengatakan, bantuan diberikan untuk mensejahterakan petani. Setelah mendapatkan Alsinta, mulai sekarang petani tidak lagi menggunakan cara  tradisional untuk mengolah tanah.

“Sekarang memakai mesin pertanian, lebih cepat dan biayanya lebih ringan, harapannya panennya bagus,” katanya.

Kokok sapaan akrabnya menuturkan kedepan peran pertanian di Blora semakin besar, hal ini setelah PT. Gendhis Multi Manis (GMM) diambil alih oleh PT. Bulog. Untuk itu, Ia meminta para petani memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kab. Blora, Reni Miharti, mengemukakan selama tahun anggaran 2016, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, telah mengalokasikan alat dan mesin pertanian yang jenis dan jumlahnya banyak.

Ia menuturkan, bulan Maret lalu juga telah diserahkan traktor roda 2 sebanyak 67 unit, Rice Transplanter 2 unit, Hand Sprayer 288 unit, Corn Seller sebanyak 41 unit, Combine Harvester Kecil 25 unit, Combine Harvester Sedang 4 unit, Power Threser 16 unit, Multi Power Threser 15 unit, Tossa 1 unit.

“Semua peralatan Alsintan yang diserahkan harapannya dapat mendukung percepatan tanam sehingga luas tambah tanam yang ditargetkan bisa tercapai,” harapnya.

“Ketersediaan Alsintan khususnya prapanen sangat diperlukan disentra-sentra tanaman pangan untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja pertanian dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan indeks pertanian,” imbuhnnya. (DPPKKI Kab. Blora)

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Kerusakan Jalan di Desa Sumber Segera Diperbaiki

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Samgautama Karnajaya mengemukakan perbaikan jalan Desa Sumber Kecamatan Kradenan menuju Desa Temulus Kecamatan Randublatung (melalui Dukuh Mulyorejo) segera dilaksanakan setelah didiskusikan dengan pihak Pertamina. Sebab, ketika rusak, perbaikan poros jalan kecamatan itu sebagian menjadi tanggung jawab Pertamina.

Selengkapnya...

GIAT PRAJURIT TNI

Babinsa Koramil Tunjungan Latih PBB Siswa SMAN 1 Tunjungan  - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Pelda  Riyanto bersama dua rekannya melaksanakan kegiatan pelatihan PBB terhadap Siswa siswi SMA Negeri 1 Tunjungan Blora, yang diikuti sebanyak 45 Siswa kelas VIII  dalam rangka Extra Kurikuler, Sabtu (14/01/2017). 

Selengkapnya...

Pembinanan Warga Seputar Tower Telekomunikasi Dioptimalkan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Blora akan mengoptimalkan pembinaan dan penyuluhan rutin kepada masyarakat yang berada di seputar tower telekomunikasi. Demikian hal itu di sampaikan oleh Kepala Diskominfo Blora Sugiyono melalui Kepala Seksi (Kasi) Telekomunikasi Nyipto Dewi Sriwijayanti.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M