Tradisi Jangan Sampai Ditinggalkan Anak Cucu

Bupati Blora Djoko Nugroho menghadiri tradisi Suran yang diselenggarakan kelompok penghayat kepercayaan Kekadangan Wringin Seto di desa Soko, Kecamatan Jepon. Puncak acara digelar pertunjukan wayang kulit.

“Ini tradisi bagus sebagai upaya pelestarian kesenian tradisional jawa serta ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, rejeki dan kesehatan kepada kita semua. Harus terus diuri-uri, jangan sampai ditinggalkan oleh anak cucu,” ujar Bupati Djoko Nugroho.

Kepala Bidang Kebudayaan DPPKKI Blora, Suntoyo, menyatakan tradisi suran yang dilaksanakan di padepokan Kekadangan Wringin Seto merupakan agenda tahunan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus melestarikan budaya leluhur yang secara turun temurun diajarkan kepada anak cucu.

“Disini semua etnis dan agama boleh bergabung, tidak ada pembeda diantara kita. Semua bersatu melestarikan kebudayaan leluhur jawa tepat di bulan pertama tahun jawa yang disebut Suro,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (15/10).

Dikatakannya, ribuan anggota Kekadangan Wringin Seto dari berbagai daerah di Pulau Jawa hadir untuk mengikuti serangkaian kegiatan untuk menghormati para leluhur tanah Jawa tersebut. Padepokan yang berada di Suroyudan puncak bukit Sayuran itu dipenuhi pengunjung dari berbagai kota.

Upacara tradisi dimulai pukul 18.00 WIB setelah matahari terbenam dengan syukuran tumpeng dan doa bersama di dalam padepokan. Seluruh anggota bersatu duduk mengelilingi ratusan tumpeng makanan yang dimasak oleh penduduk desa secara gotong royong.

Usai berdoa, anak-anak dan warga boleh mengambil makanan. Sedangkan tumpeng lainnya dikirab dari padepokan menuju tempat meditasi yang berada di dalam goa.

Beberapa pusaka ikut di kirab dengan diterangi cahaya obor. Peserta kirab mengenakan pakaian adat jawa.

Usai prosesi ritual, pukul 21.00 WIB dilanjutkan dengan pementasan wayang kulit semalam suntuk bersama Dalang Nuryanto dari sanggar seni Cahyo Sumirat. Lakon yang disuguhkan Semar Gugah.

Pertunjukkan wayang kulit yang disuguhkan Dalang asal Dukuh Pangkat Desa Purwosari Kecamatan Blora itu menghibur penonton hingga tancep kayon (selesai).

Pada adegan limbuk cangik, Bupati Blora Djoko Nugroho didaulat ikut menghibur berkolaborasi dengan 5 pesinden asli Blora. (DPPKKI Kab. Blora/ft : ist).

 

 Juara Road Race Piala Bupati Blora 2017 

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara,  berikut para juara Gadhuro Road Race Open Championship 2017 Seri 1 Piala Bupati Blora, yang diselenggarakan Minggu (19/2).

 

 

 

 

 

 

Selengkapnya...

Dandim Blora Tinjau Lokasi Karya Bhakti Mandiri II di Desa Nglengkir

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana erta Danramil Jepon Lettu Inf Puryanto melaksanakan Kunjungan Kerja di lokasi kegiatan Karya bhakti mandiri II di Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo, Sabtu (18/2).

Selengkapnya...

LPPL Radio Gagak Rimang Blora Siaran Langsung Pagelaran Seni Karawitan Siswa SD   

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora memberi kesempatan dan menyiarkan langsung pagelaran seni karawitan siswa Sekolah Dasar (SD). Upaya itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa karakter ana-anak dalam pengembangan bakat dan pelestarian seni tradisional di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dalduk-KB Blora Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi 

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk-KB) Kabupaten Blora menyelenggarakan seminar Kesehatan Reproduksi Wanita. Seminar diikuti organisasi wanita dan remaja, berlangsung di Hotel ARRA, Jln Raya Cepu - Randublatung Km 2 Desa Mulyorejo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Kamis (16/02/2017).

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Penyuluhan Hukum

Guna mewujudkan dan meningkatkan disiplin, profesional serta bermoral bagi personel TNI maupun PNS, Kodim 0721/Blora menggelar penyuluhan hukum di aula Makodim 0721/Blora, Kamis (16/2/2017).

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M