Tradisi Jangan Sampai Ditinggalkan Anak Cucu

Bupati Blora Djoko Nugroho menghadiri tradisi Suran yang diselenggarakan kelompok penghayat kepercayaan Kekadangan Wringin Seto di desa Soko, Kecamatan Jepon. Puncak acara digelar pertunjukan wayang kulit.

“Ini tradisi bagus sebagai upaya pelestarian kesenian tradisional jawa serta ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, rejeki dan kesehatan kepada kita semua. Harus terus diuri-uri, jangan sampai ditinggalkan oleh anak cucu,” ujar Bupati Djoko Nugroho.

Kepala Bidang Kebudayaan DPPKKI Blora, Suntoyo, menyatakan tradisi suran yang dilaksanakan di padepokan Kekadangan Wringin Seto merupakan agenda tahunan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus melestarikan budaya leluhur yang secara turun temurun diajarkan kepada anak cucu.

“Disini semua etnis dan agama boleh bergabung, tidak ada pembeda diantara kita. Semua bersatu melestarikan kebudayaan leluhur jawa tepat di bulan pertama tahun jawa yang disebut Suro,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (15/10).

Dikatakannya, ribuan anggota Kekadangan Wringin Seto dari berbagai daerah di Pulau Jawa hadir untuk mengikuti serangkaian kegiatan untuk menghormati para leluhur tanah Jawa tersebut. Padepokan yang berada di Suroyudan puncak bukit Sayuran itu dipenuhi pengunjung dari berbagai kota.

Upacara tradisi dimulai pukul 18.00 WIB setelah matahari terbenam dengan syukuran tumpeng dan doa bersama di dalam padepokan. Seluruh anggota bersatu duduk mengelilingi ratusan tumpeng makanan yang dimasak oleh penduduk desa secara gotong royong.

Usai berdoa, anak-anak dan warga boleh mengambil makanan. Sedangkan tumpeng lainnya dikirab dari padepokan menuju tempat meditasi yang berada di dalam goa.

Beberapa pusaka ikut di kirab dengan diterangi cahaya obor. Peserta kirab mengenakan pakaian adat jawa.

Usai prosesi ritual, pukul 21.00 WIB dilanjutkan dengan pementasan wayang kulit semalam suntuk bersama Dalang Nuryanto dari sanggar seni Cahyo Sumirat. Lakon yang disuguhkan Semar Gugah.

Pertunjukkan wayang kulit yang disuguhkan Dalang asal Dukuh Pangkat Desa Purwosari Kecamatan Blora itu menghibur penonton hingga tancep kayon (selesai).

Pada adegan limbuk cangik, Bupati Blora Djoko Nugroho didaulat ikut menghibur berkolaborasi dengan 5 pesinden asli Blora. (DPPKKI Kab. Blora/ft : ist).

 

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Polres Blora

Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng, menggelar acara pengajian peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2017 di Masjid Al Istiqomah Mapolres Blora, Kamis (27/04/2017). Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Selengkapnya...

Koramil 08/Kedungtuban Karya Bhakti Urug Jalan

Sejumlah anggota Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora bersama Babinkamtibmas dan warga masyarakat, melakukan karya bhakti membantu pengurugan jalan makadam dengan grosok di Dukuh Dahu, Desa Nglandean, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (26/04).

Selengkapnya...

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Peringatan Hari Kartini ke 138

Yayasan Kartini Blora menggelar pentas seni dan budaya di GOR Mustika Blora, Sabu (22/4). Agenda itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138 dan ulang tahun yayasan tersebut.

Selengkapnya...

60 Petugas TIK Kabupaten Blora Dilatih Membuat Website

Dinas Komunikaksi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pembuatan website, e-mail dan pendaftaran sistem elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M