DPRD Blora Usul Pemkab Bikin Perbup Situs Wisata Religi

DPRD Blora mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten agar membuat peraturan bupati (perbup) tentang cagar budaya untuk situs religi di wilayah setempat. Pemkab diminta menyisihkan anggaran daerah untuk kegiatan-kegiatan pada situs wisata religi yang diselenggarakan. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Blora Abdullah Aminudin dalam sambutan pada puncak acara pengajian akbar Haul Sunan Pojok, Minggu (30/10).

“Kami minta kepada Bapak Bupati agar membuat Perbup tentang cagar budaya untuk situs religi. Saya kira bisa menyisihkan anggaran daerah untuk mendukung kelancaran acara yang setiap tahun diselenggarakan,” kata Abdullah Aminudin.

Di Blora, menurut dia, ada tiga wisata religi yang ramai dikunjungi warga setiap tahun, yakni situs Sunan Pojok (Syaikh Amirullah Abdurrochim), situs K. H Abdul Qohar di  Ngampel dan situs Janjang (Jati Kusumo dan Jati Swara).

Wakil Bupati Blora Arief Rohman, menyambut baik aspirasi yang disampailan Wakil Ketua DPRD Blora itu.

“Tentu saja menyambut baik aspirasi yang disampaikan DPRD, segera kami sampaikan kepada Bupati dan nanti bisa dikerjakan bersama-sama dengan DPRD Blora,” kata Wabup Arief Rohman.

Lebih lanjut menurut Wabup, pada tahun ke dua pemerintahan yang dipimpin Bupati Djoko Nugroho, selain pembangunan infrastruktur, juga akan fokus pada tempat spiritual.

“Dalam waktu dekat, untuk Makam Mbah Pojok akan dipugar, pedagang  yang menempati kios disediakan di Seso. Termasuk desain Masjid Agung Baitunnur akan dilombakan,” jelas Wakil Bupati Arief Rohman.

Pengajian Akbar Haul Sunan Pojok menghadirkan  KH. Agus Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Sidoarjo, Jawa Timur. Ribuan umat muslim antusias mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan oleh panitia.

Sebelum pengajian, diawali laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Suryanto, kemudian disampikan riwayat Sunan Pojok oleh  Ketua PCNU Blora Aunur Rofiq.

KH. Agus Ali Masyhuri antara lain mengajak umat muslim Blora untuk menghapus kesalahaan demi melanjutkan persaudaraan. Selain itu juga mengajak untuk membiasakan sedekah.

Hadir pada pengajian akbar, Plt Sekda Sutikno Slamet dan unsur Forkopimda Blora serta tokoh agama. (DPPKKI Kab. Blora / ft : ist) 

Kodim Blora Periksa Kelengkapan Kendaraan Anggota TNI  

Pasi Intel Kodim 0721/Blora Kapten Inf Sukemi didampingi Pasi Log Kapten Cpl Sumanto melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan kelayakan kendaraan (seped motor) dinas dan non dinas milik anggota Kodim 0721/Blora, tempat di halaman Makodim setempat, Kamis (23/02/2017).

Selengkapnya...

Atlet Dayung dan Judo Blora Lolos Seleksi Popnas

Enam atlet Blora dari dua cabang olahraga lolos memperkuat kontingen Jateng di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dari enam atlet tersebut, empat diantaranya dari cabang dayung dan dua atlet lainnya dari cabang judo. 

Selengkapnya...

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Diperinnaker Blora Gelar Pra Job Fair 2017

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinnaker) Kabupaten Blora bekerjasama dengan SMK Muhamadiyah 1 Blora menggelar Pra Blora Job Fair selama dua hari, Selasa 21 Februari dan Rabu 22 Februari 2017. Kegiatan diselenggarakan di halaman SMK Muhamadiyah Blora.

Selengkapnya...

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M