TAMPILKAN KEARIFAN LOKAL,

 MHQ KE-12 PERLU DICONTOH

Nuansa pembukaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke-12 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kab. Blora, berbeda dari penyelenggaraan MHQ sebelumnya.

Untuk memeriahkan MHQ, sebagai tuan rumah, Pemkab. Blora menampilkan rebana kolaborasi Polwan dari Polres Blora, anggota Tentara dari Batalyon 410 Alugoro/Blora dan Karawitan. Juga ada penampilan tari-tarian religi dari Kantor Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora.

Pembukaan MHQ di alun-alun Blora, Selasa (1/11). Sore hari, digelar pawai ta’aruf peserta lomba dan murid-murid dari Taman Pendidikan Al-Quran, Madarasah Diniyah dan Pondok Pesantren di Blora. Pawai ini dimeriahkan Barongan, kesenian khas Blora.

“Ini baru dijumpai di Kabupaten Blora,” ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Farchani saat menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Bahkan menurutnya, MHQ di Kab. Blora satu-satunya penyelenggaraan yang paling meriah, sejak MHQ pertama kali diselenggarakan.

Pelaksanaan MHQ yang menampilkan kearifan lokal, lanjutnya perlu dicontoh dan dikembangkan di Kabupaten atau Kota yang akan menjadi tuan rumah MHQ selanjutnya.

Diakhir sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Blora yang telah membantu suksesnya MHQ ke-12. Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab. Blora, yang memberikan fasilitas menginap di hotel secara gratis bagi Kafilah dari Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya berharap, MHQ tidak hanya meningkatkan spriritual generasi muda, namun juga menciptakan generasi yang unggul yang beretika dan bermoral.

“Tidak hanya hafal Al-Qur’an saja, namun juga mampu mempraktekkannya,” katanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, warga Blora patut berbangga menjadi tuan rumah MHQ ke-12. “Kita diberi kesempatan untuk mempertemukan santri-santri se Jawa Tengah ketemu dengan santri-santri dan warga Blora untuk saling mengenal, silaturahmi dan berlomba dalam kebaikan. InsyaAllah mereka menjadi bagian Islam yang rahmatan lil alamiin,” katanya.

Bupati Djoko Nugroho menuturkan pembukaan MHQ sengaja dipadukan dengan budaya agar umat Islam menjadi berkarakter.

“Baru saja saya maju diiringi gamelan tembang Ilir-Ilir itu tembangnya Sunan Kalijaga. Tembang yang mempunyai filosofi yang luar biasa. Sudah beragama diiringi Gamelan rasanya mak nyus,” kata Bupati yang langsung disambut tepuk tangan dari paratamu undangan.

Oleh karena itu, dengan rasa hormat dan bangga saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat dan santri-santri di Kab. Blora. Kedatangan saudara-saudara sungguh membanggakan kita semua, pungkasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa tengah sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah, Ahmad Daroji, menuturkan, MHQ ke-12 diselenggarakan mulai hari ini, Selasa (1/11) dan berakhir tanggal 3 November.

Adapun tujuan MHQ, paparnya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperkokoh ukhuwah baik sesama muslim maupun pemeluk agama lain juga Pemerintah, serta memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Menggali potensi dan prestasi hifdzil Quran.

Cabang-cabang yang dilombakan, hifdzil Quran 20 juz putra dan putri, 30 juz putra dan putri dan hifdzil Quran 30 juz disertai tafsir bahasa arab putra dan putri.

Adapun pelaksanaan lomba diselenggarakan di pendopo DPRD Kab. Blora, Pendopo rumah dinas Bupati Blora dan Kantor Nahdlotul Ulama Kab. Blora.

Pembukaan MHQ-ke12, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kemenag Jawa Tengah, Farchani didampingi Bupati Blora Djoko Nugroho dan Ketua MUI dan LPTQ Jawa Tengah, Ahmad Daroji. (DPPKKI Kab. Blora)

Pengecekan Kendaraan Dinas Kodim Blora

Waaslog Kasdam IV/Diponegoro Letkol Arm Herman Antoni beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke satuan Kodim 0721/Blora, Jumat (28/04). Kunjungan waaslog guna melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat yang ditata di halaman apel makodim 0721/Blora Jl. Pemuda No. 44 Blora.

Selengkapnya...

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Polres Blora

Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng, menggelar acara pengajian peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2017 di Masjid Al Istiqomah Mapolres Blora, Kamis (27/04/2017). Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Selengkapnya...

Koramil 08/Kedungtuban Karya Bhakti Urug Jalan

Sejumlah anggota Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora bersama Babinkamtibmas dan warga masyarakat, melakukan karya bhakti membantu pengurugan jalan makadam dengan grosok di Dukuh Dahu, Desa Nglandean, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (26/04).

Selengkapnya...

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

60 Petugas TIK Kabupaten Blora Dilatih Membuat Website

Dinas Komunikaksi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pembuatan website, e-mail dan pendaftaran sistem elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M