TAMPILKAN KEARIFAN LOKAL,

 MHQ KE-12 PERLU DICONTOH

Nuansa pembukaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke-12 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kab. Blora, berbeda dari penyelenggaraan MHQ sebelumnya.

Untuk memeriahkan MHQ, sebagai tuan rumah, Pemkab. Blora menampilkan rebana kolaborasi Polwan dari Polres Blora, anggota Tentara dari Batalyon 410 Alugoro/Blora dan Karawitan. Juga ada penampilan tari-tarian religi dari Kantor Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora.

Pembukaan MHQ di alun-alun Blora, Selasa (1/11). Sore hari, digelar pawai ta’aruf peserta lomba dan murid-murid dari Taman Pendidikan Al-Quran, Madarasah Diniyah dan Pondok Pesantren di Blora. Pawai ini dimeriahkan Barongan, kesenian khas Blora.

“Ini baru dijumpai di Kabupaten Blora,” ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Farchani saat menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Bahkan menurutnya, MHQ di Kab. Blora satu-satunya penyelenggaraan yang paling meriah, sejak MHQ pertama kali diselenggarakan.

Pelaksanaan MHQ yang menampilkan kearifan lokal, lanjutnya perlu dicontoh dan dikembangkan di Kabupaten atau Kota yang akan menjadi tuan rumah MHQ selanjutnya.

Diakhir sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Blora yang telah membantu suksesnya MHQ ke-12. Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab. Blora, yang memberikan fasilitas menginap di hotel secara gratis bagi Kafilah dari Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya berharap, MHQ tidak hanya meningkatkan spriritual generasi muda, namun juga menciptakan generasi yang unggul yang beretika dan bermoral.

“Tidak hanya hafal Al-Qur’an saja, namun juga mampu mempraktekkannya,” katanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, warga Blora patut berbangga menjadi tuan rumah MHQ ke-12. “Kita diberi kesempatan untuk mempertemukan santri-santri se Jawa Tengah ketemu dengan santri-santri dan warga Blora untuk saling mengenal, silaturahmi dan berlomba dalam kebaikan. InsyaAllah mereka menjadi bagian Islam yang rahmatan lil alamiin,” katanya.

Bupati Djoko Nugroho menuturkan pembukaan MHQ sengaja dipadukan dengan budaya agar umat Islam menjadi berkarakter.

“Baru saja saya maju diiringi gamelan tembang Ilir-Ilir itu tembangnya Sunan Kalijaga. Tembang yang mempunyai filosofi yang luar biasa. Sudah beragama diiringi Gamelan rasanya mak nyus,” kata Bupati yang langsung disambut tepuk tangan dari paratamu undangan.

Oleh karena itu, dengan rasa hormat dan bangga saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat dan santri-santri di Kab. Blora. Kedatangan saudara-saudara sungguh membanggakan kita semua, pungkasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa tengah sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah, Ahmad Daroji, menuturkan, MHQ ke-12 diselenggarakan mulai hari ini, Selasa (1/11) dan berakhir tanggal 3 November.

Adapun tujuan MHQ, paparnya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperkokoh ukhuwah baik sesama muslim maupun pemeluk agama lain juga Pemerintah, serta memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Menggali potensi dan prestasi hifdzil Quran.

Cabang-cabang yang dilombakan, hifdzil Quran 20 juz putra dan putri, 30 juz putra dan putri dan hifdzil Quran 30 juz disertai tafsir bahasa arab putra dan putri.

Adapun pelaksanaan lomba diselenggarakan di pendopo DPRD Kab. Blora, Pendopo rumah dinas Bupati Blora dan Kantor Nahdlotul Ulama Kab. Blora.

Pembukaan MHQ-ke12, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kemenag Jawa Tengah, Farchani didampingi Bupati Blora Djoko Nugroho dan Ketua MUI dan LPTQ Jawa Tengah, Ahmad Daroji. (DPPKKI Kab. Blora)

Gelar Operasi Gabungan Tertib Lalu Lintas 

Kodim 0721 Blora bersama Polri, Subdenpom, Yonif 410/Alg, Sat Pol PP dan Bidang Pehubungan Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan (DP3) menggelar operasi gabungan penegakan dan ketertiban lalu lintas. Kegiatan itu dilakukan agar aparat dan masyarakat di wilayah Blora disiplin dan tertib berlalu lintas. 

Selengkapnya...

Patung Kuda Gagakrimang Cepu Akan Diganti Patung Arjuna Wiwaha  

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) telah mengalokasikan anggaran tidak kurang dari Rp 2,8 miliar untuk mempercantik kota yang berada di pintu gerbang masuk Provinsi Jateng itu. 

Selengkapnya...

Kodim Blora Periksa Kelengkapan Kendaraan Anggota TNI  

Pasi Intel Kodim 0721/Blora Kapten Inf Sukemi didampingi Pasi Log Kapten Cpl Sumanto melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan kelayakan kendaraan (seped motor) dinas dan non dinas milik anggota Kodim 0721/Blora, tempat di halaman Makodim setempat, Kamis (23/02/2017).

Selengkapnya...

Atlet Dayung dan Judo Blora Lolos Seleksi Popnas

Enam atlet Blora dari dua cabang olahraga lolos memperkuat kontingen Jateng di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dari enam atlet tersebut, empat diantaranya dari cabang dayung dan dua atlet lainnya dari cabang judo. 

Selengkapnya...

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M