TAMPILKAN KEARIFAN LOKAL,

 MHQ KE-12 PERLU DICONTOH

Nuansa pembukaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke-12 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kab. Blora, berbeda dari penyelenggaraan MHQ sebelumnya.

Untuk memeriahkan MHQ, sebagai tuan rumah, Pemkab. Blora menampilkan rebana kolaborasi Polwan dari Polres Blora, anggota Tentara dari Batalyon 410 Alugoro/Blora dan Karawitan. Juga ada penampilan tari-tarian religi dari Kantor Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora.

Pembukaan MHQ di alun-alun Blora, Selasa (1/11). Sore hari, digelar pawai ta’aruf peserta lomba dan murid-murid dari Taman Pendidikan Al-Quran, Madarasah Diniyah dan Pondok Pesantren di Blora. Pawai ini dimeriahkan Barongan, kesenian khas Blora.

“Ini baru dijumpai di Kabupaten Blora,” ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Farchani saat menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Bahkan menurutnya, MHQ di Kab. Blora satu-satunya penyelenggaraan yang paling meriah, sejak MHQ pertama kali diselenggarakan.

Pelaksanaan MHQ yang menampilkan kearifan lokal, lanjutnya perlu dicontoh dan dikembangkan di Kabupaten atau Kota yang akan menjadi tuan rumah MHQ selanjutnya.

Diakhir sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Blora yang telah membantu suksesnya MHQ ke-12. Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab. Blora, yang memberikan fasilitas menginap di hotel secara gratis bagi Kafilah dari Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya berharap, MHQ tidak hanya meningkatkan spriritual generasi muda, namun juga menciptakan generasi yang unggul yang beretika dan bermoral.

“Tidak hanya hafal Al-Qur’an saja, namun juga mampu mempraktekkannya,” katanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, warga Blora patut berbangga menjadi tuan rumah MHQ ke-12. “Kita diberi kesempatan untuk mempertemukan santri-santri se Jawa Tengah ketemu dengan santri-santri dan warga Blora untuk saling mengenal, silaturahmi dan berlomba dalam kebaikan. InsyaAllah mereka menjadi bagian Islam yang rahmatan lil alamiin,” katanya.

Bupati Djoko Nugroho menuturkan pembukaan MHQ sengaja dipadukan dengan budaya agar umat Islam menjadi berkarakter.

“Baru saja saya maju diiringi gamelan tembang Ilir-Ilir itu tembangnya Sunan Kalijaga. Tembang yang mempunyai filosofi yang luar biasa. Sudah beragama diiringi Gamelan rasanya mak nyus,” kata Bupati yang langsung disambut tepuk tangan dari paratamu undangan.

Oleh karena itu, dengan rasa hormat dan bangga saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat dan santri-santri di Kab. Blora. Kedatangan saudara-saudara sungguh membanggakan kita semua, pungkasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa tengah sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah, Ahmad Daroji, menuturkan, MHQ ke-12 diselenggarakan mulai hari ini, Selasa (1/11) dan berakhir tanggal 3 November.

Adapun tujuan MHQ, paparnya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperkokoh ukhuwah baik sesama muslim maupun pemeluk agama lain juga Pemerintah, serta memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Menggali potensi dan prestasi hifdzil Quran.

Cabang-cabang yang dilombakan, hifdzil Quran 20 juz putra dan putri, 30 juz putra dan putri dan hifdzil Quran 30 juz disertai tafsir bahasa arab putra dan putri.

Adapun pelaksanaan lomba diselenggarakan di pendopo DPRD Kab. Blora, Pendopo rumah dinas Bupati Blora dan Kantor Nahdlotul Ulama Kab. Blora.

Pembukaan MHQ-ke12, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kemenag Jawa Tengah, Farchani didampingi Bupati Blora Djoko Nugroho dan Ketua MUI dan LPTQ Jawa Tengah, Ahmad Daroji. (DPPKKI Kab. Blora)

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Mengikuti Raker Operasional Materiil Sandi

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Raker diikuti 150 peserta yang terdiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten/Kota perwakilan Provinsi se Indonesia.

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M