TAMPILKAN KEARIFAN LOKAL,

 MHQ KE-12 PERLU DICONTOH

Nuansa pembukaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke-12 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kab. Blora, berbeda dari penyelenggaraan MHQ sebelumnya.

Untuk memeriahkan MHQ, sebagai tuan rumah, Pemkab. Blora menampilkan rebana kolaborasi Polwan dari Polres Blora, anggota Tentara dari Batalyon 410 Alugoro/Blora dan Karawitan. Juga ada penampilan tari-tarian religi dari Kantor Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora.

Pembukaan MHQ di alun-alun Blora, Selasa (1/11). Sore hari, digelar pawai ta’aruf peserta lomba dan murid-murid dari Taman Pendidikan Al-Quran, Madarasah Diniyah dan Pondok Pesantren di Blora. Pawai ini dimeriahkan Barongan, kesenian khas Blora.

“Ini baru dijumpai di Kabupaten Blora,” ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Farchani saat menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Bahkan menurutnya, MHQ di Kab. Blora satu-satunya penyelenggaraan yang paling meriah, sejak MHQ pertama kali diselenggarakan.

Pelaksanaan MHQ yang menampilkan kearifan lokal, lanjutnya perlu dicontoh dan dikembangkan di Kabupaten atau Kota yang akan menjadi tuan rumah MHQ selanjutnya.

Diakhir sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Blora yang telah membantu suksesnya MHQ ke-12. Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab. Blora, yang memberikan fasilitas menginap di hotel secara gratis bagi Kafilah dari Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya berharap, MHQ tidak hanya meningkatkan spriritual generasi muda, namun juga menciptakan generasi yang unggul yang beretika dan bermoral.

“Tidak hanya hafal Al-Qur’an saja, namun juga mampu mempraktekkannya,” katanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, warga Blora patut berbangga menjadi tuan rumah MHQ ke-12. “Kita diberi kesempatan untuk mempertemukan santri-santri se Jawa Tengah ketemu dengan santri-santri dan warga Blora untuk saling mengenal, silaturahmi dan berlomba dalam kebaikan. InsyaAllah mereka menjadi bagian Islam yang rahmatan lil alamiin,” katanya.

Bupati Djoko Nugroho menuturkan pembukaan MHQ sengaja dipadukan dengan budaya agar umat Islam menjadi berkarakter.

“Baru saja saya maju diiringi gamelan tembang Ilir-Ilir itu tembangnya Sunan Kalijaga. Tembang yang mempunyai filosofi yang luar biasa. Sudah beragama diiringi Gamelan rasanya mak nyus,” kata Bupati yang langsung disambut tepuk tangan dari paratamu undangan.

Oleh karena itu, dengan rasa hormat dan bangga saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat dan santri-santri di Kab. Blora. Kedatangan saudara-saudara sungguh membanggakan kita semua, pungkasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa tengah sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah, Ahmad Daroji, menuturkan, MHQ ke-12 diselenggarakan mulai hari ini, Selasa (1/11) dan berakhir tanggal 3 November.

Adapun tujuan MHQ, paparnya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperkokoh ukhuwah baik sesama muslim maupun pemeluk agama lain juga Pemerintah, serta memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Menggali potensi dan prestasi hifdzil Quran.

Cabang-cabang yang dilombakan, hifdzil Quran 20 juz putra dan putri, 30 juz putra dan putri dan hifdzil Quran 30 juz disertai tafsir bahasa arab putra dan putri.

Adapun pelaksanaan lomba diselenggarakan di pendopo DPRD Kab. Blora, Pendopo rumah dinas Bupati Blora dan Kantor Nahdlotul Ulama Kab. Blora.

Pembukaan MHQ-ke12, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kemenag Jawa Tengah, Farchani didampingi Bupati Blora Djoko Nugroho dan Ketua MUI dan LPTQ Jawa Tengah, Ahmad Daroji. (DPPKKI Kab. Blora)

Kodim Blora Gelar Sosialisasi TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 

Kodim 0721 Blora menggelar sosialisasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di Balai Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Rabu (21/6). Sosialisasi ini dilakukan  sebagai awal kegiatan pelaksanaaan yang direncanakan dibuka tanggal 4 Juli  2017.

Selengkapnya...

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Akan Di Cor Beton

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam kunjungannya ke Kecamatan Kradenan baru-baru ini mengatakan bahwa Pemkab tahun ini akan mulai melakukan perbaikan dengan sistem cor beton di ruas jalan penghubung Desa Pilang Kecamatan Randublatung menuju Mendenrejo Kecamatan Kradenan.

Selengkapnya...

Pemkab Fasilitasi Mudik Gratis Jakarta - Blora

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggrakan program Mudik Gratis kepada warga masyarakat dari Jakarta menuju kampung halaman di Blora. Sebanyak 108 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya difasilitasi dua bus besar oleh Pemkab Blora secara gratis untuk pulang ke kampung halaman.

Selengkapnya...

Kodim Blora dan DPKP Gelar Rapat Koordinasi LTT Pajale

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan di wilayah Kabupaten Blora, Kodim 0721/Blora bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi membahas luas tambah tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale). 

Selengkapnya...

Polsek Cepu Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Polsek Cepu memanfaatkan momentum bulan Ramadhan 1438 H untuk meningkatkan silaturahmi dan berbagi kepada anak yatim piatu. Acara dihardiri Danramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH. 

Selengkapnya...

PEMKAB BLORA FASILITASI LAYANAN INTERNET TAK BERBAYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengembangkan layanan dan fasilitas internet gratis atau tidak berbayar kepada warga masyarakat. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M,Si.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

Pemeriksaan Mamin di Swalayan   

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Polisi melakukan razia makanan dan minuman di swalayan yang ada di wilayah Kota Blora. Hal itu dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluarsa dan menyalahi standart kesehatan. 

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan