TAMPILKAN KEARIFAN LOKAL,

 MHQ KE-12 PERLU DICONTOH

Nuansa pembukaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke-12 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kab. Blora, berbeda dari penyelenggaraan MHQ sebelumnya.

Untuk memeriahkan MHQ, sebagai tuan rumah, Pemkab. Blora menampilkan rebana kolaborasi Polwan dari Polres Blora, anggota Tentara dari Batalyon 410 Alugoro/Blora dan Karawitan. Juga ada penampilan tari-tarian religi dari Kantor Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora.

Pembukaan MHQ di alun-alun Blora, Selasa (1/11). Sore hari, digelar pawai ta’aruf peserta lomba dan murid-murid dari Taman Pendidikan Al-Quran, Madarasah Diniyah dan Pondok Pesantren di Blora. Pawai ini dimeriahkan Barongan, kesenian khas Blora.

“Ini baru dijumpai di Kabupaten Blora,” ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Farchani saat menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Bahkan menurutnya, MHQ di Kab. Blora satu-satunya penyelenggaraan yang paling meriah, sejak MHQ pertama kali diselenggarakan.

Pelaksanaan MHQ yang menampilkan kearifan lokal, lanjutnya perlu dicontoh dan dikembangkan di Kabupaten atau Kota yang akan menjadi tuan rumah MHQ selanjutnya.

Diakhir sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Blora yang telah membantu suksesnya MHQ ke-12. Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab. Blora, yang memberikan fasilitas menginap di hotel secara gratis bagi Kafilah dari Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya berharap, MHQ tidak hanya meningkatkan spriritual generasi muda, namun juga menciptakan generasi yang unggul yang beretika dan bermoral.

“Tidak hanya hafal Al-Qur’an saja, namun juga mampu mempraktekkannya,” katanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, warga Blora patut berbangga menjadi tuan rumah MHQ ke-12. “Kita diberi kesempatan untuk mempertemukan santri-santri se Jawa Tengah ketemu dengan santri-santri dan warga Blora untuk saling mengenal, silaturahmi dan berlomba dalam kebaikan. InsyaAllah mereka menjadi bagian Islam yang rahmatan lil alamiin,” katanya.

Bupati Djoko Nugroho menuturkan pembukaan MHQ sengaja dipadukan dengan budaya agar umat Islam menjadi berkarakter.

“Baru saja saya maju diiringi gamelan tembang Ilir-Ilir itu tembangnya Sunan Kalijaga. Tembang yang mempunyai filosofi yang luar biasa. Sudah beragama diiringi Gamelan rasanya mak nyus,” kata Bupati yang langsung disambut tepuk tangan dari paratamu undangan.

Oleh karena itu, dengan rasa hormat dan bangga saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat dan santri-santri di Kab. Blora. Kedatangan saudara-saudara sungguh membanggakan kita semua, pungkasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa tengah sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah, Ahmad Daroji, menuturkan, MHQ ke-12 diselenggarakan mulai hari ini, Selasa (1/11) dan berakhir tanggal 3 November.

Adapun tujuan MHQ, paparnya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperkokoh ukhuwah baik sesama muslim maupun pemeluk agama lain juga Pemerintah, serta memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Menggali potensi dan prestasi hifdzil Quran.

Cabang-cabang yang dilombakan, hifdzil Quran 20 juz putra dan putri, 30 juz putra dan putri dan hifdzil Quran 30 juz disertai tafsir bahasa arab putra dan putri.

Adapun pelaksanaan lomba diselenggarakan di pendopo DPRD Kab. Blora, Pendopo rumah dinas Bupati Blora dan Kantor Nahdlotul Ulama Kab. Blora.

Pembukaan MHQ-ke12, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kemenag Jawa Tengah, Farchani didampingi Bupati Blora Djoko Nugroho dan Ketua MUI dan LPTQ Jawa Tengah, Ahmad Daroji. (DPPKKI Kab. Blora)

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Tim Saber Pungli Kabupaten Blora Terbentuk

Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan setelah terbentuk Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten Blora tidak ada lagi dugaan praktik pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Susun Kalender Event

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Kunto Aji mengemukakan geliat pariwisata di wilayah setempat makin diminati wisatawan. Oleh karenanya akan lebih intensif dilakukan penataan dan disusun dalam kelender event.

Selengkapnya...

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M