Personel Dapur Lapangan Diminta Intensif Latihan

Bupati Blora Djoko Nugroho memerintahkan para personel mobil dapur lapangan di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) lebih giat berlatih. Penanggungjawab dan pembagian tugas setiap personel harus jelas. Demikian disampaikan Bupati Djoko Nugroho pada acara simulasi mobil dapur lapangan korban bencana alam di halaman belakang kantor Pemkab, Jumat (4/11/2016).

‘’Siapa yang mengetuai dapur lapangan. Personelnya berapa dan tugasnya apa saja harus jelas. Bukan malah menunjuk personel yang bertugas di bagian lain. Kalau tunjuk-tunjukan seperti itu nanti repot saat menghadapi bencana,’’ tegas Bupati Djoko Nugroho. 

Bupati menilai dapur lapangan belum siap. Dengan kesiapan yang matang jika sewaktu-waktu dibutuhkan, dapur lapangan itupun telah siap menyuplai kebutuhan logistik bagi korban bencana alam. 

Pada kesempatan itu Bupati sengaja meminta dapur lapangan Dinas Nakertransos mensimulasikan kemampuannya. Bupati menghendaki seluruh komponen yang terkait penanganan bencana alam harus siap sedia menjalankan tugas.

Apalagi potensi terjadinya bencana alam di musim hujan di Blora tergolong tinggi. Hanya saja bupati menegaskan, kesiapan personel itu tidak hanya ditujukan kepada penanganan bencana alam, melainkan juga berpartisipasi di kegiatan sosial lainya.

‘’Mempunyai peralatan mobil dapur lapangan seperti harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Latihan yang intensif sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan sudah siap, sigap dan cepat,’’ tegasnya.

Dalam pengecekan simulasi itu, bupati memeriksa satu persatu peralatan yang tersedia. Kokok sapaan akrab Djoko Nugroho juga melakukan tanya jawab dengan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang bertugas di dapur lapangan tersebut. 

Kepala Dinas Nakertransos Blora Chris Hapsoro menuturkan, mobil dapur lapangan merupakan bantuan dari Kementerian Sosial di awal tahun 2016. Mobil tersebut dilengkapi sejumlah peralatan keperluan memasak seperti dua kompor, panci, wajan dan lain sebagainya. Selain mobil dapur lapangan, bantuan lainnya yang diberikan oleh Kementerian Sosial antara lain mobil tangki air bersih serta sepeda motor operasional.

‘’Mobil dapur lapangan dan sejumlah peralatan itu memang dipersiapkan untuk penanggulangan bencana alam dalam hal ini memasok kebutuhan logistik bagi para korban. Peralatan tersebut bantuan dari Kementerian Sosial, sedangkan operasionalnya kami yang menyiapkan,’’ ujarnya. (DPPKKI Kab Blora / ft : ist)

 

Kodim Blora Periksa Kelengkapan Kendaraan Anggota TNI  

Pasi Intel Kodim 0721/Blora Kapten Inf Sukemi didampingi Pasi Log Kapten Cpl Sumanto melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan kelayakan kendaraan (seped motor) dinas dan non dinas milik anggota Kodim 0721/Blora, tempat di halaman Makodim setempat, Kamis (23/02/2017).

Selengkapnya...

Atlet Dayung dan Judo Blora Lolos Seleksi Popnas

Enam atlet Blora dari dua cabang olahraga lolos memperkuat kontingen Jateng di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dari enam atlet tersebut, empat diantaranya dari cabang dayung dan dua atlet lainnya dari cabang judo. 

Selengkapnya...

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Diperinnaker Blora Gelar Pra Job Fair 2017

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinnaker) Kabupaten Blora bekerjasama dengan SMK Muhamadiyah 1 Blora menggelar Pra Blora Job Fair selama dua hari, Selasa 21 Februari dan Rabu 22 Februari 2017. Kegiatan diselenggarakan di halaman SMK Muhamadiyah Blora.

Selengkapnya...

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M