Personel Dapur Lapangan Diminta Intensif Latihan

Bupati Blora Djoko Nugroho memerintahkan para personel mobil dapur lapangan di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) lebih giat berlatih. Penanggungjawab dan pembagian tugas setiap personel harus jelas. Demikian disampaikan Bupati Djoko Nugroho pada acara simulasi mobil dapur lapangan korban bencana alam di halaman belakang kantor Pemkab, Jumat (4/11/2016).

‘’Siapa yang mengetuai dapur lapangan. Personelnya berapa dan tugasnya apa saja harus jelas. Bukan malah menunjuk personel yang bertugas di bagian lain. Kalau tunjuk-tunjukan seperti itu nanti repot saat menghadapi bencana,’’ tegas Bupati Djoko Nugroho. 

Bupati menilai dapur lapangan belum siap. Dengan kesiapan yang matang jika sewaktu-waktu dibutuhkan, dapur lapangan itupun telah siap menyuplai kebutuhan logistik bagi korban bencana alam. 

Pada kesempatan itu Bupati sengaja meminta dapur lapangan Dinas Nakertransos mensimulasikan kemampuannya. Bupati menghendaki seluruh komponen yang terkait penanganan bencana alam harus siap sedia menjalankan tugas.

Apalagi potensi terjadinya bencana alam di musim hujan di Blora tergolong tinggi. Hanya saja bupati menegaskan, kesiapan personel itu tidak hanya ditujukan kepada penanganan bencana alam, melainkan juga berpartisipasi di kegiatan sosial lainya.

‘’Mempunyai peralatan mobil dapur lapangan seperti harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Latihan yang intensif sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan sudah siap, sigap dan cepat,’’ tegasnya.

Dalam pengecekan simulasi itu, bupati memeriksa satu persatu peralatan yang tersedia. Kokok sapaan akrab Djoko Nugroho juga melakukan tanya jawab dengan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang bertugas di dapur lapangan tersebut. 

Kepala Dinas Nakertransos Blora Chris Hapsoro menuturkan, mobil dapur lapangan merupakan bantuan dari Kementerian Sosial di awal tahun 2016. Mobil tersebut dilengkapi sejumlah peralatan keperluan memasak seperti dua kompor, panci, wajan dan lain sebagainya. Selain mobil dapur lapangan, bantuan lainnya yang diberikan oleh Kementerian Sosial antara lain mobil tangki air bersih serta sepeda motor operasional.

‘’Mobil dapur lapangan dan sejumlah peralatan itu memang dipersiapkan untuk penanggulangan bencana alam dalam hal ini memasok kebutuhan logistik bagi para korban. Peralatan tersebut bantuan dari Kementerian Sosial, sedangkan operasionalnya kami yang menyiapkan,’’ ujarnya. (DPPKKI Kab Blora / ft : ist)

 

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

Tim Jepang dan ITB Siapkan Penerapan Teknologi CCS di Kabupaten Blora

Rencana penerapan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan mencegah pemanasan global dengan cara tangkap, angkut, dan simpan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) menunjukan sinyal positif. Setelah disoalisasikan sejak Agustuas 2016 lalu, kini rencana penarapan teknologi CCS tersebut mulai memasuki tahapan survey lokasi. 

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M