Gelar Potensi Pertanian 2016 : Bupati Djoko Nugroho Ingatkan Petani Tidak Jual Alsintan Bantuan Pemerintah

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada kelompok tani yang menerima bantuan pelaratan mesin pertanian agar tidak dijual, melainkan digunakan sebagai alat untuk menunjang peningkatan produksi pertanian.

Demikian pernyataan itu disampaikan Bupati Djoko Nugroho saat membuka gelar potensi pertanian 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan Perternakan dan Perikanan (Dintanbunnakikan) Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu bupati menyerahan traktor roda dua sebanyak 98 unit dari sumber dana APBD Kabupaten Blora dan 83 unit dari sumber dana APBN.

“Bantuan traktor dan alat pertanian moderen lainnya dari pemerintah, agar jangan tidak dijual. Gunakan itu sebagai alat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” kata Bupati Blora yang akrab disapa Kokok, Selasa (09/10).

Menurut Bupati, hasil produksi pertanian di Blora tahun ini cukup aman sehingga membuat petani nyaman. Demikian pula hasil perkebunan dan peternakan yang prospek dikembangkan serta dibudidayakan di Kabupaten Blora.   

“Saya minta jangan menanam pohon jati terus. Alihkan pada tanaman yang bernilai ekonomi dan cepat menghasilkan, seperti jambu, jeruk dan kelengkeng,” jelasnya.

Potensi peternakan sapi di Blora, kata Bupati, masih mendimonasi nomor urut dua tingkat Nasional sehingga perlu dipertahankan.

Kepala Dintanbunnakikan Kabupaten Blora Reni Miharti mengemukakan, kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 36 dan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267.

Tema kegiatan yang berlangsung di Blok T tanggal 9 hingga 10 November 2016 itu adalah optimalisasi sumber daya lokal menuju kemandirian pangan Kabupaten Blora.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama gelar potensi pertanian berlangsung yaitu lomba menyanyi KONCO TANI yang diikuti 16 Kelompok Tani dari 16 Kecamatan, Lomba mewarnai tingkat TK, Pakeliran padat wayang kulit (ringgit purwa) dengan lakon Dewi Sri bersama dalang Ki Purwo Prayitno.

Kemudian, penyerahan traktor roda dua sebanyak 98 unit dari sumber dana APBD Kabupaten Blora dan 83 unit dari sumber dana APBN. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis.

Rangkaian kegiatan berikutnya yakni penyerahan hadiah kepada pemenang lomba THL berprestasi, Penyuluh PNS berprestasi, Kelompok Tani berprestasi, Penyuluh Swadaya berprestasi dan Kelompok Tani tanam sistem jajar legowo terbaik.

Warga masyarakat kami persilahkan untuk mengujungi pameran,” pungkasnya

Sedangkan peserta pameran terdiri Dintanbunnakikan, 16 UPTD Pertanian Kecamatan, Disperindagkop dan UMKM, Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi, Perusahaan Quick, Perusahaan Yanmar, Petrosida, Bisi, Bank Jateng, BPR dan Usaha perorangan berupa olahan hasil pertanian.

Hadir saat pembukaan berlangsung, diantaranya  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (dintan TPH) Provinsi Jawa Tengah  Suryo Banendro yang diwakili Kasi  Tanaman Sayuran dan Biorfarmaka Hesti Utami Handayani, Forkopimda Blora, Piminan SKPD, Kelompok Tani dan praktisi pertanian serta peternakan dari kabupaten setempat.(DPPKKI Kab. Blora).

Pengecekan Kendaraan Dinas Kodim Blora

Waaslog Kasdam IV/Diponegoro Letkol Arm Herman Antoni beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke satuan Kodim 0721/Blora, Jumat (28/04). Kunjungan waaslog guna melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat yang ditata di halaman apel makodim 0721/Blora Jl. Pemuda No. 44 Blora.

Selengkapnya...

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Polres Blora

Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng, menggelar acara pengajian peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2017 di Masjid Al Istiqomah Mapolres Blora, Kamis (27/04/2017). Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Selengkapnya...

Koramil 08/Kedungtuban Karya Bhakti Urug Jalan

Sejumlah anggota Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora bersama Babinkamtibmas dan warga masyarakat, melakukan karya bhakti membantu pengurugan jalan makadam dengan grosok di Dukuh Dahu, Desa Nglandean, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (26/04).

Selengkapnya...

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

60 Petugas TIK Kabupaten Blora Dilatih Membuat Website

Dinas Komunikaksi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pembuatan website, e-mail dan pendaftaran sistem elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M