Gelar Potensi Pertanian 2016 : Bupati Djoko Nugroho Ingatkan Petani Tidak Jual Alsintan Bantuan Pemerintah

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada kelompok tani yang menerima bantuan pelaratan mesin pertanian agar tidak dijual, melainkan digunakan sebagai alat untuk menunjang peningkatan produksi pertanian.

Demikian pernyataan itu disampaikan Bupati Djoko Nugroho saat membuka gelar potensi pertanian 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan Perternakan dan Perikanan (Dintanbunnakikan) Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu bupati menyerahan traktor roda dua sebanyak 98 unit dari sumber dana APBD Kabupaten Blora dan 83 unit dari sumber dana APBN.

“Bantuan traktor dan alat pertanian moderen lainnya dari pemerintah, agar jangan tidak dijual. Gunakan itu sebagai alat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” kata Bupati Blora yang akrab disapa Kokok, Selasa (09/10).

Menurut Bupati, hasil produksi pertanian di Blora tahun ini cukup aman sehingga membuat petani nyaman. Demikian pula hasil perkebunan dan peternakan yang prospek dikembangkan serta dibudidayakan di Kabupaten Blora.   

“Saya minta jangan menanam pohon jati terus. Alihkan pada tanaman yang bernilai ekonomi dan cepat menghasilkan, seperti jambu, jeruk dan kelengkeng,” jelasnya.

Potensi peternakan sapi di Blora, kata Bupati, masih mendimonasi nomor urut dua tingkat Nasional sehingga perlu dipertahankan.

Kepala Dintanbunnakikan Kabupaten Blora Reni Miharti mengemukakan, kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 36 dan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267.

Tema kegiatan yang berlangsung di Blok T tanggal 9 hingga 10 November 2016 itu adalah optimalisasi sumber daya lokal menuju kemandirian pangan Kabupaten Blora.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama gelar potensi pertanian berlangsung yaitu lomba menyanyi KONCO TANI yang diikuti 16 Kelompok Tani dari 16 Kecamatan, Lomba mewarnai tingkat TK, Pakeliran padat wayang kulit (ringgit purwa) dengan lakon Dewi Sri bersama dalang Ki Purwo Prayitno.

Kemudian, penyerahan traktor roda dua sebanyak 98 unit dari sumber dana APBD Kabupaten Blora dan 83 unit dari sumber dana APBN. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis.

Rangkaian kegiatan berikutnya yakni penyerahan hadiah kepada pemenang lomba THL berprestasi, Penyuluh PNS berprestasi, Kelompok Tani berprestasi, Penyuluh Swadaya berprestasi dan Kelompok Tani tanam sistem jajar legowo terbaik.

Warga masyarakat kami persilahkan untuk mengujungi pameran,” pungkasnya

Sedangkan peserta pameran terdiri Dintanbunnakikan, 16 UPTD Pertanian Kecamatan, Disperindagkop dan UMKM, Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi, Perusahaan Quick, Perusahaan Yanmar, Petrosida, Bisi, Bank Jateng, BPR dan Usaha perorangan berupa olahan hasil pertanian.

Hadir saat pembukaan berlangsung, diantaranya  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (dintan TPH) Provinsi Jawa Tengah  Suryo Banendro yang diwakili Kasi  Tanaman Sayuran dan Biorfarmaka Hesti Utami Handayani, Forkopimda Blora, Piminan SKPD, Kelompok Tani dan praktisi pertanian serta peternakan dari kabupaten setempat.(DPPKKI Kab. Blora).

Kodim Blora Gelar Sosialisasi TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 

Kodim 0721 Blora menggelar sosialisasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di Balai Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Rabu (21/6). Sosialisasi ini dilakukan  sebagai awal kegiatan pelaksanaaan yang direncanakan dibuka tanggal 4 Juli  2017.

Selengkapnya...

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Akan Di Cor Beton

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam kunjungannya ke Kecamatan Kradenan baru-baru ini mengatakan bahwa Pemkab tahun ini akan mulai melakukan perbaikan dengan sistem cor beton di ruas jalan penghubung Desa Pilang Kecamatan Randublatung menuju Mendenrejo Kecamatan Kradenan.

Selengkapnya...

Pemkab Fasilitasi Mudik Gratis Jakarta - Blora

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggrakan program Mudik Gratis kepada warga masyarakat dari Jakarta menuju kampung halaman di Blora. Sebanyak 108 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya difasilitasi dua bus besar oleh Pemkab Blora secara gratis untuk pulang ke kampung halaman.

Selengkapnya...

Kodim Blora dan DPKP Gelar Rapat Koordinasi LTT Pajale

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan di wilayah Kabupaten Blora, Kodim 0721/Blora bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi membahas luas tambah tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale). 

Selengkapnya...

Polsek Cepu Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Polsek Cepu memanfaatkan momentum bulan Ramadhan 1438 H untuk meningkatkan silaturahmi dan berbagi kepada anak yatim piatu. Acara dihardiri Danramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH. 

Selengkapnya...

PEMKAB BLORA FASILITASI LAYANAN INTERNET TAK BERBAYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengembangkan layanan dan fasilitas internet gratis atau tidak berbayar kepada warga masyarakat. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M,Si.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

Pemeriksaan Mamin di Swalayan   

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Polisi melakukan razia makanan dan minuman di swalayan yang ada di wilayah Kota Blora. Hal itu dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluarsa dan menyalahi standart kesehatan. 

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan