Gelar Potensi Pertanian 2016 : Bupati Djoko Nugroho Ingatkan Petani Tidak Jual Alsintan Bantuan Pemerintah

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada kelompok tani yang menerima bantuan pelaratan mesin pertanian agar tidak dijual, melainkan digunakan sebagai alat untuk menunjang peningkatan produksi pertanian.

Demikian pernyataan itu disampaikan Bupati Djoko Nugroho saat membuka gelar potensi pertanian 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan Perternakan dan Perikanan (Dintanbunnakikan) Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu bupati menyerahan traktor roda dua sebanyak 98 unit dari sumber dana APBD Kabupaten Blora dan 83 unit dari sumber dana APBN.

“Bantuan traktor dan alat pertanian moderen lainnya dari pemerintah, agar jangan tidak dijual. Gunakan itu sebagai alat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” kata Bupati Blora yang akrab disapa Kokok, Selasa (09/10).

Menurut Bupati, hasil produksi pertanian di Blora tahun ini cukup aman sehingga membuat petani nyaman. Demikian pula hasil perkebunan dan peternakan yang prospek dikembangkan serta dibudidayakan di Kabupaten Blora.   

“Saya minta jangan menanam pohon jati terus. Alihkan pada tanaman yang bernilai ekonomi dan cepat menghasilkan, seperti jambu, jeruk dan kelengkeng,” jelasnya.

Potensi peternakan sapi di Blora, kata Bupati, masih mendimonasi nomor urut dua tingkat Nasional sehingga perlu dipertahankan.

Kepala Dintanbunnakikan Kabupaten Blora Reni Miharti mengemukakan, kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 36 dan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267.

Tema kegiatan yang berlangsung di Blok T tanggal 9 hingga 10 November 2016 itu adalah optimalisasi sumber daya lokal menuju kemandirian pangan Kabupaten Blora.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama gelar potensi pertanian berlangsung yaitu lomba menyanyi KONCO TANI yang diikuti 16 Kelompok Tani dari 16 Kecamatan, Lomba mewarnai tingkat TK, Pakeliran padat wayang kulit (ringgit purwa) dengan lakon Dewi Sri bersama dalang Ki Purwo Prayitno.

Kemudian, penyerahan traktor roda dua sebanyak 98 unit dari sumber dana APBD Kabupaten Blora dan 83 unit dari sumber dana APBN. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis.

Rangkaian kegiatan berikutnya yakni penyerahan hadiah kepada pemenang lomba THL berprestasi, Penyuluh PNS berprestasi, Kelompok Tani berprestasi, Penyuluh Swadaya berprestasi dan Kelompok Tani tanam sistem jajar legowo terbaik.

Warga masyarakat kami persilahkan untuk mengujungi pameran,” pungkasnya

Sedangkan peserta pameran terdiri Dintanbunnakikan, 16 UPTD Pertanian Kecamatan, Disperindagkop dan UMKM, Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi, Perusahaan Quick, Perusahaan Yanmar, Petrosida, Bisi, Bank Jateng, BPR dan Usaha perorangan berupa olahan hasil pertanian.

Hadir saat pembukaan berlangsung, diantaranya  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (dintan TPH) Provinsi Jawa Tengah  Suryo Banendro yang diwakili Kasi  Tanaman Sayuran dan Biorfarmaka Hesti Utami Handayani, Forkopimda Blora, Piminan SKPD, Kelompok Tani dan praktisi pertanian serta peternakan dari kabupaten setempat.(DPPKKI Kab. Blora).

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Tim Saber Pungli Kabupaten Blora Terbentuk

Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan setelah terbentuk Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten Blora tidak ada lagi dugaan praktik pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Susun Kalender Event

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Kunto Aji mengemukakan geliat pariwisata di wilayah setempat makin diminati wisatawan. Oleh karenanya akan lebih intensif dilakukan penataan dan disusun dalam kelender event.

Selengkapnya...

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M