TANAMAN BUAH-BUAHAN PALING LARIS DIJUAL

Gelar Potensi Pertanian dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia ke-36 dan Hari Jadi Kab. Blora ke-267, mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Bermacam-macam tanaman dan produk makanan olahan dipamerkan. Dari sekian tanaman yang dijual, tanaman buah-buahan yang paling diburu warga. Selain buahnya bisa dimakan, kelebihan tanaman buah bisa juga untuk mempercantik pekarangan rumah.

Tidak hanya tanaman, pameran 2 hari, Rabu-Kamis (9-10/11) di Blok T tersebut, Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan Perikanan (Dintanbunakikan) Kab. Blora juga memamerkan komoditi peternakan dan perikanan yang berhasil dikembangkan di Kab. Blora.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Blora Djoko Nugroho ini, juga memamerkan jamu dari bermacam-macam tanaman herbal yang tumbuh di Kab. Blora.

Ada 16 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dintanbunakikan Kab. Blora yang memamerkan hasil-hasil pertanian dan peternakan masing-masing kecamatan.

Mengusung tema Optimalisasi Sumber Daya Lokal Menuju Kemandirian Pangan Kab. Blora. Gelar potensi pertanian ini, diharapkan masyarakat mengetahui potensi sektor pertanian yang ada di wilayah Kab. Blora, sekaligus menggalakkan masyarakat gemar bercocok tanam.

“Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat nasional pada akhir bulan Oktober kemrin dipusatkan di Kabupaten Boyolali, dan hari ini giliran kita, Kab. Blora yang memperingatinya dengan menggelar pameran potensi pertanian,” kata Kepala Dintanbunakikan Kab. Blora, Reni Miharti.

Dalam sambutannya, tujuan diselenggarakannya acara ini untuk mengenalkan komoditas yg dapat dikembangkan di Kab. Blora, memperkenalkan produk-produk olahan dari Usaha milik warga Blora, serta memperkenalkan alat-alat pertanian kepada masyarakat.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, ketahanan pangan di Kab. Blora sangat tangguh. Blora selama ini sukses bahkan surplus Pajale (Padi, Jagung, Kedelai). Disektor peternakan, populasi sapi di Blora terbanyak di Jawa Tengah sedangkan ditingkat nasional peringkat kedua setelah Kab. Bangkalan provinsi Jawa Timur.

“Saya berpesan kepada Dinas Pertanian agar benar-benar menggali potensi pertanian yang ada. Kuncinya adalah kerjasama dan jangan sampai menyerah kepada alam,” ujarnya.

Tujuh komoditi pokok pangan di Kab. Blora semuanya surplus. Menurutnya, kebanggaan ini patut disyukuri dan dimengerti karena dengan keterbatasan yang ada, tanah sempit dan ketersediaan air yang kurang. Blora ternyata bisa, katanya. (DPPKKI Kab. Blora)

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Jelang HUT Satpol PP Diintensifkan Kesamaptaan Jasmani dan PBB  

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora diintensifkan latihan kesamaptaan jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-Alun Blora, Selasa (21/2). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sat Pol PP ke-67 tahun 2017.

Selengkapnya...

BKD Blora Selenggarakan Pemantapan Proses Penilaian Prestasi PNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora menyelenggarakan Pemantapan Poses Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Tahun 2017.

Selengkapnya...

Infrastruktur Publik Kecamatan Cepu Diperbaiki

Camat Cepu Joko Sulistiyono mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora memberi perhatian khusus di wilayah kerjanya. Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,25 miliar untuk menata dan mempercantik Cepu tahun 2017.

Selengkapnya...

Pengurus KONI Blora Bagi Pendampingan Cabor

Ketua Komite Olahraga Nasioal Indonesia (KONI) Kabupaten Blora Hery Sutiyono menyatakan telah membagi pengurus untuk melakukan pendampingan di seluruh cabang olahraga. Satu orang pengurus KONI bertugas melakukan pendampingan di dua cabang olahraga (cabor). Tugas pendampingan ini merupakan program baru yang dilaksanakan KONI Blora.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M