Pemkab Blora Siap Kawal Pembentukan Obyek Wisata Waduk Greneng

Pemerintah Kabupaten Blora menyatakan siap mengawal pembentukan kawasan wisata Waduk Greneng Kecamatan Tunjungan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Demikian pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Blora Arif Rohman.

“Pemkab siap untuk terus mengawal pembentukan kawasan wisata Greneng dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan,” kata Wakil Bupati Blora pada acara Lokakarya Pengembangan Destinasi Wisata Greneng Menuju Tujuan Kunjungan Wisata Blora 2018, Rabu, (16/11). 

Ia menilai Waduk Greneng dan beberapa potensi pariwisata di Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan dan sekitarnya bisa diproyeksikan menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Blora tahun 2018.

“Selain memiliki pemandangan alam yang bagus, di sekitar waduk terbesar di Blora ini terdapat banyak potensi yang bisa menarik wisatawan untuk datang,” ujar Wakil Bupati Arif Rohman.

Wakil Bupati juga meyerahkan bibit pohon jambu dan pepaya kepada perwakilan penduduk sekitar kebun buah. Ia berharap, masyarakat sekitar bisa ikut mengembangkan potensi buah-buahan. 

Kepala Desa Tunjungan, Yasir, mengatakan, meski ada banyak lokasi menarik yang dapat dikunjungi wisatawan namun potensi itu dibutuhkan keseriusan dan kemauan serta aksi nyata dari semua pihak untuk mengelola agar bisa menjadi daya tarik wisata.

Yasir menjelaskan, tidak hanya waduk saja yang bisa dimanfaatkan untuk wisata air, menurutnya di Desa Tunjungan ada beberapa potensi lainnya.

“Seperti kebun buah Klapanan yang letaknya di perbukitan, memiliki pemandangan yang bagus karena dibawahnya ada waduk. Lalu di bagian Barat ada kebun durian Nglawungan yang rasanya lebih enak daripada durian dari Ungaran. Ada juga wisata hutan, sumber air belerang, bukit gunung gedhek, kampung sapi Watulurung, industri UKM kerajinan tahu dan keripik singkong, serta kuliner,” jelas Yasir dalam paparannya.

Semua itu, kata Yasir, akan bisa dinikmati jika bisa dikelola bersama-sama menjadi sebuah kawasan wisata terpadu.

“Apalagi disini sudah ada investor yang mendirikan usaha kuliner dan kebun buah. Ini awal yang bagus,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disbudpar Jateng Supomo SE, MK mengapresiasi potensi Desa Tunjungan yang dinilai luar biasa.

“Perlu kerja keras agar potensi ini benar-benar bisa dijadikan obyek andalan pariwisata. Pemerintah, investor dan masyarakat harus bersatu menyamakan persepsi tentang tujuan pembentukan objek wisata Greneng. Potensi akan tetap menjadi potensi kalau tidak dilanjutkan dengan aksi,” kata Supomo.

Ia menawarkan studi banding pengelolaan desa pariwisata ke Ponggok Klaten yang bisa menghasilkan uang miliaran rupiah setiap bulan.

“Pembentukan lokasi wisata itu tidak hanya tanggung jawab Kantor Pariwisata, tetapi seluruh komponen. Disini perlu adanya gerakan sadar wisata yang melibatkan masyarakat,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappeda Samgautama Karnajaya, Kabid Pariwisata DPPKKI Sugianto, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Reni Miharti, sejumlah pemangku kepentingan dari kalangan pelaku wisata, biro wisata, Perhutani, pengusaha hotel, restoran, dan duta wisata Kabupaten Blora 2016. (DPPKKI Kab Blora | ft : ib).

 

 

Pengecekan Kendaraan Dinas Kodim Blora

Waaslog Kasdam IV/Diponegoro Letkol Arm Herman Antoni beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke satuan Kodim 0721/Blora, Jumat (28/04). Kunjungan waaslog guna melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat yang ditata di halaman apel makodim 0721/Blora Jl. Pemuda No. 44 Blora.

Selengkapnya...

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Polres Blora

Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng, menggelar acara pengajian peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2017 di Masjid Al Istiqomah Mapolres Blora, Kamis (27/04/2017). Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Selengkapnya...

Koramil 08/Kedungtuban Karya Bhakti Urug Jalan

Sejumlah anggota Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora bersama Babinkamtibmas dan warga masyarakat, melakukan karya bhakti membantu pengurugan jalan makadam dengan grosok di Dukuh Dahu, Desa Nglandean, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (26/04).

Selengkapnya...

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

60 Petugas TIK Kabupaten Blora Dilatih Membuat Website

Dinas Komunikaksi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pembuatan website, e-mail dan pendaftaran sistem elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M