Pemkab Blora Siap Kawal Pembentukan Obyek Wisata Waduk Greneng

Pemerintah Kabupaten Blora menyatakan siap mengawal pembentukan kawasan wisata Waduk Greneng Kecamatan Tunjungan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Demikian pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Blora Arif Rohman.

“Pemkab siap untuk terus mengawal pembentukan kawasan wisata Greneng dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan,” kata Wakil Bupati Blora pada acara Lokakarya Pengembangan Destinasi Wisata Greneng Menuju Tujuan Kunjungan Wisata Blora 2018, Rabu, (16/11). 

Ia menilai Waduk Greneng dan beberapa potensi pariwisata di Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan dan sekitarnya bisa diproyeksikan menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Blora tahun 2018.

“Selain memiliki pemandangan alam yang bagus, di sekitar waduk terbesar di Blora ini terdapat banyak potensi yang bisa menarik wisatawan untuk datang,” ujar Wakil Bupati Arif Rohman.

Wakil Bupati juga meyerahkan bibit pohon jambu dan pepaya kepada perwakilan penduduk sekitar kebun buah. Ia berharap, masyarakat sekitar bisa ikut mengembangkan potensi buah-buahan. 

Kepala Desa Tunjungan, Yasir, mengatakan, meski ada banyak lokasi menarik yang dapat dikunjungi wisatawan namun potensi itu dibutuhkan keseriusan dan kemauan serta aksi nyata dari semua pihak untuk mengelola agar bisa menjadi daya tarik wisata.

Yasir menjelaskan, tidak hanya waduk saja yang bisa dimanfaatkan untuk wisata air, menurutnya di Desa Tunjungan ada beberapa potensi lainnya.

“Seperti kebun buah Klapanan yang letaknya di perbukitan, memiliki pemandangan yang bagus karena dibawahnya ada waduk. Lalu di bagian Barat ada kebun durian Nglawungan yang rasanya lebih enak daripada durian dari Ungaran. Ada juga wisata hutan, sumber air belerang, bukit gunung gedhek, kampung sapi Watulurung, industri UKM kerajinan tahu dan keripik singkong, serta kuliner,” jelas Yasir dalam paparannya.

Semua itu, kata Yasir, akan bisa dinikmati jika bisa dikelola bersama-sama menjadi sebuah kawasan wisata terpadu.

“Apalagi disini sudah ada investor yang mendirikan usaha kuliner dan kebun buah. Ini awal yang bagus,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disbudpar Jateng Supomo SE, MK mengapresiasi potensi Desa Tunjungan yang dinilai luar biasa.

“Perlu kerja keras agar potensi ini benar-benar bisa dijadikan obyek andalan pariwisata. Pemerintah, investor dan masyarakat harus bersatu menyamakan persepsi tentang tujuan pembentukan objek wisata Greneng. Potensi akan tetap menjadi potensi kalau tidak dilanjutkan dengan aksi,” kata Supomo.

Ia menawarkan studi banding pengelolaan desa pariwisata ke Ponggok Klaten yang bisa menghasilkan uang miliaran rupiah setiap bulan.

“Pembentukan lokasi wisata itu tidak hanya tanggung jawab Kantor Pariwisata, tetapi seluruh komponen. Disini perlu adanya gerakan sadar wisata yang melibatkan masyarakat,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappeda Samgautama Karnajaya, Kabid Pariwisata DPPKKI Sugianto, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Reni Miharti, sejumlah pemangku kepentingan dari kalangan pelaku wisata, biro wisata, Perhutani, pengusaha hotel, restoran, dan duta wisata Kabupaten Blora 2016. (DPPKKI Kab Blora | ft : ib).

 

 

Gelar Operasi Gabungan Tertib Lalu Lintas 

Kodim 0721 Blora bersama Polri, Subdenpom, Yonif 410/Alg, Sat Pol PP dan Bidang Pehubungan Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan (DP3) menggelar operasi gabungan penegakan dan ketertiban lalu lintas. Kegiatan itu dilakukan agar aparat dan masyarakat di wilayah Blora disiplin dan tertib berlalu lintas. 

Selengkapnya...

Patung Kuda Gagakrimang Cepu Akan Diganti Patung Arjuna Wiwaha  

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) telah mengalokasikan anggaran tidak kurang dari Rp 2,8 miliar untuk mempercantik kota yang berada di pintu gerbang masuk Provinsi Jateng itu. 

Selengkapnya...

Kodim Blora Periksa Kelengkapan Kendaraan Anggota TNI  

Pasi Intel Kodim 0721/Blora Kapten Inf Sukemi didampingi Pasi Log Kapten Cpl Sumanto melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan kelayakan kendaraan (seped motor) dinas dan non dinas milik anggota Kodim 0721/Blora, tempat di halaman Makodim setempat, Kamis (23/02/2017).

Selengkapnya...

Atlet Dayung dan Judo Blora Lolos Seleksi Popnas

Enam atlet Blora dari dua cabang olahraga lolos memperkuat kontingen Jateng di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dari enam atlet tersebut, empat diantaranya dari cabang dayung dan dua atlet lainnya dari cabang judo. 

Selengkapnya...

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M