LOMBA MEWARNAI MENGAWALI FESTIVAL BARONGAN 3

Lomba mewarnai Barongan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di pendopo rumah dinas Bupati hari ini, Selasa (22/11), mengawali rangkaian Festival Barongan 3.

Kegiatan lomba mewarnai ini merupakan leading sector dari Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora Bidang Kebudayaan yang bekerjasama dengan Paguyuban Perupa Blora dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kab. Blora.

Ketua Paguyuban Perupa Blora, Prayitno, menuturkan, Peserta lomba adalah anak usia dini yang terdiri dari kelompok bermain, TK A dan TK B. “Adapun lomba bersifat tertutup, artinya jumlah peserta dibatasi berdasarkan tipologi seni lukis anak yang terdiri dari, peserta kelompok bermain 75 anak, kelompok TK A 250 peserta, kelompok TK B 250 peserta,” jelasnya.

Lomba dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari Kelompok Bermain murni mewarnai dengan tingkat kesulitan rendah dengan media standar mewarnai seperti crayon, pensil berwarna, dll. Kelompok TK A murni mewarnai dengan tingkat kesulitan lebih detail, dan kelompok TK B mewarnai dengan tingkat kesulitan pengembangan obyek lukis. Waktu dalam mengerjakan tugas lomba atau berkarya maksimal 120 menit atau 2 jam.

Juara kejuaraan merupakan juara berdasar tipologi peserta lomba yang masing-masing diambil 3 karya terbaik terdiri dari juara 1, 2 dan 3 tipologi visual setiap kelompok dan juara 1, 2, dan 3 tipologi non visual setiap kelompok. “Masing-masing juara yang berjumlah 18 penghargaan memperoleh Piagam, Piala dan Uang Pembinaan,” jelasnya.

Wakil Bunda PAUD Kab. Blora, Ainu Sholihah dalam sambutannya berharap lomba ini bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak PAUD. Pemenang lomba nantinya akan diikutkan dalam ajang-ajang lomba seni rupa dilevel yang lebih tinggi.

“Kalau menjadi juara akan mewakili Kab. Blora ditingkat karesidenan Pati,” ujarnya.

Ajang lomba mewarnai, lanjutnya agar terus dikembangkan untuk mengasah kemampuan sekaligus mencari anak-anak yang berbakat dibidang seni rupa.

Bertema All About Blora’s Culture, Festival Barongan 3 digelar selama 6 hari berturut-turut, 22-27 November. Diawali lomba mewarnai tingkat PAUD di pendopo rumah dinas Bupati pukul 09.00 WIB (22/11).

Hari berikutnya, Rabu (23/11), digelar Seminar Budaya di gedung Sasana Bhakti yang menurut rencana digelar pukul 09.00 WIB. Kemudian Pagelaran Wayang Krucil yang juga digelar di gedung Sasana Bhakti pukul 19.00 WIB, Kamis (24/11).

Festival Tayub “Nom-Noman”  di Blok T pukul 19.00 WIB, Jumat (25/11) bintang tamu Tim Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pagelaran Barongan, Sabtu (26/11) dimulai pukul 19.00 WIB di Blok T, dengan bintang tamu Didik Nini Thowok, Barongan Kab. Kendal, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Risang Guntur Seto (RGS).

Parade Barongan start alun-alun dengan finish Jl. A. Yani depan SMK Katolik bintang digelar, Sabtu (26/11), pukul 09.00 WIB, dengan bintang tamu Barongan Kab. Jepara, Kab. Boyolali, Barongan Braiii, Ampyak-ampyak Barongan se Kab. Blora.

Parade Seni Budaya di gedung Sasana Bhakti Kab. Blora digelar hari Kamis hingga Sabtu (24-26/11) pukul 09.00 WIB. Pameran kerajinan dan UMKM WIB Blok T, hari Jumat sampai Minggu (25-27/11). Lomba fashion show kebaya di Blok T, Minggu (27/11) pukul 09.00 WIB. (DPPKKI Kab. Blora)

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Tim Saber Pungli Kabupaten Blora Terbentuk

Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan setelah terbentuk Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten Blora tidak ada lagi dugaan praktik pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Susun Kalender Event

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Kunto Aji mengemukakan geliat pariwisata di wilayah setempat makin diminati wisatawan. Oleh karenanya akan lebih intensif dilakukan penataan dan disusun dalam kelender event.

Selengkapnya...

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M