PERKUAT KERJASAMA DENGAN KUDUS

Pemerintah Kab. Blora melakukan Penandatangan Kesepakatan Bersama (MOU) dengan Pemerintah Kab. Kudus terkait kerjasama pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Penandatanganan MOU dilakukan oleh Bupati Kudus Mustofa dan Bupati Blora Djoko Nugroho. Acara yang digelar di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (24/11), juga dirangkaikan dengan pengukuhan Forum UMKM Kab. Blora oleh Bupati Kudus yang juga sebagai Ketua Pembina Forum UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, UMKM merupakan pilar ekonomi perlu memperluas jaringan dengan daerah lainnya. Adanya MOU dengan Pemkab. Kudus, diharapkan meningkatkan daya saing daerah.

“UMKM Blora bisa saling komunikasi dan kerjasama sehingga mendapatkan sesuatu yang baik,” ujarnya.

Ia meminta kepada pengurus Forum UMKM yang dilantik untuk memperkuat kelembagaan dan menggiatkan promosi ke daerah-daerah.

Mustofa mengatakan, UMKM harus menjalin relasi dengan berbagai stakeholders sehingga jaringan pemasarannya bertambah luas. Forum UMKM ini merupakan wadah pelaku usaha kecil untuk bertukar pengalaman dan informasi, termasuk kebijakan-kebijakan dari pemerintah.

“Forum ini bukan forum liar, secara legalitas sudah tercatat di Kementerian Hukum dan HAM,” jelasnya.

Para pelaku UMKM diminta untuk memanfaatkan kredit yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Program yang bertujuan mengembangkan usaha kecil ini diharapkan benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku usaha.

“Anggaran yang digelontorkan melalui Perbankan, manfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha,” harapnya.

Sebagai Bupati, Ia juga terbuka dan siap membantu para pelaku usaha di Kab. Blora yang ingin menjalin kerjasama dengan pelaku usaha di Kab. Kudus. Silahkan datang ke Kudus, kami siap membantu dan terbuka, katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, jumlah UMKM di Kab. Blora tercatat 7.500,baik disektor industri, perdagangan, pertanian dan usaha yang dikelola para difabel.

Di Kab. Blora, Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 sudah cukup besar. Nasabah yang memanfaatkan KUR di Blora ada 50.996 nasabah.

“Artinya UMKM yang ada di Blora sudah memanfaatkan kredit KUR, baik disektor ritel maupun usaha yang lain,” jelasnya.

Plafon KUR di Jawa Tengah realisasinya baru mencapai 84 persen, jadi masih ada peluang UMKM untuk memanfaatkan KUR. Sedangkan untuk Simitra25 sudah terserap 5,5 milyar dari plafon 10 milyar untuk Kab. Blora, dengan jumlah nasabah sebanyak 327 orang. (DPPKKI)

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

Tim Jepang dan ITB Siapkan Penerapan Teknologi CCS di Kabupaten Blora

Rencana penerapan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan mencegah pemanasan global dengan cara tangkap, angkut, dan simpan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) menunjukan sinyal positif. Setelah disoalisasikan sejak Agustuas 2016 lalu, kini rencana penarapan teknologi CCS tersebut mulai memasuki tahapan survey lokasi. 

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M