Gebyar PAUD Mendorong Kreativitas Anak Usia Dini

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2017 sebagai ajang kreativitas anak. Gebyar PAUD berlangsung di lingkungan kantor dinas setempat dengan diikuti sebanyak 256 anak usia dini dari kelompok belajar 16 Kecamatan se Kab Blora, Rabu (10/5). Kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional 2017 itu menampilkan 12 jenis lomba.

Acara dibuka Wakil Bunda PAUD Blora  Hj. Ainus Sholicah Arief Rohman dengan ditandai dengan pemukulan gong.

Dengan adanya Gebyar PAUD ini ia berharap mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di seluruh PAUD dan TK.

“Melalui Gebyar PAUD, kita tingkatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas dan mandiri,” kata Wakil Bunda PAUD Blora  Hj. Ainus Sholicah Arief Rohman.

Ainus Sholicah mewakili Bunda PAUD Kabupaten Blora Umi Kulsum Djoko Nugroho mengingatkan selaku orang tua perlu mendidik anak dengan baik sejak dini.

“Karena di usia dini anak bisa cepat menangkap apa yang kita sampaikan,” ujarnya.

Dengan adanya Gebyar PAUD ini ia berharap mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di seluruh PAUD dan TK.

Pada kesepatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Achmad Wardoyo menyampaikan sambutan Bupati Blora Djoko Nugroho.

Dalam sambutan yang dibacakan antara lain disebutkan Gebyar PAUD sangat berguna untuk mengetahui perkembangan anak secara dini. Indeks Pembangunan Manusia tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga kesahatan dan pendidikan.

"Pendidikan berbanding lurus dengan perkembangan jaman serta kota, pendidikan di desa tidak mungkin lebih baik dari kota, oleh karena itu perlu adanya infrastruktur agar pendidikan bisa merata hingga ke desa-desa, nanti PAUD dibantu, biar yang muda bisa berkembang, pinter," ujarnya.

Termasuk honor para pendidik PAUD dinaikkan.  

"Tingkat wajib belajar terus didorong, guru-guru SD jangan menakut-nakuti siswa untuk masuk sekolah, wajib belajar kita harus jalan 9 tahun, kalau di PAUD sudah baik nanti berlanjut ke SD, SMP, SMA," ucapnya.

Dalam sambutan yang disampaikan Kepala Dindik, Bupati Blora Djoko Nugroho mengajak seluruh undangan bekerjasama membangun Blora.

"Mari kita sama-sama semangat membangun Blora, biar lebih baik lagi," ajaknya.

Gebyar PUD pada tahun 2017 tidak dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Blora seperti tahun sebelumnya karena sedang dilakukan rehab bangunan.

“Bapak Bupati mohon maaf karena tidak bisa hadir, sebab ada acara yang tidak kalah penting,” kata Achmad Wardoyo.

Kepala Bidang PAUD dam Dikmas Dindik Blora, Drs. Supriyatno,MM dalam laporannya mengemukakan ada 12 jenis lomba yang dilaksanakan pada Gebyar Paud, yaitu memasukkan bola ke ring basket beregu, tari kreasi baru, melukis caping, melipat, menempel dan melengkapi (3M), menyanyi tunggal, bercerita dengan bahasa Indonesia, memasukkan bola ke dalam paralon, menyanyikan lagu wajib, menempel pola, gerak kreatifitas anak, kolase jagung dan memindahkan bola dalam ember/pot.   

Sebelumnya, Gebyar PAUD tingkat kecamatan se- kabupaten Blora sudah terlaksana di masing-masing kecamatan dan juara dalam lomba Gebyar PAUD tingkat kecamatan tampil di Gebyar PAUD tingkat kabupaten Blora.

Sementara itu Kasi PAUD dinas Pendidikan kabupaten Blora, Siti Astuti mengatakan untuk Gebyar PAUD ini diikuti oleh perwakilan TK / PAUD masing-masing juara tingkat kecamatan. Dengan adanya Gebyar PAUD ini ia berharap mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di seluruh PAUD dan TK.

Beberapa perwakilan tingkat kecamatan akan memperebutkan juara I, II dan III serta harapan I, II dan III di beberapa lomba nanti di kategori tingkat TK dan tingkat PAUD.

Hadir pada pembukaan Gebyar PAUD, diantaranya perwakilan Forkopimda, Gabungang Organisasi Wanita (GOW), Pimpinan DPRD Blora, Camat Se Blora dan pimpinan UPTD Dindik Kecamatan se Blora.  (Dinkominfo Kab. Blora).

 

DPK Bangkitkan Semangat Literasi Melalui Pencanangan BBGRM

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora terus berupaya membangkitkan literasi khususnya peserta didik. Salah satunya membuka layanan pada pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BB-GRM) ke XIV dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di lapangan desa Kemiri Kecamatan Jepon, Selasa (23/5).

Selengkapnya...

Kabupaten Blora Targetkan Dapat Nilai 'B' Pelaksanaan  SAKIP dan LAKIP

Pemkab Blora melaksanakan kunjungan belajar atau studi tiru tentang pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Area Free Hotspot Super Mario

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memfasilitasi area hotspot di seputar kawasan Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora.

Selengkapnya...

Pembinaan Persit Kodim Blora 

Pasi Pers Kodim 0721/Blora Kapten Inf Subeno memberikan arahan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora dalam acara pertemuan rutin di Aula Makodim setempat, Jl. Pemuda No.44 Blora, Selasa (16/5). 

Selengkapnya...

Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan