Pemkab Blora Gelar Sarasehan Antar Umat Beragama 

Pemkab Blora melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggarakan Sarasehan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB). Sarasehan dibuka oleh Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si dengan diikuti 100 peserta dari perwakilan tokoh lintas agama, TNI, Polri dan Akademisi. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora, sarasehan Senin (15/5/2017). 

Kepala Kantor Kesbangpol Blora, Mei Nariyono menyatakan bahwa pihaknya dalam menyelenggarakan sarasehan kali ini menghadirkan narasumber sebanyak 4 orang. Yakni Dr. H Rozihan SH, M.Ag seorang akademisi dosen Unissula Semarang sekaligus Wakil Ketua FKUB Jawa Tengah, Drs. H.Nuril Anshori M.Hum Kepala Kemenag Blora, AKP H Sumaidi S.Ag Kasat Binmas Polres Blora dan H Ishad Shofawi Kepala FKUB Kabupaten Blora. 

“Sarasehan ini kami laksanakan sebagai upaya preventif untuk mencegah potensi perpecahan dan kerusuhan ditengah santernya pemberitaan yang sangat cepat tersebar di dunia maya, khususnya yang memuat isu SARA,” kata Mei Nariyono.

Ia berharap dengan dilaksanakannya Sarasehan FKUB ini bisa menciptakan suasana kedamaian, saling menghormati, toleransi, dan menjunjung tinggi aturan hukum yang berlaku demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI. 

Wakil Bupati Arief Rohman dalam sambutannya mengajak kepada seluruh umat beragama yang ada di Kabupaten Blora untuk senantiasa menciptakan kerukunan dan kebersamaan. 

“Selama ini Blora sudah cukup kondusif, namun bukan berarti tidak ada potensi perpecahan. Kedepan kerukunan dan keharmonisan ini harus terus dipupuk, salah satunya dengan melaksanakan sarasehan seperti ini,” ujarnya. 

Menurutnya, penyelenggaraan sarasehan yang bertepatan dengan bulan Mei ini sekaligus mengingatkan semuanya bahwa pada bulan Mei tahun 1908 dahulu bangsa Indonesia mencetuskan kebangkitan nasional. Dimana jika dirunut sejarah berdirinya bangsa Indonesia pada hakekatnya didirikan di atas kerukunan antar umat beragama. 

“Ingatlah, pada hakekatnya semua agama mempunyai platform yang sama kepada Tuhan Yang Maha Esa, hanya caranya yang berbeda-beda. Maka sudah sepantasnya kita dipanggil dengan sebutan yang sama yaitu Umat Beragama yang majemuk. Perbedaan bukan pemicu perpecahan, perbedaan itu rahmah,” lanjut Arief Rohman. 

Penyebaran radikalisme dan paham ISIS yang anter terdengar akhir-akhir ini juga menjadi sorotan Arief Rohman. Ia mengajak agar seluruh FKUB untuk sering bertemu, melakukan dialog dan sharing tentang potensi kerawanan yang bisa menimbulkan konflik horisontal sebagai upaya pencegahan serta mediasi dini. 

Di akhir sambutannya, ia berharap FKUB bisa berkontribusi mendukung kemajuan pembangunan dan terselenggaranya kehidupan masyarakat yang rukun damai sejahtera, dengan mengembangkan seluruh potensi dan perannya secara baik. (Dinkominfo Kab Blora | Tim) 

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan