Seni dan Budaya

Tim Media Center Blora Ikut Meriahkan Kopdar Fotografer di Temanggung


Sejumlah media center kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kopi darat (kopdar) fotografer melalui tradisi tahunan di dusun Cepit, Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.

Tradisi itu dilaksanakan oleh warga setempat menyambut bulan Rejeb/Rajab dalam penanggalan Jawa.

Kopdar fotografer media center diketuai langsung oleh Agus Setia Budiawan, redaktur foto infopublik.id di lokasi setempat, Sabtu (23/3/2019).

“Ini sebagai acara awal untuk membangun dan menjalin silaturahmi antar fotografer, khususnya di Jateng dan DIY. Kebutulan ada event tradisi tahunan di desa wisata dusun Cepit, Desa Pagergunung,Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung,” jelasnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada media center Pemkab Temanggung yang telah bersedia menjadi tuan rumah pertemuan.

Di lokasi, sejumlah fotografer media center dari Kabupaten Blora, Batang, Kulon Progo, dan Temanggung berkolaborasi hunting bareng memotret event yang berlangsung.

Salah satunya adalah tradisi potong rambut gibal (pethet gombak) yang digelar di kawasan lereng gunung Sumbing. Acara itu menarik perhatian tidak hanya sekadar membuat dokumentasi melalui foto, melainkan menjadi ajang berkreasi melalui seni fotografi.

Mulai dari sesaji, arak-arakan, tata cara khas hingga busana yang dikenakan nyaris tak luput dari bidikan lensa para fotografer.

“Kesan dan kenangannya menjadi lebih lengkap bila hasil hunting bersama teman-teman fotografer Jateng dan DIY. Bisa dibikin Album Foto Story pada galeri foto Info Publik. Sehingga diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi teman-teman fotografer media center di provinsi lain,” ujarnya.

Suasana makin menyenangkan dan memotivasi ketika Bupati Temanggung Muhamad Al Khadziq ikut memotret menggunakan kamera dan berbaur bersama fotgrafer mengambil obyek anak rambut gibal sebelum pelaksanaan tradisi cukur gombak dimulai.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora, Ignatius Ary Susanto ,S.Sos, M.Si yang menghadiri bersama tim media center Blora mengapreasiasi giat fotografer ini.

Apalagi, katanya, Bupati Temanggung bersama Camat, Kades dan OPD terkait juga datang dan mendukung.

“Ini menjadi pemacu semangat fotografer dan jurnalis daerah untuk lebih detail menggali kepekaan terhadap obyek yang dipilih. Dengan kerja sama ini diharapkan dari Blora bisa ikut sharing dan menimba ilmu dari media center wilayah lain, sehingga menghasilkan karya seni yang menarik dan mencerahkan publik,” katanya.

Dikatakannya, tradisi tahunan oleh masyarakat di desa wisata Cepit  di Temanggung, sebagaimana lazimnya juga digelar di Blora. Hanya saja dengan tata cara yang beragam.

“Sehingga jika ada kelengkapan foto dan data literasi keberagaman seni budaya akan lebih menarik dan diapresiasi,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dipimpin Bupati Blora, Peringatan HSN 2019 Khidmat dan Meriah
    22 Oktober 2019 Jam 18:42:00

    Apel akbar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke V Tahun 2019 di Alun-Alun Kabupaten Blora,...

    30 Tangki Air Disalurkan PWI, Polres dan Dinkominfo
    22 Oktober 2019 Jam 17:36:00

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Polres dan Dinas...

    Pemkab Blora Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Kehutanan UGM
    22 Oktober 2019 Jam 14:03:00

    Luasnya hutan di Kabupaten Blora yang mencakup hampir 50 persen keseluruhan wilayah membuat...