Seputar Blora

Apel Siaga Patroli Pengawasana Anti Politik Uang


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar apel siaga bertajuk patroli pengawasan anti politik uang di Alun-Alun Blora, Jumat (12/4/2019).

Apel dipimpin Ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyoan diikuti 3.413 orang peserta terdiri Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat, Pantia Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara se Kabupaten Blora.

Dalam apel, salah seorang petugas membacakan ikrar pengawasan pemilu 2019. Ada empat item ikrar yang dibaca oleh petugas kemudian ditirukan oleh seluruh peserta apel. Yaitu, akan bekerja secara profesional berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Senantiasa ikut menciptakan kondusivitas dan stabilitas keamanan Pemilu tahun 2019 dengan selalu berkoordinasi aparat TNI-Polri dan pihak terkait sesuai tingkatan masing-masing.

Selanjutnya, akan menjaga marwah Lembaga Bawaslu dengan berpedoman terhadap Undang-Undang dan kode etik penyelenggara pemilu.

Kemudian, dengan maksimal akan melakukan pencegahan, pengawasan, menindak segala bentuk pelanggaran dan kecurangan pada pemilu 2019.

Selesai pembacaan ikrar oleh petugas, Ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyoan membaca sambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan,SH.
Dalam sambutannya, Abhan antara lain menyampaikan sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan suara, terlebih dahulu diperhadapkan dengan tugas mengawasi masa tenang yang dimulai tanggal 14 hingga 16 April 2019.

Masa ini, lanjutnya, merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan pemilu yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa termasuk didalamnya Bawaslu dan peserta pemilu.

Berdasarkan pengalaman, menunut dia, baik pada agenda pemilihan kepala daerah maupun agenda pemilu sebelumnya, masa tenang cenderung diwarnai dengan praktik-praktik kecurangan, politik uang, propaganda isu SARA, penyebaran berita bohong untuk saling menjatuhkan di antara sesama peserta.

“Bahkan tak jarang terjadi benturan kekerasan antar massa pendukung peserta pemilu,” kata Abhan, Ketua Bawaslu RI dalam sambutan yang dibaca Ketua Bawaslu Kabupaten Blora Lulus Mariyoan.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu persoalan klasik lainnya yang sering dihadapi di setiap penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan, yaitu kecenderungan peserta dan calon menggunakan segala cara untuk memenangkan kontestasi politik, termasuk melibatkan uang dalam jumlah yang tidak rasional untuk mempengaruhi pilihan masyarakat pemilih.

Pihaknya berharap baik Bawaslu Provinsi, kabupaten/kota, pengawas di tingkat kecamatan, desa kelurahan agar membaca dan mempelajari dengan seksama setiap data yang tersaji dalam IKP 2019 untuk menuntun proses perencanaan dan pengawasan di wilayah masing-masing.

Selain itu, menurutnya, penting juga bagi tim patroli agar mengenali dan memahami karakteristik serta kecenderungan perilaku sosial kemasyarakatan di wilayah patrolinya. Hal ini agar pengawas mampu beradaptasi terutama untuk melakukan penetrasi strategi pengawasan yang tepat tanpa menciderai tatanan dan nilai sosial kemasyarakatan yang ada.

“Kepada seluruh personil tim patroli agar menghindari sikap-sikap arogansi saat menjalankan patroli pengawasan,” tandasnya.
Di sela-sela apel, Bawaslu Kabupaten Blora menyerahkan piagam penghargaan kepada Panwaslu Kecamatan dan Staf Sekretariat untuk lima kategori.

Yakni, Panswalu Kecamatan Bogorejo kategori pencegahan terbaik, Panwaslu kecamatan Blora untuk kategori pengawasan terbaik, Panwaslu kecamatan Todanan untuk kategori penanganan pelanggaran terbaik.

Kemudian staf sekretariat Panwaslu kecamatan Tunjungan untuk kategori staf kecamatan terbaik dan sekretariat Panwaslu Kecamatan Jiken untuk kategori laporan pertanggungjawaban keuangan terbaik.

Hadir mengikuti apel Wakapolres Blora Kompol Samdani, Kasdim Blora Mayor Kav Hyasintus Waleng, Danyonif 410 Alugoro, Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Drs. Suryanto,M.Si, Kepala BKD Blora Anang Sri Danaryanto, Sat Pol Blora, Kesbangpol Blora dan sejumlah perwakilan partai politik peserta pemilu 2019. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Sambut HUT Ke-73 Bhayangkara, Polres Blora Gelar Kerja Bhakti Religi
    18 Juni 2019 Jam 08:50:00

    Polres Blora Polda Jateng menggelar kerja bhakti religi religi dalam rangkaian ini adalah dalam...

    Dinperinaker Blora Ingatkan Canaker Wajib Lapor Balik Setelah Dapat Kerja
    18 Juni 2019 Jam 07:44:00

    Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora mengingatkan kepada pemohon...

    Jemaah Calon Haji 2019 Diminta Kenalkan Batik Blora
    17 Juni 2019 Jam 08:46:00

    Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora melaksanakan kegiatan Manasik Haji di Pendopo Rumah...