Seputar Blora


Ratusan peserta perempuan mengikuti senam yoga bersama di halaman rumah dinas bupati Blora, Minggu (14/4/2019). Senam yoga yang diprakrasai paguyuban Kembang Seroja Blora dihelat dalam rangkaian kegiatan menyambut peringatan hari Kartini 2019 di kabupaten setempat.

Sesepuh senam yoga Blora, Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho dalam sambutannya antara lain mengemukakan senam yoga bersama sudah dilaksanakan beberapa kali di beberapa tempat, namun kali ini kembali diselenggarakan di halaman rumah dinas bupati Blora untuk reuni, menjalin silaturahmi dan menyambut peringatan hari Kartini tahun 2019.

Harapannya agar perempuan Blora mengedepankan hidup sehat, salah satunya dengan mengikuti senam yoga supaya tetap awet muda, cerdas dan ceria.

“Bagus sekali dan benar adanya. Apalagi saat ini jajaran masyarakat kabupaten Blora sedang menggalakkan kembali cara hemat hidup sehat. Saya rasa sehat itu adalah milik kita semuanya. Betul ? Apalagi ibu-ibu ini yang rajin beryoga,” kata Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho.

Sejatinya senam yoga bersama ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2019. Namun karena ada kegiatan Hari Kartini, maka pelaksanaannya diajukan dalam rangkaian kegiatan peringatan hari Kartini 2019.

“Kami mengapresiasi, dan tentu saya ikut senam yoga bersama. Ternyata banyak Srikandi Blora yang hebat, cerdas dan sehat. Oleh karena itu saya mengajak para ibu, wanita dan remaja putri di Blora untuk segar bugar, sehat dan awet muda,” ujarnya sambil mengucapkan yel-yel yoga Kembang Seroja.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Kembang Seroja dan seluruh panita serta seluruh peserta yang telah mendukung terselenggaranya acara.

“Kami ucapkan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah memberi dukungan teselenggaranya acara ini,” katanya.

Selain group yang sudah terbentuk lama, senam yoga bersama didukung oleh Dharma Wanita Setda Blora yang dipimpin istri Sekda Blora, Ratna Komang Gede Irawadi.

Senam bersama diikuti 11 group baik dari Organisasi Perangkat Daerah maupun kelompok masyarakat, dipandu langsung oleh pelatih senam yoga Kembang Seroja Blora, Dewi Parwati dan Purwadi Setyanto. Semua peserta nampak antusias mengikuti senam yoga dan terapi yang dipimpinnya dengan riang dan gembira.

Bahkan secara bergantian, istri bupati Blora Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho dan istri Sekda Blora Ratna Komang Gede Irawadi memperagakan salah satu teknik yoga dan terapi kesehatan di hadapan ratusan peserta. Tak terkecuali dengan peserta senam yoga, bersama pasangan ikut praktik.

“Kami menggelar yoga bersama gabungan group yoga Kembang Seroja. Mulai pukul 05.30 WIB di halaman rumah dinas Bupati Blora. Tentu saja kami sudah mohon ijin dan petunjuk dari sesepuh yoga Blora, yaitu Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Bahkan beliau yang memilih dan menentukan harinya. Ratusan peserta, nampak antusias mengikuti,” kata Dewi Parwati.

Tujuannya, kata dia, untuk menjalin silaturahmi antar group yoga yang telah terbentuk, sekaligus memasyarakatkan senam yoga di Kabupaten Blora.

“Ibu Umi sebagai sesepuh yoga juga terlihat awet muda,” jelasnya.

Melalui rutin ikut senam yoga, lanjutnya, bisa membakar lemak, menurunkan berat badan, menghaluskan dan menyegarkan kulit.

“Sehingga membangun rasa percaya diri kita. Karena gerakan yoga selalu disertai dengan relaksasi, maka yoga bermanfaat untuk kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, bisa melancarkan peredaran darah, meningkatkan kerja jantung. Kebugaran, stamina dan daya tahan tubuh bisa terbangun baik.

Hal senada disampaikan oleh Purwadi Setyanto bahwa dalam acara yang dihelat terbagi dua. Yakni satu sesi yoga dipimpin Parwati, dan yang satu sesi akan dipimpinnya langsung, khusus yoga terapi.

“Selain itu akan ada peragaan yoga terapi. Langsung segar bugar, dijamin peserta segar bugar sebelum latihan selesai, saat latihan selesai malah segar bugar sekali. Jumlah peserta hingga 200 orang,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, selain senam yoga, pihaknya juga menyediakan vitamin C (M6) untuk kesehatan tubuh dan pelayanan perawatan kecantikan Manggala Blora.

Manggala Blora, pada acara senam yoga bersama, memperkenalkan aneka produk untuk kesehatan.

Dengan senam yoga dan rajin minum vitamin herbal, kata Purwadi, bisa meningkatkan fleksibelitas tubuh, membangun otot dan menguatkan persendian. Bisa memperkuat tulang serta mencegah osteoporosis, mengurangi gejala sakit pinggang.

“Yoga juga bisa membangun kerja organ yang lebih optimal, sehingga membantu pengeluaran racun dari tubuh, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Yoga bisa rileks, mengurangi stress dan bahkan mencegahnya,” katanya.

Emosipun bisa dikendalikan dan dikuasai dengan mudah, serta membangun pikiran positif, meningkatkan fokus dan daya ingat.
Dengan melakukan latihan terus-menerus menciptakan cahaya keseluruhan yang memancar keluar.

Sekadar diketahui, Purwadi Setyanto dan Dewi Parwati adalah pasangan suami isteri yang berhasil memasyarakatkan senam yoga di kabupaten Blora. Keduanya serius belajar senam yoga dan diperdalam dengan mengikuti organisasi hingga mendapakan sertifikasi baik tingkat nasional dan internasional sebagai pelatih yoga.

Salah satu peserta senam Yoga, Lis Sukarjo, mengemukakan, selama mengikuti senam yoga badan terasa enak dan merasa segar bugar.

“Setiap selesai ikut yoga badan rasanya sehat dan rileks,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Workshop Fotografi dan Videografi Bagi OPD
    20 April 2019 Jam 06:52:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda)...

    Dekranasda Blora Gelar Pameran Produk Unggulan Daerah
    18 April 2019 Jam 09:30:00

    Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tingkat Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pameran...

    Wabup Arief Rohman Gunakan Hak Pilih di TPS 11 Desa Sendangwungu
    18 April 2019 Jam 09:21:00

    Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 11 Desa Sendangwungu,...