Dekranasda Blora Gelar Pameran Produk Unggulan Daerah


Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tingkat Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pameran nasional produk unggulan daerah (Dekranasda Expo 2) di Alun-Alun kota Blora. Acara itu dihelat dalam rangka hari ulang tahun Dekranas ke 39 tingkat kabupaten Blora dan hari Kartini ke 140 tahun 2019.

Panitia penyelengara, Drs. Suryanto, M.Si dalam laporannya antara lain menyampaikan pameran diikuti sebanyak 73 menempati stand produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Industri Kecil dan Menengah baik dari dalam dan luar daerah kabupaten Blora.

“Jumlah peserta ada 73 baik UKM dan IKM. Tujuannya untuk memperkenalkan produk unggulan daerah,” katanya, di Blora, Kamis (18/4/2019).

Dikatakannya, ada acara tambahan dalam penyelenggaraan acara ini, yaitu jalan sehat, hiburan, lomba mewarnai tingkat TK/PAUD dan senam.

“Kegiatan ini diselenggarakan mulai Kamis (18/4/2019) sampai dengan Minggu (21/4/2019). Sejumlah peserta yang ikut di antaranya dari Jepara, Jakarta, Solo, Bandung , Yogyakarta dan Kabupaten Blora dengan produk kuliner, perkebunan dan batik,” ujarnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho dalam sambutannya antara lain mengatakan perkembangan UKM di Blora sangat menggembirakan, terlebih batik Blora yang dibuat dengan aneka variasi serta digunakan oleh pegawai di OPD dan sekolah.

“Terimakasih, melihat perkembangannya sangat gembira. Meski perjalanan batik Blora sempat terseok, namun Blora masih digunakan hingga sekarang. Dan kami minta untuk mengajak dan menjadi contoh memakai batik Blora,” katanya.

Melalui momentum itu, diharapkan bisa meningkatkan partisipasi dan ekonomi kerakyatan.

“Dekranasda mendorong mengembangkan usaha dan industri di Blora. Dengan adanya kegiatan ini kami harapkan, semua tamu bisa melihat,” jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho. Menurutnya, beberapa kali digelar event di luar daerah, kabupaten Blora bisa tampil baik.

Bupati berharap agar acara ini bisa disaksikan oleh warga masyarakat Blora. Pada kesempatan itu, bupati Blora membuka secara langsung dengan ditandai pemukulan gong, dilanjutkan mengunjungi stand secara bergantian.

Hadir pada acara pembukaan, Forkopimda Blora, Forkopimca dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Acara dimeriahkan dengan penampilan tari kreasi Guyub Samin dan Jian Kenes dari LKP Merpati desa Tambaksari Blora. Selain itu tampil kelompok musik anak-anak dengan menampilkan beberapa buah lagu.

Disela-sela acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Dekranasda Blora Hj. Umi Kulsum dan diserahkan kepada salah satu pelaku UKM (batik) kreatif Blora. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Program BEKERJA : Ribuan RTM Akan Terima Bantuan Ternak Ayam
    21 Mei 2019 Jam 04:27:00

    Blora - Ribuan Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, akan menerima bantuan...

    Bupati Blora : Bangkitkan Semangat Persatuan dan Kesatuan
    21 Mei 2019 Jam 04:23:00

    Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 tingkat Kabupaten Blora diselenggarakan...

    Upacara Peringatan Harkitnas ke-111 Berlangsung Khidmat
    20 Mei 2019 Jam 07:10:00

    Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 dengan...