Berita Terkini

Kemudahan Pembayaran Pajak Terus Disosialisasikan


Guna mengoptimalkan pemungutan pajak daerah tahun 2019 di Kabupaten Blora, Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) kegiatan TAX ON CAR FREE DAY di Alun-Alun.

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, dilanjutkan senam bersama dengan masyarakat umum yang sedang beraktifitas pagi di area Car Free Day (CFD) Alun-alun Blora, Minggu (28/4/2019).

Sejumlah kegiatan dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti sosialisasi pajak untuk pembangunan daerah. Dalam acara ini, masing-masing instansi pemungut pajak juga membuka pos layanan pembayaran pajak seperti Samsat Keliling, Mobil Layanan Pajak Pratama, Pelayanan Pajak BPPKAD dan Bank Jateng. Dimana masing-masing pos mulai dipadati masyarakat yang ingin membayar pajak.

Kepala BPPKAD Blora, Ir. Maskur, MM dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan Tax on CFD ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pajak untuk membiayai pembangunan, kemudahan pelayanan pajak dan sosialisasi jenis jenis pajak daerah seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak minerba, pajak parker, pajak air tanah,pajak sarang burung wallet, PBB P2, dan pajak perolehan hak atas tanah atau bangunan.

“Kegiatan Tax on CFD ini akan kami laksanakan tiga bulan sekali, dan ini merupakan kegiatan pertama di tahun 2019. Kami melibatkan seluruh karyawan/karyawati BPPKAD, Bank Jateng Cabang Blora, Samsat Blora, KPP Pratama Blora dan PD. BPR BKK Blora,” jelas Ir. Maskur, MM.

Di acara yang sama Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Tax on CFD.
Menurutnya, kegiatan Tax on CFD seperti ini pantas untuk dilaksanakan secara rutin agar semakin banyak masyarakat yang paham tentang perpajakan dan bagaimana cara mudah dalam membayar pajak.

“Kedepan harus lebih banyak lagi masyarakat yang dilibatkan. Publikasikan lebih baik lagi. Umumkan kepada masyarakat jika pada hari Minggu ada Tax on Car Free Day dengan berbagai kemudahan pembayaran pajak. Pasti akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan acara ini. Terlebih CFD adalah ajang hiburan masyarakat di akhir pekan,” kata Sekda Blora.

Tak hanya urusan pajak, Sekda meminta agar BPPKAD bisa mengajak Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) untuk bergabung dalam kegiatan Car Free Day.

“Tugas kita adalah melayani masyarakat. Layani masyarakat dengan murah, mudah dan cepat. Sementara memang masih sebatas membuka pos bersama saat CFD seperti ini. Namun nantinya Pemkab Blora ingin membangun Mall Pelayanan Publik, sehingga masyarakat ketika ingin mengurus perijinan dan pembayaran pajak cukup berada di satu lokasi saja. Termasuk perpanjangan STNK dan SIM, semuanya terpusat,” ujarnya.

Sekda Blora mengucapkan terimakasih kepada BPPKAD yang dari tahun ke tahun perolehan pajak daerahnya selalu mengalami kenaikan. Namun demikian inovasi harus terus dilakukan agar PAD dari sektor pajak daerah bisa maksimal. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...