Berita Terkini

Bupati Blora Inspektur Upacara Hardiknas 2019


Bupati Blora Djoko Nugroho mengungkapkan melalui momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 diharapkan Dinas Pendidikan makin rensponsif terhadap kesejahteraan guru honorer dan peningkatan kualitas serta pemajuan kualitas bagi peserta didik.

Demikian hal itu disampaikan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Kamis (2/5/2019).

“Atas nama pemerintah kabupaten Blora dan Forkopimda mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2019. Semoga Dinas Pendidikan khususnya, makin responsif, terlebih pada guru honorer dan pemajuan kualitas bagi peserta didik,” kata Bupati Blora.

Bupati juga mengapresiasi, upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat kabupaten Blora tahun 2019 sukses dilaksanakan dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”

Dalam upacara, Bupati Blora Djoko Nugroho membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhajir Efendy.
Dalam sambutan yang dibacakan Bupati Blora, Mendikbud Muhajir Efendy antara lain menyampaikan dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” menyampaikan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dan menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya - sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” katanya.

Dalam pendidikan karakter, lanjutnya, dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Sementara membekali ikhtiyar dengan keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

“Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja setiap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah,” ujarnya.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, lanjut Mendikbud, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan jaman yang semakin kompetitif.

Upacara Hari Pendidikan tingkat kabupaten Blora dihadiri Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Blora dengan peserta upacara terdiri ASN, TNI, Polri, pelajar dan mahasiswa.

Sejumlah piala dan penghargaan juara 1 baik tingkat provinsi dan kabupaten diserahkan kepada siswa dan guru berprestasi di akhir upacara.

Di antaranya juara OSN Matematika, Nathania Airunne Y dari SD Kartini Blora. Juara O2SN Karate Putra Raden Alfaizzat NF dari SDN 3 Balun Kecamatan Cepu.

Kemudian juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) diserahkan kepada Tri Partono dari Kepala SDN Cabak Kecamatan Jiken.

Selanjutnya Elza Adi Wijaya dari SMPN 1 Blora sebagai juara FLS2N cabang gitar duet, dan Veronika dari SMPN 5 Blora juara 1 FLS2N cabang kreativitas seni tari.

Kepada juara karate dan seni tari, oleh bupati Blora diminta prkatik di hadapan peserta upacara sehingga menambah suasana semarak. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...