Seputar Blora

Upacara Peringatan Harkitnas ke-111 Berlangsung Khidmat


Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dan melaksanakan ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti.

Upacara dilaksanakan di sejumlah titik lokasi, yakni di halaman kantor Bupati Blora, kantor Dinas Pendidikan dan halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Senin (20/5/2019).

Kemudian dilanjutkan ziarah di TMP Wira Bhakti, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora dipimpin Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.

Peserta upacara Harkitnas di sejumlah titik terdiri Forkopimda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Aparatur Sipil Negara, organisasi kepemudaan, pelajar, mahasiswa, Pramuka, TNI dan Polri.

Di halaman Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan Menteri Kominfo Republik Indonesia, Rudiantara.

Dalam sambutanya, menteri Kominfo menyampaikan sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar.

“Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” katanya.

Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini. Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan uara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang,dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini gotong-royong,” ujarnya.

Dikatakannya, Yel-yel “holopis-kuntul baris” adalah aba-aba nenek moyang kita di tanah Jawa, digunakan sebagai paduan suara untuk memberi semangat ketika mengerjakan tugas berat yang hanya bisa dikerjakan secara bergotong-royong, bersama-sama.

“Yel-yel ini disorakkan ketika kita membutuhkan gerak yang seirama, agar tujuan kita satu semata, bagaikan barisan burung bangau yang sedang terbang berbaris di angkasa,” jelasnya.

Bukan hanya di tanah Jawa, semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang adadi Indonesia.

Sebagaimana diserukan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada pidato di Depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 lalu, dari tanah Minang kita diimbau dengan petuah ‘Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang’.
Kita juga diwarisi pepatah Sunda yang berbunyi 'Sacangreud pageuh, sagolek pangkek’. Dari Bumi Anging Mamiri, kita bersama-sama belajar ‘Reso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata’.

Dari Bumi Gora, kita diminta ‘Bareng bejukung, bareng bebose’. Dari Banua Banjar kita bersama-sama menjunjung ‘Waja sampai kaputing’.

“Semua menganjurkan bekerja secara gotong-royong,”tandasnya.

Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia.

Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang.

“Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan,” katanya.

Harkitnas tahun ini, mengambil tema “Bangkit Untuk Bersatu”

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunukasi Publik, Ignatius Ary Soesanto selaku panitia upacara Harkitnas 2019 mengatakan sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada jasa para pahlawan, Dinkominfo Blora memasang karangan bunga di TMP Wira Bhakti.

"Dalam ziarah juga ada acara tabur bunga oleh Sekda, Kepala Dinas dan seluruh pejabat struktural Kominfo Blora. Upacara dilaksanakan tertib dan berlangsung khidmat,” tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...