Seputar Blora

Pecahkan Rekor MURI, Forkopimda Blora Jadi Pembaca Berita Menggunakan Bahasa Daerah


Blora - Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagakrimang Blora memfasilitasi take rekaman pembacaan berita menggunakan bahasa daerah kepada sejumlah unsur pimpinan daerah dan tokoh masyarakat di kabupaten Blora.

Hal itu dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Hari Penyiaran Nasional ke-86 tahun 2019 yang dihelat oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah untuk versi radio dan televisi.

Direktur LPPL Radio Gagakrimang Blora, Kasiyanto, SE mengemukakan pembacaan berita menggunakan bahasa daerah dengan pembaca berita terbanyak merupakan agenda pemecahan rekor MURI sebagaimana yang telah direncanakan oleh KPID Jateng.

Sesuai surat permohonan menjadi pembaca berita yang ditujukan kepada Forkopimda se Jawa Tengah oleh KPID, untuk pemecahan rekor versi radio dilaksanakan Selasa, 18 Juni 2019 di Studio RRI Semarang, RRI Surakarta, RRI Purwokerto dan LPP Lokal se Jawa Tengah pada pukul 08.00 – 10.00 WIB.

“Di Blora kami sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pimpinan daerah untuk pelaksanaan menjadi pembaca berita, dan siap untuk take rekaman, ” kata Kasiyanto, SE, Direktur LPPL Radio Gagakrimang Blora, di Blora, Jumat (14/6/2019).

Karena kesibukan dan waktu, pihaknya menyesuaikan petunjuk dan arahan dari Forkopimda. Bahkan beberapa Forkopimda Blora dan tokoh masyarakat sudah take rekaman jadi pembaca berita lebih awal.

“Dandim Blora, Kapolres dan Tokoh Masyarakat sudah take rekaman jadi pembaca berita berbahasa daerah, kemudian  Bupati Blora juga jadi pembaca berita,” ujarnya.

Berita yang dibaca, menurut KasiYanto, di antaranya menonjolkan kearifan lokal, kuliner dan giat pembangunan dan kemasyarakatan terkini.

“Ini sangat menarik untuk membumikan bahasa daerah Jawa Tengah, apalagi yang jadi pembaca berita adalah Forkopimda. Harapannya bisa menjadi pemacu semangat bagi generasi muda untuk melestarikan dan membiasakan berbahasa daerah sebagai salah satu khasanah budaya,” jelasnya.

Sementara itu untuk pemecahan rekor versi televisi dilaksanakan di studio mini kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu, 19 Juni 2019.

“Gubernur Jawa Tengah juga jadi pembaca berita berbahasa daerah,” ucapnya.

Pemerintah menetapkan setipah tanggal 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional.  (Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...