Seputar Blora

Ratusan Anak Ikuti Gebyar PAUD 2019 Kecamatan Bogorejo


Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dan Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar Gebyar PAUD dengan aneka lomba, Sabtu (15/6/2019). Gebyar PAUD diselenggarakan di pendopo kantor kecamatan Bogorejo diikuti ratusan peserta.

Ketua panitia, Seger Wiji Astatik S.Pd, AUD mengatakan, Gebyar PAUD 2019 merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi anak. Terutama untuk perkembangan kreativitas dan melatih kemandirian anak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah mental, kemampuan dan sebagai ajang bersosialisasi anak-anak,” ujarnya.

Selain melatih keberanian dan kemandirian, kata Astutik, kegiatan tersebut juga sebagai ajang pencarian bibit unggul untuk menghadapi kegiatan Gebyar PAUD se-kabupaten Blora yang akan dilaksanakan pada 24 Juni 2019.

“Jadi nanti masing-masing juara dari tingkat kecamatan, akan mewakili ke tingkat Kabupaten,” jelasnya.

Menurutnya, Gebyar PAUD pentring untuk dilaksanakan karena kegiatan tersebut berdampak positif dalam perkembangan anak.

“Seperti diketahui, saat ini perkembangan yang terjadi pada anak sangat pesat pada tahun-tahun awal kehidupannya sebagai anak. Kegiatan ini sangat bagus, karena melatih anak untuk bisa tampil percaya diri,” katanya.

Dijelaskan, aneka lomba untuk Kelompok Bermain diikuti 70 peserta terdiri lari sarung, menyanyi, perkusi alat dapur, dan tari kreasi.

Selanjutnya, Taman Kanak-Kanak diikuti sebanyak 168 peserta untuk jenis lomba tari kreasi (guru), finger painting, lari halang rintang dan sepak bola.

Mereka beradu kemampuan untuk menampilkan yang terbaik di hadapan guru maupun orangtua masing-masing.

Masih menurut Astatik, Gebyar PAUD di wilayah Kecamatan Bogorejo terselenggara setiap tahun.

“Kegiatan ini mengedukasi anak-anak dalam pengembangan bakat. Kami ikhlas mempersiapkan dan melatih. Saya juga mengapresiasi dukungan dari orang tua anak-anak,” katanya.

Para orang tua, lanjutnya, menunggui, ikut merias dan menyaksikan hingga usai acara. Termasuk membuat dokumentasi dengan kamera.

"Saya juga sangat mengapresiasi semangat para pendidik TK. Yang tidak kenal lelah. Persiapan lokasi mulai  dari hari Jumat siang hingga sore. Masih dilanjutkan malam untuk seting  panggung. Kebetulan sekali kami anggota IGTKI Kecamatan Bogorejo yang berjumlah 35 orang  adalah perempuan dan non PNS semua," jelasnya. 

Mewakili  semua panitia, kata Astatik, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuaan, baik materi maupun tenaga.

Acara dihadiri oleh Forkopimca Bogorejo dan pihak terkait hingga selesai.

Sementara itu, kegiatan yang sama juga dilaksankanan di 15 Kecamatan lainnya se kabupaten Blora dengan waktu yang bersamaan dan berbeda dalam rentang waktu tertentu. (Dinkominfo Kab. Blora/ ft : Ely).


    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...