Seputar Blora

Blora Tuan Rumah Jamda XV Pramuka Kwarda Jateng


Kabupaten Blora menjadi tuan rumah Jambore Daerah (Jamda) ke XV Pramuka tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2019. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Blora.

Hal itu mengemuka pada rapat panitia Jamda ke XV yang dipimpin oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Blora, H. Slame Pamuji, SH. M.Hum di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sabtu (6/7/2019).

Rapat panitia tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya bersama Bupati Blora Djoko Nugroho dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah se Blora.

“Blora sebagai tuan rumah Jamda ke XV dan peringatan Hari Pramuka ke 58 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2019. Rapat panita ini untuk memantapkan tugas dan tanggung jawab kepanitiaan,” kata Slamet Pamuji.

Jamda akan dipusatkan di bumi perkemahan Mustika atau di kawasan Super Mario, eks lapangan golf Blora.

Pada rapat kepanitiaan tersebut disampaikan bahwa kegiatan Jamda XV Pramuka Jateng 2019 akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan aspek kenyamanan bagi peserta.

Kenyamanan ini diartikan bahwa kegiatan Jamda XV Pramuka Jateng 2019 diupayakan dapat memenuhi kebutuhan peserta didik, utamanya kebutuhan akan pengembangan diri di aspek spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.

“Untuk mewujudkannya berbagai kegiatan yang tersaji dalam Jamda XV Pramuka Jateng 2019 akan dikemas dalam berbagai zona kegiatan,” kata Slamet Pamuji.

Sistem zona, lanjutnya, bertujuan agar setiap kegiatan fokus pada tema, topik dan sasaran sesuai dengan muatan materi yang disajikan.

Selain itu, sistem zona akan membantu regu peserta dalam menentukan ploting personil dan pergerakan anggotanya. Sebanyak 8 zona kegiatan bakal dilaksanakan.

Zona Integritas, meliputi kegiatan Kerohanian / Keagamaan, Upacara dan Apel Pengibaran Bendera Merah Putih Selasa, Upacara Penutupan Jamda XV Pramuka Jateng 2019, Upacara Pembukaan Latihan Pasukan Penggalang, Upacara Penutupan Latihan Pasukan Penggalang, Olah Raga, Bela Negara, Persaudaraan Pramuka (Permainan Persaudaraan, Api Unggun, Anjangsana, Pengembangan Toleransi).

Zona Gaul Kekinian, meliputi kegiatan Digital Literasi dan Workshop Vlog, Jamda e-sport Challenge,Robotika, Pengenalan Drone dan Focus Group Disscussion Penggalang Milenial.

Zona Adventure, meliputi Camp Craft, Scout Rescue dan Scout Rally.

Kemudian, Zona Pramuka Peduli, meliputi Waste Manajemen dan Pelatihan Pembuatan Eco Bricks, Pramuka Kader Siaga Bencana Sekolah, Pramuka Peduli Pangan Aman, Penggalang Kader Keselamatan Lalu Lintas.

Seanjutnya, Zona Budaya, meliputi kegiatan Live in Perkampungan Adat Samin, Jamda Carnival, Pentas Seni Budaya, Wisata Edukatif dan Resensi Film.

Zona Pengetahuan, Wawasan dan Keterampilan, meliputi Talk Show, KeSAKAan dan Bengkel Terampil.

Zona Scouting Skill meliputi Jamda Tallent Scouting, Scouting Skill Challenge.

Zona Pramuka Dewasa dengan kegiatan meliputi Pembekalan Pembina Pendamping dan Gelang Ajar.

Rangkaian zona kegiatan dilaksanakan Selasa, 27 Agustus 2019 hingga Sabtu, 31 Agustus 2019 sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Mabida Kwarda Jateng akan membuka secara langsung Jamda ke XV di Blora.

“Tentu ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Kwarcab Blora, oleh karena itu, sebagaimana petunjuk Bupati Blora, semua OPD dilibatkan. Sebab ribuan peserta Pramuka Penggalang se Jawa Tengah akan hadir,” kata Slamet Pamuji, Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Blora.

Belum lagi, lanjutnya, sejumlah guru pendamping dan tidak dipungkiri orang tua yang menjenguk atau melihat kegiatan.

“Ini akan menjadi sangat sibuk dan ramai, oleh karena itu sinergitas sangat diperlukan, ” katanya.

Untuk sarana MCK, kata Slamet Pamuji, menjadi bagian penting yang harus diperhatikan mengingat saat ini musim kemarau yang memerlukan kebutuhan air. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...