Seni dan Budaya

Seni Barongan Blora Ikut Meriahkan Festival Lima Gunung


Kesenian Barongan Blora tampil di acara Festival Lima Gunung (FLG) ke 18 di Padepokan Tjipta Boedaja Desa Tutup Ngisor, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Paguyuban Barongan Mustika Amarta dari Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Yogyakarta tampil memukau di arena pertunjukan, Jumat (5/7/2019).

“Alhamdulillah kami dapat diberikan kesempatan oleh panitia dan sedulur dari padepokan Tjipta Boedaja untuk mengisi di Festival Lima Gunung ke 18,” kata Aan, koordinator Paguyuban Barongan Mustika Amarta.

Dikatakannya, penampilan seni barongan Blora merupakan sebuah kebanggan baginya yang masih berlatih dan belajar budaya karena dapat melakukan di event besar ini.

Penonton antusias bahkan sebagian dari penonton ikut bersuara bersama dengan wira swara Mustika Amarta.

“Penampilan dari Barongan Blora sangat bagus, kostum yang dibawakan simpel tapi sangat berkesan. Penari kuda lumpingnya juga energik dan cantik,” ujar Gatot salah seorang penonton FLG 18.

Ketua Umum Kamaba Yogyakarta Nike Nurjannah mengemukakan dapat mempersembahkan kebudayaan dan kesenian dari daerah asal di sebuah event besar seperti ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan baginya.

“Sebagai mahasiswa dengan tujuan belajar tetapi tidak melupakan kebudayaan itu keren sekali. Semoga ini dapat di laksanakan juga oleh saudara-saudara kami yang juga mahasiswa di tanah rantau untuk ikut mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Blora,” katanya.

Festival Lima Gunung berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 5 Juli 2019 sampai dengan tanggal 7 Juli 2019.
Festival Lima Gunung merupakan agenda tahunan yang digagas kelompok kesenian di lereng 5 gunung (Merapi, Menoreh, Sumbing, Andong, dan Merbabu) di sekitar Magelang, Jawa Tengah.

Komunitas Lima Gunung, FLG merupakan kegiatan mandiri, murni dari sumber daya masyarakat desa tersebut. Panitia tidak memungut biaya tiket masuk kepada para penonton. Pertunjukan dapat dinikmati secara gratis.

FLG tahun ini akan dimeriahkan oleh lebih dari 50 penampilan kesenian dari berbagai penjuru Nusantara. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Bantuan Sarpras Agribisnis Ayam Joper di Desa Brabowan
    18 September 2019 Jam 16:02:00

    Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melalui...

    Dimeriahkan Kirab Gunungan, Festival Sentono Digelar
    18 September 2019 Jam 15:57:00

    Ribuan warga menyaksikan kemerihanan pembukaan Festival Sentono yang digelar di kawasan cagar...

    Jalin Sinergitas, Humas dan Protokol Setda Blora Gelar Rakor Bersama Kominfo dan Awak Media
    18 September 2019 Jam 15:37:00

    Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Dinas...