Berita Terkini

Anak Penderita Hydrocephalus Perlu Bantuan Serius


Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si mengajak sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk turut serta membantu anak penderita hydrocephalus (pembesaran kepala akibat penumpukan cairan dalam otak).

Hal itu disampaikannya ketika mengunjungi Siti Masiroh (6 bulan) anak bungsu Darsi, penderita hydrocephalus di dukuh Wotrangkul RT 04/RW 01, Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo, Senin (15/7/2019).

Kunjungan Wabup Blora dilaksankan bersama Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, serta Ketua BAZNAS Kabupaten Blora, KH Ali Muhdlor.

Di depan Wakil Bupati, Darsi menyatakan bahwa anak bungsunya tersebut sudah mengalami kelainan sejak usia satu bulan. Hanya saja sampai sekarang belum pernah diperiksakan ke rumah sakit karena keterbatasan ekonomi. Sehingga dirinya hanya merawat anaknya di rumah.

“Rumah saya ini juga sudah terjual seharga Rp 14,5 juta karena dulu saat mlahirkan butuh uang untuk biaya operasi. Dulu lahirannya operasi sesar jadi butuh biaya mahal. Suami saya juga kerja serabutan,” ungkapnya.

Mendengar keluhan itu, Wakil Bupati meminta agar Dinas Kesehatan bisa mengawal pengobatan Siti Masiroh. Dinsos P3A diminta mengusahakan bantuan sosial agar bisa masuk Basis Data Terpadu (BDT).

Sementara BAZNAS diminta untuk bisa membantu pengembalian rumahnya agar tidak jadi diambil pembelinya.

“Adanya laporan, kita ajak beberapa OPD terkait untuk datang kesini memberikan bantuan. Alhamdulillah permasalahan yang dihadapi keluarga Bu Darsi bisa mendapatkan jalan keluar. Mohon doanya agar adik Siti Masiroh bisa segera sembuh dan rumahnya bisa tetap ditempati,” ucap Wakil Bupati.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa pihaknya telah mengusahakan pembuatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk Bu Darsi agar nantinya bisa dirujuk ke rumah sakit untuk pengobatan Siti Masiroh.

“KIS sudah kami proses agar seluruh pengobatannya gratis. Rencananya nanti akan kita fasilitasi untuk dirujuk ke RS Elisabeth Semarang. Sembari menunggu KIS jadi, kondisi Siti Masiroh akan terus dikawal oleh dokter Puskesmas,” terang Lilik Hernanto.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinsos P3A, Dra. Indah Purwaningsih M.Si akan mengusahakan agar keluarga Bu Darsi bisa masuk BDT penerima bantuan pemerintah. Pihaknya meminta agar Kades Klopoduwur bisa memasukkan Darsi dalam usulan penerima bantuan yang telah dimusdeskan.

“Sambil menunggu proses perbaikan BDT, kami minta Kades bisa segera melaporkan hasil musdesnya,” kata Indah Purwaningsih.

Ketua BAZNAS Kabupaten Blora, KH Ali Muhdlor bersedia membantu pengembalian rumah keluarga Dasri yang telah terjual agar tidak diambil oleh pembeli.

“Nanti biar Kades yang mengawal komunikasi dengan pembeli rumahnya, kita akan ganti uangnya agar rumah bisa tetap ditempati. Selama pengobatan Siti Masiroh, nanti pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarganya juga akan kita bantu,” ujar KH Ali Muhdlor.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati juga berkesempatan memberikan santunan, sembako dan susu formula kepada keluarga Darsi, didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Dinsos P3A dan BAZNAS.

“Terimakasih Pak Wakil Bupati atas bantuannya bersama Bapak, Ibu semuanya. Saya kemarin sudah pasrah karena bingung. Semoga saja nanti ada jalan yang terbaik setelah kedatangan Bapak, Ibu semuanya,” ungkap Darsi (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...