Berita Terkini

Bahas Pengembangan Kawasan, Wakil Bupati Blora Bersama PPSDM Migas Cepu Gelar Diskusi


Pemerintah kabupaten Blora merumuskan konsep pengembangan kawasan agar mempunyai dampak positif yang berkelanjutan untuk peningkatan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia.

Hal itu didorong adanya beberapa proyek strategis nasional yang sedang dan akan dilaksanakan di Kabupaten Blora, seperti pembangunan Bandara Ngloram, pembangunan jalan nasional Blora-Cepu dan penambahan jaringan gas rumah tangga.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si bersama Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu, Wahid Hasyim, menyelenggarakan diskusi bersama guna membahas rencana pengembangan Kabupaten Blora kedepan.

Diskusi Ruang Patra I Gedung PPSDM Migas Cepudiikuti oleh jajaran PPSDM Migas, Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, pimpinan Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu, Camat Cepu dan sejumlah akademisi, Selasa (16/7/2019)

Pembahasan dimulai dengan tema pengembangan potensi pariwisata, infrastruktur, kemudian pengembangan potensi pendidikan tinggi, olahraga hingga penanggulangan kekeringan.

“Dulu saya bersama Pak Wahid punya mimpi besar bagaimana jika lapangan terbang Ngloram itu bisa diaktifkan kembali untuk penerbangan,” ucap Wakil Bupai Blora.

Setelah asetnya dialihkan dari Kementerian ESDM ke Kementerian Perhubungan, menurut Wakil Bupati Blora, kini mimpi pembangunan bandara mulai terwujud.

“Oleh karena itu kita perlu menyiapkan diri untuk menyongsong pembangunan bandara ini,” kaanya.

Selain bandara yang sedang berproses, lanjutnya, tahun 2019 jalan nasional Blora-Cepu juga sedang dibangun sehingga akses menuju Kabupaten Blora semakin mudah. Dengan demikian Pemkab harus bisa bersiap menangkap peluang pengembangan kawasan.

“Kita ajak PPSDM, Pertamina, STTR dan para akademisi untuk berdiksusi. Kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan bersama untuk memajukan Kabupaten Blora,” katanya.

Apalagi banyak aset PPSDM Migas yang belum dimanfaatkan secara maksimal di wilayah Cepu.

“Nanti juga akan kita ajak Perhutani untuk turut serta,” ujarnya.

Pihaknya ingin keberadaan bandara nantinya tidak hanya digunakan untuk kepentingan Migas saja, namun juga untuk pariwisata dan pendidikan.

“Jadi mendarat di Cepu bukan hanya untuk migas saja, namun kita suguhkan tujuan lain seperti menyiapkan wisata dan pendidikan tinggi,” ucapnya.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu, Wahid Hasyim, sepaham dengan pemikiran Wakil Bupati. Dirinya ingin agar Cepu dan sekitarnya bisa semakin berkembang.

“Ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia setiap tahun datang ke PPSDM Migas untuk mengikuti sertifikasi dan PKL,” jelasnya.

Jangan sampai mereka disini hanya tinggal untuk belajar saja, melainkan harus disuguhkan wisata Kabupaten Blora sehingga ada dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Pada prinsipnya kami juga ingin keberadaan PPSDM Migas ini bisa mempunyai nilai guna bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Banyaknya aset PPSDM Migas di Kecamatan Cepu, menurutnya saat ini juga mulai ditata dan dibenahi. Seperti inisiasi pembuatan Migas Cepu Edupark di kawasan Nglajo, penataan lapangan atletik dan revitalisasi Rumah Sakit Migas.

“Kita ingin daya tarik wisata lainnya juga disiapkan agar semakin banyak lagi pilihan masyarakat untuk datang ke Kabupaten Blora ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STTR Cepu, Ir. Agus Darwanto, MT, menyampaikan pihaknya ingin Kabupaten Blora bisa memiliki perguruan tinggi yang bisa mencetak kualitas SDM unggul.

“Saat ini kami dari STTR Cepu sedang berusaha menambah dua program studi lagi, yakni informatika dan MIPA. Diharapkan kedepan bisa meningkat jadi Institut, mohon dukungan dari PPSDM, Pertamina maupun Pemkab Blora,” terangnya.

Guna mendukung pengembangan STTR Cepu, pihak PPSDM Migas dan Pertamina EP Asset 4 Cepu mempersilahkan STTR untuk menjalin kerjasama atau MoU baik tentang fasilitasi praktik kuliah ataupun kerjasama bantuan dosen. (Dinkominfo  Kab. Blora/Tim)


    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...