Seputar Blora

Setelah Diarak, Makanan dan Hasil Bumi Desa Bogorejo Dibagi di Bawah Pohon Bogo


Sejumlah ancak atau wadah terbuat dari kayu untuk menata gunungan berisi hasil bumi telah disiapkan oleh warga Desa Bgorejo, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Seperti halnya yang dilakukan warga masyarakat di perdesaan di Kabupaten Blora, warga desa Bogorejo juga bersiap menggelar acara sedekah bumi atau lazim di sebut gasdeso (tegas desa).

Hal itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas keselamatan dan melimpahnya hasil panen di wilayah setempat.

Tradisi bernuansa gotong royong itu dilaksanakan setiap bulan Selo (Kalender Jawa) atau satu bulan setelah Syawal dalam kalender Hijriyah.
Prosesi tradisi sedekah bumi di wilayah desa Bogorejo pada tahun ini dilaksanakan Rabu (17/7/2019).

Selain menyiapkan ancak untuk gunungan, warga setempat juga memasak jajanan tradisional serta mengundang warga luar daerah serta kerabat atau teman kerja.

Sejak pagi, masing-masing RT se Desa Bogorejo mengisi masing-masing ancaknya dengan beragam hasil bumi mulai sayuran, buah-buahan hingga sego bumbu (nasi urapan) yang dibungkus daun jati, sumbangan dari masyarakat. Semuanya ditata sedemikian rupa hingga membentuk gunungan yang indah.

Jelang tengah hari, ancak gunungan dari masing-masing RT dikumpulkan di halaman Kantor Desa dan selanjutnya dikirab menyusuri jalan raya menuju Pasar Desa Bogorejo. Dengan cara digotong beramai-ramai, seluruh ancak diarak dengan pertunjukan Seni Barongan. Ribuan masyarakat ikut memeriahkan prosesni ini.

Setibanya di halaman Pasar Desa Bogorejo, seluruh ancak gunungan diturunkan di dekat Pohon Bogo yang dipercaya sebagai cikal bakal nama Desa Bogorejo. Disinilah seluruh ancak gunungan yang berisi beragam hasil bumi dan makanan dibagi kepada seluruh masyarakat yang hadir.

Pembagian inilah yang ditunggu-tunggu oleh ribuan warga. Tidak hanya warga Desa Bogorejo saja, warga dari berbagai desa sekitarnya juga ikut bergabung untuk ambil bagian dalam tradisi ini. Tak sabar mendapat giliran mengambil isi ancak gunungan, warga pun langsung berebut beramai-ramai.

Meskipun rebutan dan berdesak-desakan, tidak ada gesekan yang berujung pertengkaran. Semuanya berlangsung dengan aman dan saling menghormati. Momentum inilah yang menjadi daya tarik tradisi gasdeso di Desa Bogorejo.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Bogorejo, Suprapto, SE, menerangkan bahwa tradisi gasdeso ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan kesuburan tanah, rejeki dan kesehatan kepada seluruh warga.

“Rasa syukur itu diwujudkan dengan sedekah hasil bumi dan makanan yang disusun dalam ancak tadi dan dibagikan di dekat pohon Bogo yang ada di depan Pasar Bogorejo,” ujarnya.

Selain rasa syukur, lanjutnya, tradisi ini juga mencerminkan kerukunan dan gotong royong yang kuat di perdesaan.

Selain kirab ancak gunungan dan iringan Seni Barongan, tradisi gasdeso ini juga dimeriahkan dengan pentas Wayang Kulit yang juga dihelat di halaman Pasar sebagai pusat ekonomi masyarakat desa.

Tradisi gasdeso atau sedekah bumi, menurutnya, kedepan bisa dikemas lebih menarik lagi sehingga dapat menjadi daya tarik wisata budaya di Desa Bogorejo.

“Ini saja sudah banyak pedagang kaki lima yang berjualan, berburu rejeki dalam tradisi ini. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi,” jelasnya.

Salah satu warga Desa Bogorejo, Sumaryati, mengungkapkan rasa senang bisa mengikuti prosesi kirab ancak gunungan dari Kantor Desa Bogorejo menuju Pasar Desa Bogorejo. Sebab merupakan acara tahunan yang menarik.

“Tadi ikut berebut ancak gunungan, ini dapat nasi bumbu beberapa bungkus, lalu ada bawang merah, kacang, jagung, terong, tomat dan lainnya. Kalau dapat banyak insyaallah nanti rejekinya juga akan banyak. Oleh sebab itu tadi berebut semuanya,” kata Sumaryati.

Untuk diketahui, nama Desa Bogorejo menurut masyarakat setempat berasal dari nama pohon Bogo yang berada di depan Pasar Desa. Kini pohon Bogo ini menyatu dengan pohon Tanjung. Sebelumnya kawasan pedesaan ini bernama Bodhok.

Desa yang berada di jalur utama penghubung Jepon-Jatirogo, sekaligus pusat pemerintahan Kecamatan Bogorejo ini merupakan penghasil bawang merah unggulan di Kabupaten Blora. Guna menegaskan identitasnya sebagai penghasil bawang merah, di depan Pasar Bogorejo sejak puluhan tahun lalu dibangun Tugu Bawang Merah. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...