Seni dan Budaya

Keramik Balong Dipromosikan di TMII


Produk kerajinan tanah desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora dipromosikan di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Desa Balong dibranding sebagai destinasi wisata edukasi kerajinan tanah liat (keramik).

Kehadirannya di TMII diusung oleh Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata Kebudayaan (Dinporabudpar) Kabupaten Blora dalam rangka Pameran Produk Unggulan Khas Jawa Tengah yang diselenggarakan Badang Penghubung Provinsi Jawa Tengah di TMII, Sabtu (27/7/2019) hingga Minggu (28/7/2019).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) H. Slamet Pamuji melalui Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar, Heksa Wismaningsih dan Kepala Seksi Promosi dan Informasi Pariwisata, Yeti Romdonah, menyampaikan kerajinan tanah liat dari Desa Balong seperti boneka dan tempat alat tulis banyak diminati dan diborong oleh pengunjung.

“Alhamdulilah selama ikut pameran tidak hanya mengenalkan kerajinan desa Balong, tetapi juga mampu memikat pengunjung untuk membeli. Jadi ini sangat pas untuk event promo potensi khas daerah khususnya Desa Balong yang telah dibranding sebagai desa wisata edukasi,” ujarnya, di Blora, Selasa (30/7/2019).

Arifin, salah satu tim perajin tanah liat dari desa Balong mengatakan, selain harganya terjangkau, aneka kerajinan yang dipamerkan di TMII mampu menarik perhatian pengunjung, khususnya anak-anak.

“Anak-anak tertarik, kami sediakan aneka warna cat air. Kemudian kami ajak mereka untuk mewarnai produk yang dipamerkan. Dengan didampingi orang tua, tentu saja merasa senang, ” jelasnya.

Ia berharap, jika ada momen yang sama untuk diikutsertakan.

Perajin di Desa Balong, lanjutnya, telah memiliki griya keramik yang digunakan untuk sarana promosi dan edukasi kepada masyarakat dan pelajar akan dunia keramik.

Griya keramik tersebut dibangun atas program pengembangan keramik Balong oleh Exxon Mobil Cepu Ltd (EMCL) dengan LSM Akademika Cepu Blora.

“Banyak murid baik TK, SD, SMP dan SMA bahkan mahasiswa perguruan tinggi yang datang ke griya keramik untuk belajar bersama. Bahannya kami fasilitasi. Silahkan bagi yang minat, kami pandu,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...