Seputar Blora

Kapolres Blora Beri Arahan 196 Bhabinkamtibmas


Kepala Kepolisian Resort Blora AKBP Saptono S.I.K, M.H didampingi oleh Wakapolres Blora memberi arahan kepada 196 dari jumlah keseluruhan 215 Bhabinkamtibmas Polsek jajaran di gedung Aryyaguna Polres Blora, Kamis (27/07).


Dalam arahannya, Kapolres Blora AKBP Saptono mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Oleh karena itu diwajibkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk senantiasa membangun kepercayaan masyarakat terhadap organisasi Polri. 


Sebagai pemangku situasi harkamtibmas terdepan diharapkan para Bhabinkamtibmas mampu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, membangun kesadaran dan dapat menciptakan suasana yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat terutama dengan tokoh agama, tokoh pemuda, maupun tokoh masyarakat.


Sebagaimana disampaikan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian bahwa Polri akan memusatkan kekuatan pada Bhabinkamtibmas dalam melakukan pendekatan terhadap masyarakat. Hal tersebut sangat berguna untuk memberikan pandangan tentang betapa pentingnya rasa persatuan, sekaligus pendekatan ke masyarakat secara langsung.


“Dengan adanya kehadiran selaku bhabinkamtibmas, hal ini merupakan salah satu bentuk visi dan misi Bapak Kapolri yaitu promoter (profesional, modern dan terpercaya) maka diharapkan kehadirannya bhabinkamtibmas di setiap kegiatan masyarakat, polisi harus menjadi solusi untuk permasalahan warga dan Bhabinkamtibmas dikedepankan untuk melakukan deteksi dini disetiap gangguan Kamtibmas,” ujar AKBP Saptono.


Kapolres juga sangat mendorong peran Bhabinkamtibmas dan intelijen dalam penanganan konflik sosial. Menurut Kapolres Blora AKBP Saptono, keduanya adalah ujung tombak Polri dalam lingkungan masyarakat.


"Bhabinkamtibmas dan kekuatan intelijen menjadi bagian penting dalam deteksi dini dalam rangka antisipasi konflik sosial," kata Kapolres Blora.


Kapolres Blora juga menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan pelaksanaan tugas DDS/Sambang kerumah warga, Bhabhinkamtibmas harus mempunyai kemampuan daya cegah/daya tangkap terhadap tumbuh berkembangnya paham radikalisme/terorisme yang ada di wilayah desa binaannya masing – masing. Melalui kegiatan deteksi dini, menjalin komunikasi dan kerjasama dengan para tokoh, ormas agama non agama dalam rangka mencegah terjadinya aksi anarkis yang diakibatkan oleh kesalah pahaman/tindakan intoleransi oleh kelompok tertentu.


Selain itu dirinya juga menekankan bahwa Bhabinkamtibmas agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat guna memprediksi gejolak-gejolak yang terjadi di masyarakat desa binaannya serta bisa cepat memberikan informasi-informasi deteksi dini terutama di bidang Kamtibmas langsung kepada pimpinan.


“Situasi kamtibmas wilayah Blora saat ini masih dalam kondisi aman terkendali. Namun, menjelang pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2017 yang semakin dekat, saya sebagai pimpinan meningkatkan kegiatan sambang ke desa-desa untuk memastikan proses demokrasi tingkat desa ini dapat berjalan dengan aman dan tertib” kata Kapolres AKBP Saptono.


“Jangan memandang seberapa banyak rupiah yang kita dapatkan, kita harus ikhlas dalam menjalankan tugas. Tunjukkan inovasi kalian sebagai Polri pembina desa. Ukirlah prestasi setinggi-tingginya. Karena bagaimanapun juga, pekerjaan kita adalah ladang pahala kita” ungkap Kapolres


Pengarahan pada ditutup dengan pemberian CD berisi softcopy berupa materi Bhabinkamtibmas. (Dinkominfo Kab. Blora/Teguh).

    Berita Terbaru

    Blora Dikunjungi Mahasiswa Asing 12 Negara
    20 Oktober 2017 Jam 13:06:00

    Mahasiswa asing dari 12 negara mengunjungi Kabupaten Blora dalam rangkaian kegiatan...

    Tim Gerak Jalan Kabupaten Blora Raih Juara 3 Tingkat Jawa Tengah
    20 Oktober 2017 Jam 02:54:00

    Tim gerak jalan Kabupaten Blora berhasil meraih juara ketiga dalam event Lomba Gerak Jalan Cepat...

    Para Tahanan Diminta Berperilaku Baik
    19 Oktober 2017 Jam 07:34:00

    Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H melakukan pengecekan ruang tahanan Polres Blora, Kamis...