Seni dan Budaya

Festival Tari Kerakyatan 2019 Mempromosikan Daya Tarik Wisata dan Pendukungnya


Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kebudayaan (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Jawa Tengah sukses menggelar Festival Tari Kerakyatan 2019 di Blok T Blora, Senin (12/8/2019).

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora H. Slamet Pamuji, SH. M.Hum dalam laporannya menyampaikan latar belakang penyelengaraan acara adalah pengembangan daya tarik wisata melalui paket/event acara sebagai paket wisata unggulan.

Kemudian untuk menambah khasanah budaya dan hasil cipta seni tari penyambutan tamu sebagai ucapan selamat datang.

“Selanjutnya, menumbuhkembangkan minat bakat dan kreativitas seni sebagai satu produk unggulan di Kabupaten Blora,” jelasnya.

Adapun maksud dan tujuannya, sebagai sarana berkreasi, berapresiasi. Mempromosikan daya tarik wisata dan pendukungnya. Memberikan dampak positif bagi pelaku seni dan perekonomian masyarakat.

“Pelaksanaannya Senin (12/8/2019) di Blok T. Jumlah peserta SMP sebanyak enam kelompok dilaksanakan pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kemudian SMA/SMK/Sanggar 13 kelompok dilaksanakan pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB,” ujarnya.

Untuk kejuaraan, lajutnya, juara 1,2,3 dipilih pada setiap kategori. Pemenang mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

“Penilaian kejuaaran dinilai oleh tim juri yang telah ditunjuk,” katanya.

Festival Tari Kerakyatan itu, menurut Kepala Dinporabudpar Blora, merupakan rangkaian kegiatan dan memeriahkan peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Blora.

Festival dibuka oleh Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dihadiri Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si dan pimpinan OPD, Forkopimda serta perwakilan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Blora.

“Kami mengapresiasi adanya Festival Tari Kerakyatan 2019 yang diikuti kalangan pelajar dan sanggar seni,” ucap Sekda Blora.

Selain untuk memeriahkan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Blora, lanjutnya, juga sebagai wujud pengenalan seni pertunjukan seni tari tradisional kepada kalangan muda agar menjadi generasi milenial yang berkarakter dan berbudaya.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda didampingi oleh Kepala Dinporabudpar Blora.

Dari hasil penilian dean juri, ditetapkan sebagai pemenangnya sebagai berikut :


Kategori Pelajar SMP

Juara I : SMPN 1 Jepon.

Juara II : SMPN 4 Blora.

Juara III : SMPN 1 Blora.


Kategori SMA/SMK/Umum (Sanggar Seni)

Juara I : Sanggar Tari Merpati.

Juara II : SMAN 1 Blora.

Juara III : SMAN 2 Blora.


Trophy dan piagam penghargaan diserahkan oleh wakil bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dan Kepala Dinporabudpar H. Slamet Pamuji, SH, M.Hum.

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si menyampaikan, melalui festival ini, berharap anak-anak muda Blora bisa menjadi generasi milenial yang berkemajuan secara teknologi namun tetap berbudaya. Tidak lupa dengan seni budaya sendiri.

“Kami berharap anak-anak muda Blora bisa menjadi generasi milenial yang berkemajuan secara teknologi namun tetap berbudaya. Tidak lupa dengan seni budaya sendiri,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...

    Tunjangan Hari Raya 2024 Pegawai ASN Pemkab Blora Capai Rp46,3 Miliar
    28 Maret 2024 Jam 09:42:00

    Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, Slamet Pamudji...