Seni dan Budaya

Pentas Seni Tari Peserta Jambore Daerah Buat Penonton Kagum


Pentas seni tari kreasi dari berbagai kwartir cabang peserta Jambore Daerah (Jamda) ke-XV Jawa Tengah di bumi perkemahan Mustika Blora memikat  penonton dan enggan beranjak dari tempat duduk, Rabu (28/8/2019).

Sambil duduk lesehan di atas tanah, para penonton dibuat kagum. Beberapa kali para penonton tampak mengambil gambar menggunakan kamera telepon genggam untuk dokumentasi.

Pentas seni tari kreasi itu, tidak hanya untuk menghibur peserta Jamda dan warga sekitar yang menonton semata, melainkan juga dilombakan dan dinilai oleh sejumlah juri.

“Meriah dan penampilannya bagus. Bisa menyaksikan seni tari kreasi daerah di berbagai daerah di Jawa Tengah,” kata Sutoto, salah seorang panitia Jamda dari Kwarcab Blora.

Hal senada diapresiasi oleh Susanti, salah seorang peminat seni tari asal Blora. Menurutnya, adik-adik Pramuka Penggalang yang mengikuti Jamda XV tidak hanya hanya terampil dalam hal kepramukaan saja, melainkan juga berbakat di berbagai bidang.

“Adik-adik peserta Jamda ini memang pilihan. Tidak hanya terampil dalam ilmu dan praktik kepramukaan saja, tetapi juga berbakat di bidang lain, seperti seni tari. Bagus dan ikut bangga melihat generasi milenial yang cinta seni budaya daerah,” ujar Susanti.

Berbagai tari kreasi ditampilkan berkelompok menggunakan kostum, atribut dan asesoris sesuai judul dan karakter di panggung pertunjukan yang telah disiapkan oleh panitia.

Di antaranya, Kwarcab Cilacap menampilkan tari Larung Teluk Penyu, Kwartir Jepara tampil dengan sajian Tari Laskar Kalinyamat, Kwarcab Kudus menampilkan tari Eksotika Kota Kudus.

Kemudian, Kwarcab Karanganyar menampilkan tari Tumandang dan Kwarcab Sragen menampilkan tari kreasi Bajul Mahambara.

Selain pentas seni pada hari kedua Jamda, para peserta mengikuti aneka kegiatan antara lain wisata edukasi, tata cara upacara ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan, pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Batalyon Infanteri 410 Alugoro, penyuluhan dari Polda Jateng, resensi film yang dihelat oleh Dinkominfo Blora dan Dalduk KB.

Sementara itu, untuk memudahkan informasi dan komunikasi, Dinkominfo Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinkominfo Blora memfasilitasi layanan internet gratis yang disentralkan di pendopo joglo bumi perkemahan Mustika.

Sekadar diketahui, Jamda XV Kwarda Jateng dirangkaikan peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun 2019 diselenggarakan di Blora mulai Senin (26/8/2019) sampai dengan Sabtu (31/8/2019).

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Kamabida Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.
Jamda diikuti oleh 1.688 peserta dari kontingen Kwarcab se Jawa Tengah. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...