Seni dan Budaya

Indonesiana 2019 Angkat Budaya Samin


Dinas Kepemudaaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar event Indonesiana Cerita dari Blora tahun kedua dengan mengangkat budaya sedulur sikep (samin).

“Setelah tahun 2018 mengangkat tema Sastra dengan tokoh sentral Pramudya Ananta Toer, tahun 2019 kita akan mengangkat budaya sedulur sikep (Samin) yang diajarkan oleh Raden Kohar atau Samin Surosentiko. Ini sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal yang ada di Kabupaten Blora,” kata Slamet Pamudji, SH, M.Hum Kepala Dinporabudpar, di Blora, Senin (2/9/2019).

Kegiatan itu, katanya, dilaksanakan selama empat hari mulai 19 September hingga 22 September 2019. Khusus untuk acara Samin akan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Kampung Samin Desa Sumber Kecamatan Kradenan, dan di Kampung Samin Dukuh Blimbing, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

“Jadi seharusnya kita patut berbangga ketika tokoh kelahiran Blora banyak dikenal luas masyarakat. Bahkan daerah lain ikut membuat patungnya sebagai bentuk penghormatan,” tandasnya.

Edi Purwanto, salah satu panitia pelaksana event Indonesiana Cerita dari Blora menyampaikan bahwa selama empat hari mulai 19-22 September mendatang akan ada banyak kegiatan.

“Sebagai pembuka, atau pra event, akan dilaksanakan workshop pengelolaan festival pada tanggal 7 September 2019 di Gedung Serbaguna Kecamatan Kradenan. Selanjutnya pada tanggal 19-22 September 2019 akan dilaksanakan sembilan acara,” ujar Edi Purwanto.

Diantaranya, Pameran dan Opening Ceremony pada tanggal 19 September 2019 di Panggung Terbuka Stadium Seni Budaya Taman Tirtonadi Kota Blora.

Workshop Sosiodrama pada tanggal 19-20 September 2019 di SMP Negeri 2 Blora. Ngenger SAMIN pada tanggal 20-22 September 2019 di Kampung Samin Desa Sumber Kecamatan Kradenan.

Kemudian, Pagelaran Wayang Kulit pada tanggal 21 September 2019 di Kompleks Goa Sentono, Kecamatan Kradenan.
Workshop Pedalangan pada tanggal 21 September 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Berikutnya, Tradisi Lisan se Jateng-DIY-Jatim, Pementasan Kentrung dan Teatrical pada tanggal 21 September 2019 di Panggung Terbuka Stadium Seni Budaya Taman Tirtonadi Blora.Workshop Seni Barongan Blora pada tanggal 21 September 2019 di Hotel Kryad Arra Cepu.

Selanjutnya, Pentas Seni Barongan Blora pada tanggal 21 September 2019 di Panggung Terbuka Taman Tuk Buntung Kecamatan Cepu. Temu Ageng Sedulur Sikep (Samin) dan Pertunjukan Wayang Krucil pada tanggal 22 September 2019 di Pendopo Kampung Samin Dukuh Blimbing, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

“Untuk acara terakhir, Temu Ageng Sedulur Sikep akan diikuti oleh seluruh pengiktu Samin. Tidak hanya pengiktu Samin dari Blora saja, namun juga dari daerah luar Blora seperti Pati, Kudus dan Bojonegoro,” jelas Edi Purwanto.

Sedangkan pada tanggal 21 September 2019, di tempat yang sama, yakni komplek Goa Sentono Kecamatan Kradenan yang berada di tepi Sungai Bengawan Solo juga akan dilaksanakan event Festival Sentono dan Festival Perahu Sungai antar Jateng-Jatim. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...