Seputar Blora

Ratusan Pelajar SMK di Blora Ikuti Seminar Kewirausahaan dan Pameran Produk Kreatif


Sebanyak 300 pelajar SMK Negeri dan Swasta se kabupaten Blora mengikuti seminar kewirausahaan di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (3/10/2019).

Seminar kewirausahaan dengan tema “Semangat Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Disrupsi Menuju Blora Berdaya Saing Global” diselenggarakan oleh Ikatan Alumni STM/SMK Negeri 1 Blora (IASNISBA), Pemkab Blora, MGMP Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Bank Jateng Cabang Blora dan BPR Blora.

Ketua panitia H. Munandar dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya kita telah memasuki dunia digital, sehinga mau tidak mau harus mengikutinya supaya tidak ketinggalan.

“Ide seminar ini muncul ketika melihat pengangguran, usia kerja yang tidak tertampung. Sulitnya melanjutkan sekolah karena keterbatasan ekonomi,” katanya.

Tujuan Seminar, katanya, untuk memberikan motivasi bagi pelajar yang telah lulus sekolah namun tidak bisa melanjutkan atau sulit cari kerja agar tidak kecil hati.

“Melainkan tetap ada semangat. Dan satu hal, jangan melupakan alumni sekolah. Banyak orang sukses, tapi sedikit orang yang peduli,” kata H.Munandar yang menggagas IASNISBA.

Seminar dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Blora, Drs. Suryanto, M.Si mewakili Bupati Blora, Djoko Nugroho.
Menurutnya, Pemkab menyambut baik kegiatan ini dan diharapkan peserta seminar bisa berkesempatan ikut program magang di Jepang.

Dikatakannya, generasi sekarang yang disebut generasi milenial sangat erat dengan kemajuan teknologi, hakikatnya mempunyai potensi besar menjadi penggerak revolusi bangsa.

Namun, kemudahan teknologi yang membuat generasi melinial cenderung dimanja sehingga semangatnya tergerus akibat kemudahan yang ada.

Padahal dalam bidang ekonomi, generasi milenial memunculkan potensi dirinya sebagai wirausahawan.

“Generasi milenial juga harus menyadari, kekurangan dan kekuatan masing-masing sebagai bahan evaluasi untuk terus meningkatkan potensi yang dimilikinya,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut juga digelar pameran produk kreatif kewirausahaan dari SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Blora.
Sejumlah stand yang didirikan, ditinjau satu per satu oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Blora, Drs. Suryanto, M.Si bersama Kepala Bappeda Blora Ir. H. Samsul Arif dan sejumlah panitia serta pimpinan terkait.

Pihaknya mengapresiasi produk kreatif kewirausahaan yang dihasilkan oleh para siswa SMK Negeri dan Swasta.

“Sangat bagus dan perlu dikembangkan agar lebih bernilai ekonomis,” kata Drs. Suryanto,M.Si

Ketua MGMP Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Nunuk, menyampaikan selain pameran produk kreatif diikuti perwakilan SMK Negeri dan Swasta se kabupaten Blora, disela-sela acara ditampilkan pentas seni, di antaranya, seni tari kreasi, tari sufi, seni bela diri pencak silat dan seni vokal.

“Ada motivator yang dihadirkan untuk memberi semangat kepada generasi muda, khususnya program magang ke Jepang,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...