Seputar Blora

Paulus Pintarko, S.Pd.Si, Gr : GTT SMPN 1 Ngawen Peraih Beragam Prestasi dan Penghargaan


Menjalani profesi sebagai Guru Tidak Tetap (GTT)  sejak 18 Juli 2005 di SMPN 1 Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Hingga 14 tahun, Paulus Pintarko, S.Pd.Si, Gr mengabdikan diri sebagai pendidik dengan tulus ikhlas dan menjadi salah satu guru yang dikagumi oleh siswa sekolah setempat karena banyak prestasi yang dacapainya.

Alumni Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 25 Januari 2005 ini mengatakan prestasi yang diraihnya terdiri bidang formal, non formal dan aneka penghargaan serta pengalaman.

“Saya ingin menantang diri sendiri, sehingga termotivasi untuk mengikuti lomba. Saya pikir kalau Guru PNS bisa, maka saya juga bisa,” kata Paulus Pintarko, S.Pd.Si, Gr, di Blora, Jumat (4/10/2019).

Dikatakannya, sebagai GTT selalu terpacu untuk hal-hal positif dalam bidang yang digelutinya. Meski harapannya diangkat sebagai PNS sudah ‘pupus’ karena regulasi (kententuan usia).

Didorong oleh Juwita, istrinya yang juga seorang guru SMP di Japah, dirinya optimistis bahwa dengan berbagi ilmu kepada murid dan memacu adrenalin mengikuti lomba akan menjadikan dirinya tertempa dalam mengabdi di dunia pendidikan.

“Saya juga sudah lulus program pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPG) sehingga mendapatkan sertifikat pendidik. Tetapi ternyata GTT di negeri belum bisa mendapatkan tunjangan profesinya,” jelas Paulus Pintarko, S.Pd.Si, Gr.

Pria asal kelurahan Ngawen itu memang patut mendapatkan apresiasiasi dari prestasi yang diraihnya.

Berikut prestasi yang dicapai Paulus Pintarko, S.Pd.Si, Gr :

Prestasi Bidang Formal :

1. Juara 1 Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 Bidang Lomba Matematika dan IPA (MIPA) yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 23 s.d 27 September 2019.

2. Juara II Kategori Guru Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud pada tanggal 19 September 2019.

3. Juara II Kategori Guru Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud pada tanggal 4 Oktober 2018.

4. Juara III Kategori Guru Lomba Mobile Kihajar 2017 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud pada tanggal 25 Oktober 2017.

5. Juara II Kategori Guru Lomba Mobile Kihajar 2016 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud pada tanggal 16 September 2016.

6. Juara III Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 22 s.d 26 November 2014.

7. Juara 1 Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Jenjang Dikdas yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 2 s.d 3 September 2013.

8. Juara 1 Pemilihan Guru Berprestasi dalam Pembuatan Bahan Ajar Berbantuan Komputer (Multimedia) untuk Jenjang SMP/ MTs yang diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah pada tanggal 26 s.d 28 Nopember 2012.

9. Juara II Lomba Pengembangan Multimedia bagi Mahasiswa dan Guru Berprestasi di Bidang Pembelajaran Mandiri Berbantuan Komputer untuk Siswa Jenjang TK/ RA, SD/ MI, SMP/ MTS, SMA/ MA dan SMK/MAK yang Diselenggarakan FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada bulan November 2011 – Januari 2012.

10. Juara Harapan II dalam Kegiatan Pemilihan Guru Berprestasi dalam Pembuatan Bahan Ajar Mandiri Berbasis Komputer/ Multimedia Bagi Guru TK/ RA,SMP/ MTS, SMA/ MA/ SMK Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada Tanggal 10 s.d 12 Desember 2011.


Prestasi Bidang Non Formal :

1. Juara III Instruktur Kursus Komputer dengan Materi Lomba “Pembuatan Animasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini” pada Kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional 7 s.d 13 Juli 2012.

2. Juara III Paduan Suara pada Kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional 7 s.d 13 Juli 2012 (Tim).

3. Juara III Senan Sajojo pada Kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional 7 s.d 13 Juli 2012 (Tim).

4. Juara I Instruktur Kursus Komputer dengan Materi Lomba “Pembuatan Animasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini” pada Kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah 8 s.d 11 Mei 2012.

5. Juara I Instruktur Kursus Komputer dengan Materi Lomba “Pembuatan Animasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini” pada Kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Kabupaten Blora 17 April 2012.


Penghargaan :

1. Finalis Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2017 Bidang Lomba Matematika dan IPA yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 4 s.d 8 Oktober 2017

2. Finalis Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 Bidang Lomba Matematika dan IPA yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 9 November 2016.

3. Kontributor Konten m-edukasi BPMPK Kemendikbud Kategori Guru yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 19 September 2019.

4. Kontributor Konten dalam Kegiatan Produksi Bahan Ajar Mobile Edukasi Berbasis Komunitas Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Jenjang SMP Kelas 1 dengan mata pelajaran Matematika Judul Aplikasi “Dunia Dagang” pada tanggal 13 Agustus 2019

5. Penulis Naskah Program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Pendidikan Menengah dengan Judul “Tunjukkan Jalanku” yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 23 s.d 25 April 2015.

6. Penulis Naskah Program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Pendidikan Dasar dengan Judul “Balingku” yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 20 s.d 22 April 2015

7. Penulis Naskah Garis-Garis Besar Isi Media dan Jabaran Materi (GBIM/ JM) Program Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Menengah dengan Judul “Tunjukkan Jalanku” yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 12 s.d 14 Maret 2015.

8. Penulis Naskah Garis-Garis Besar Isi Media dan Jabaran Materi (GBIM/ JM) Program Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Dasar dengan Judul “Balingku” yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 9 s.d 11 Maret 2015.

9. Fasilitator dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan TIK bagi Tim Pengembangan Kurikulum Kabupaten/ Kota yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 27 s.d 29 Oktober 2014.

10. Fasilitator dalam Kegiatan Bimtek TOT Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran bagi Guru SD/ MI dan SMP/ MTs yang diselenggarakan oleh BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 26 – 28 September 2013.

11. Narasumber dalam Kegiatan Diseminasi Multimedia Pembelajaran Interaktif “Pendayagunaan TIK untuk pendidikan” Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh BPTIKP pada tanggal 19 September 2013.

12. Peserta Fasilitasi Pengembangan dan Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Pendidikan dasar jenjang SD/MI dan SMP/MTs yang diselenggarakan BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 2 s.d 3 September 2013.

13. Penerima Penghargaan Prestasi Nasional dan Internasional bagi Insan Pendidikan Jawa Tengah oleh Gubernur pada tanggal 27 November 2012.

14. Peserta dalam Lomba Pemilihan Guru Berprestasi dalam Pembuatan BahanAjar Berbantuan Komputer (Multimedia) untuk Jenjang SD/MI, SMP/ MTs, SMA/ SMK/ MA/ MAK yang diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah pada tanggal 26 s.d 28 Nopember 2012.

15. Peserta dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada Tanggal 5 s.d 7 Oktober 2012.

16. Peserta Lomba Pengembangan Multimedia bagi Mahasiswa dan Guru Berprestasi di Bidang Pembelajaran Mandiri Berbantuan Komputer untuk Siswa Jenjang TK/ RA, SD/ MI, SMP/ MTS, SMA/ MA dan SMK/ MAK yang Diselenggarakan FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada Bulan November 2011 – Januari 2012.

17. Peserta dalam Kegiatan Pemilihan Guru Berprestasi Dalam Pembuatan Bahan Ajar Mandiri Berbasis Komputer/ Multimedia Bagi Guru TK/ RA,SMP/ MTS, SMA/ MA/ SMK Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada Tanggal 10 s.d 12 Desember 2011.

18. Peserta Dalam Kegiatan Lomba Karya Ilmiah Inovatif Pembelajaran Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada Tanggal 11 s.d 14 November 2011.

19. Peserta dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada Tanggal 22 s.d 24 Agustus 2011.

20. Peserta dalam Kegiatan Lomba Guru Berprestasi di Bidang Pembelajaran Mandiri Berbantuan Komputer untuk Siswa Jenjang TK/ RA,SMP/ MTS, SMA/ MA/ SMK/ MAK 2010 yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada Tanggal 3 s.d 4 Nopember 2010.

21. Juri dalam Olimpiade MIPA antar SMP/ MTs/ Sederajat Tingkat Kecamatan Ngawen dalam rangka kegiatan Regional Development and Improvement Program (REDIP) Kecamatan Ngawen pada Tanggal 17 Nopember 2009.

22. Pelatih Aubade di SMP 4 Ngawen yang diselenggarakan dalam Rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-64 di Kecamatan Ngawen pada Tahun 2009.

23. Peserta dalam Kegiatan Lomba Pembuatan CD Interaktif (Multimedia) untuk Pembelajaran Mandiri Tingkat TK/ SD/ MI dan SMP/ MTS, SMA/ MA/ SMK Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada tanggal 28 Nopember s.d 1 Desember 2008.

24. Peserta dalam Kegiatan Lomba Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Komputer Tingkat SMP/ SMA/ SMK dan yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada Tanggal 12 s.d 15 Desember 2007.

25. Peserta dalam Kegiatan Lomba Pembuatan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Tingkat SMP/ SMA yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada Tanggal 22 s.d 24 Agustus 2006.

Pengalaman Pelatihan dan Workshop :

1. Peserta Workshop Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 30 Juli s.d 2 Agustus 2019

2. Peserta Bimtek Pendalaman Materi Esensial Ujian Nasional Jenjang SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Mata Pelajaran Matematika yang diselenggarakan Oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blora pada tanggal 23 Januari 2019 dan 6, 9, 13 Februari 2019.

3. Peserta Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas Berprestasi yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 20 s.d 23 Maret 2017.

4. Peserta Workshop Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 17 s.d 20 Juli 2017.

5. Peserta Workshop Penilian Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 14 s.d 18 November 2017.

6. Peserta Workshop Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Angkatan II yang diselenggarakan oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud pada tanggal 17 s.d 21 Oktober 2016.

7. Peserta Workshop Finalisasi Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning Berbasis Komunitas yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud pada tanggal 12 Oktober 2016.

8. Peserta Training of Trainer Pemanfaat TIK untuk Tim Pengembang Konten yang diselenggarakan BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 2 s.d 4 Oktober 2014

9. Peserta Training of Trainer Pemanfaat TIK untuk Tim Pengembang Kurikulum yang diselenggarakan BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 29 September s.d 1 Oktober 2014.

10. Peserta Workshop Review Lomba Multimedia yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah pada tanggal 20 s.d 22 Desember 2012 di Hotel Patrajasa Semarang.

11. Peserta Training of Trainer Pemanfaat TIK untuk Pendidikan yang diselenggarakan BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 7 s.d 9 Juni 2012.

12. Peserta Pelatihan MGMP Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) Tahun 2011/ 2012.

13. Peserta Pelatihan MGMP Program BERMUTU (Better Education throughReformed Management and Universal Teacher Upgrading) Tahun 2010/ 2011.

14. Peserta Pelatihan in-Services Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) Tahun 2009/ 2010.

15. Peserta Pelatihan MGMP Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) Tahun 2009/ 2010.

16. Peserta Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Guru, Kelompok MASTER TRAINER Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional Jakarta pada tanggal 15 s.d 17 Oktober 2008.

17. Peserta Pelatihan dan Pendidikan Guru Melalui MGMP Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Blora pada tanggal 5 Nopember 2008 s.d 3 Desember 2008.


Pengalaman Seminar :

1. Peserta Seminar Pembelajaran Abad 21 yang diselenggarakan oleh Intel Education dan Excellent Computer pada tanggal 20 Februari 2017.

2. Pembicara Sesi Paralel Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) ke-2 diselenggarakan bersama dengan 19th ATCM, 1st ISIM-MED, 3rd ISMEI dengan tema “Inovasi Teknologi untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 dalam rangka Percepatan Pembangunan Pendidikan Matematika di Indonesia” dengan judul makalah “Media Pintar (Media Pembelajaran Interaktif, Naratif, dan Realistik) sebagai Sarana Mempermudah Pemahaman Siswa Tentang Konsep Transformasi” yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika BPSDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 27 s.d 28 November 2014.

3. Peserta Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) ke-2 diselenggarakan bersama dengan 19th ATCM, 1st ISIM-MED, 3rd ISMEI dengan tema “Inovasi Teknologi untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 dalam rangka Percepatan Pembangunan Pendidikan Matematika di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika BPSDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 27 s.d 28 November 2014.

4. Peserta Seminar dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional dan HUT Ke-67 PGRI serta HUT Ke-41 KORPRI Tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan Tema “Standarisasi Profesi, Penghargaan, dan Perlindungan Guru”  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...