Seputar Blora

Dibekali Pendidikan FMD, Peserta Diklat Kerja di BLK Blora Harus Disiplin


Peserta pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja berbasis kompetensi di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah dibekali dengan pendidikan fisik, mental dan disiplin (FMD).

Hal itu tampak setiap apel pagi bagi peserta pelatihan di halaman BLK Blora. Pendidikan fisik, mental dan disiplin dipandu oleh instruktur dari TNI Kodim 0721 Blora.

Tidak hanya saat apel, namun hingga soft skill juga harus ada materi semangat dan jiwa nasionalisme untuk menangkal paham radikalisme yang diduga bisa masuk dalam lembaga dan pelatihan yang digelar.

Kepala UPT BLK Dinperinaker Blora Dra. Amik Kristanti membenarkan bahwa peserta pendidikan dan pelatihan kerja yang telah lolos seleksi dibekali dengan pendidikan fisik, mental dan disiplin.

“Benar, pendidikan dan pelatihan wajib dimasukkan jiwa dan semangat nasionalisme. Tidak hanya yel-yel, mulai dari apel pagi hingga soft skill juga harus ada materi nasionalisme,” katanya, di Blora (8/10/2019).

Semua itu dilakukan, kata Amik, untuk mendidik kedisiplinan dan semangat nasionalisme bagi peserta pelatihan kerja.

Oleh instruktur TNI dari Kodim 0721 Blora, peserta dibekali materi seperti pelatihan penghormatan, tata cara apel, dan berpakaian yang rapi serta olah raga.

Untuk tahap tahun V tahun 2019, lanjutnya, dibuka lima kelas mulai 7 Oktober 2019, yaitu rias pengantin, tata boga, menjahit, teknik otomotif dan las.

“Hanya saja waktu pelatihan berbeda, masing-masing kelas dipandu oleh instruktur yang membidangi dan telah bersertifikat,” ujarnya.

Dijelaskanya, waktu penyelenggaraan untuk kelas menjahit selama 35 hari, tata boga 20 hari, teknik mesin otomotif 30 hari dan teknik las 35 hari. Jumlah peserta, lanjutnya, sebanyak 80 orang. Masing-masing kelas 16 peserta dengan anggaran dari APBN.

Pihaknya berharap agar waktu pelatihan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan ditekuni oleh peserta. Kalau tidak tahu silahkan bertanya kepada para instruktur.

Sementara itu, Serda Supriyanto, mengatakan, peserta diklat di BLK Blora diajak untuk bersikap disiplin. Sebab dengan disiplin akan menjadi modal dasar berkarya untuk meraih sukses.

“Saya minta semua harus disiplin. Berpakaian yang rapi, memahami tata cara apel dan bagi yang pria agar cukur rambut biar rapi,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Operasi Zebra Candi Digelar Polres Blora Selama 14 Hari
    23 Oktober 2019 Jam 06:53:00

    Kepolisian Resor Blora Polda Jateng melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan...

    DPRD Blora Siap Kerja Keras Setelah AKD Dibentuk
    23 Oktober 2019 Jam 06:45:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora telah menyelesaikan pembentukan alat...

    Dipimpin Bupati Blora, Peringatan HSN 2019 Khidmat dan Meriah
    22 Oktober 2019 Jam 18:42:00

    Apel akbar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke V Tahun 2019 di Alun-Alun Kabupaten Blora,...