Berita Terkini

Pemkab Musi Banyuasin Studi Komparatif Pengelolaan Sumur Minyak Tua di Blora


Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan mengadakan studi komparatif pengelolaan sumur minyak tua yang dikelola oleh masyarakat di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2019).

Kedatangan rombongan dari Pemkab Muba ke Pemkab Blora dipimpin oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Muba, Ir. H. Yusman Srijanto, MT.

Mereka diterima oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora, Drs. Suryanto, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho di ruang pertemuan gedung Samin Surosentiko.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muba, Ir.H. Yusman Srijanto,MT menyampaikan kedatangannya bersama rombongan bermaksud melakukan studi komparatif pengelolaan sumur minyak tua yang dikelola oleh masyarakat.

“Jadi kami ajak Dirut BUMD Petro Muba dan rombongan untuk melakukan studi komparatif pengelolaan sumur minyak tua yang dikelola oleh masyarakat di Blora,” katanya.

Selain di Blora, lanjutnya, juga dilakukan kegiatan yang sama di Sekayu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora, Drs. Suryanto, M.Si menyambut baik maksud dan tujuan kegiatan studi komparatif yang dilaksanakan oleh Pemkab Muba ke Blora.

“Kami menyambut baik, semoga ini menjadi jalinan kemitraan yang terus berkelanjutan, khususnya dalam sinergi dan teknis pengelolaan sumur minyak tua untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ,” kata Suryanto.

Diakui, bahwa Badan Usaha Milik Derah (BUMD) Blora, PT Blora Patra Energi (BPE) beberapa kali dinilai menjadi contoh pengelolaan sumur minyak tua terbaik, sehingga dipilih sebagai tempat studi banding dan kegiatan pengelolaan minyak sumur tua.

Direktur Utama (Dirut) PT BPE, Christian Prasetya menyampaikan jumlah sumur yang diberikan izin oleh PT Pertamina EP di Lapangan Ledok, sebanyak 196 titik sumur tua.

“Yang sudah beroperasi sebanyak 125 titik sumur tua,” katanya.

Sedangkan di Lapangan Semanggi, sebanyak 71 titik sumur tua, yang sudah beroperasi produksi 6 titik sumur tua.
Produksi dalam satu tahun (2018), kata Christian Prasetya, di lapangan Ledok sebanyak 9.290.890 liter atau 58.430 barrel.

“Rata-rata dalam satu bulan, dapat memproduksi sebanyak 775.000 liter atau 4.870 barrel,” ujarnya.

Kemudian, untuk di lapangan Semanggi sebanyak 368.301 liter atau 2.315 barrel. Rata-rata dalam satu bulan dapat memproduksi 30.700 liter atau 193 barrel.

Jumlah tenaga kerja lokal, masyarakat desa Ledok yang terserap bekerja di sumur tua, kata Christian Prasetya, sebanyak lebih kurang 400 orang. Digunakan dengan timba sumur. Selain itu ada KSO dan transportasi limbah.

Untuk di wilayah lapangan Ledok, kata dia, berproduksi 160 barrel/hari.

Sementara itu Direktur PT Muba, H. Yuliar, SE menyampaikan, di Kabupaten Muba jumlah sumur minyak tua mencapai lebih kurang 400 sumur.

“Dalam kunjungan ini, antara lain membahas masalah hubungan kelembagaan, sisi operasional dan amdal. Kita perbandingkan, dan rupanya di Blora ini sudah begitu settle pengelolaan sumur-sumur tuanya,” katanya.

Usai pertemuan dan diskusi, dilanjutkan penyerahan cindera mata antara Pemkab Blora dan Pemkab Muda.

Kemudian, rombongan diajak singgah ke Dekranasda Blora untuk melihat aneka kerajinan yang ditampilkan. Bahkan, beberapa orang di antaranya membeli souvenir dari Blora untuk oleh-oleh.

Rombongan dari Pemkab Muba juga melaksanakan sholat Jumat di masjid agung Baitunnur Blora sebelum bertolak melanjutkan perjalanan kembali ke Muba. Dalam kunjungan itu ada 12 orang terdiri dari Pemkab Muba dan PT Muba.  (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...