Seputar Blora

Operasi Zebra Candi Digelar Polres Blora Selama 14 Hari


Kepolisian Resor Blora Polda Jateng melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan Operasi Zebra Candi 2019 yang akan dilaksanakan mulai 23 Oktober 2019 samai dengan 5 November 2019.

Apel dilaksanakan bersama TNI Kodim 0721/Blora, Dinrumkimhub, dan Sat Pol PP Kabupaten Blora di halaman Polres Blora, Rabu, (23/10/2019). Apel gelar pasukan dipimpin Kapolres Blora AKBP Antonius Anang,S.I.K.,M.H.

Dalam Apel gelar pasukan tersebut dilakukan penyematan pita operasi kepada perwakilan peserta apel, sebagai tanda bahwa operasi Zebra ini sudah dimulai dengan tujuan melakukan pengecekan kesiapan anggota, serta sarana dan prasarana yang akan menunjang pelaksanaan tugas dalam operasi tersebut.

Pada kesempatan itu, Kapolres selaku pimpinan apel membacakan amanat dari Kapolda Jateng.

Dikatakan Kapolres, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi selama tahun 2019 (Januari sampai dengan September) jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda Jateng sebanyak 19.262 kejadian, dengan korban meninggal dunia mencapai 3.167 orang, sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 1.507.023 pelanggaran.

“Terkait dengan tingginya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas tersebut serta dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamseltibcarlantas Pasca Pelantikan Presiden terpilih 2019, maka di laksanakan Operasi Zebra Candi 2019,” jelasnya.

Adapun tujuan dilaksanakan Operasi Zebra adalah untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam bentuk berlalu lintas khususnya terkait administrasi kendaraan bermotor sesuai dengan Undang Undang yang berlaku.

Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, melalui upaya penegakan hukum dengan berbasis IT, guna meminimalisir jumlah pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polda Jateng.

Kemudian, terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran di wilayah Polda Jateng.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto mengukapkan sasaran dari Operasi Zebra Candi 2019 ini adalah pelanggaran yang dapat menimbulkan fatalitas korban kecelakaan.

"Sasarannya adalah pelanggaran yang dapat menimbulkan fatalitas korban Kecelakaan," ucap Kapolres.

Kapolres menambahkan sesuai data dari Satlantas Polres Blora untuk data jumlah laka lantas di Blora mencapai 393 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 70 orang dan lainnya luka-luka.

"Cukup memprihatinkan di Blora jumlah laka lantas tahun ini mencapai 393 kejadian dengan korban Jiwa 70 orang dan lainnya luka-luka, untuk itulah dengan digelarnya Operasi Zebra ini, diharapkan dapat menekan pelanggaran dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas," katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...