Berita Terkini

Kemendesa PDTT Bangun Gudang Pembuatan Pakan Ternak di Desa Blungun


Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) tahun 2019 menyalurkan bantuan pembangunan gudang pembuatan pakan ternak (konsentrat) untuk para peternak sapi di Desa Blungun Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Proses pembangunan gudang pembuatan pakan ternak itu sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu. Guna memastikan kualitas bangunan dan capaian proyek, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si turun langsung untuk melakukan pengecekan, Selasa (29/10/2019).

“Ya, Selasa lalu saya bersama Pak Kadis PMD, Kadis Peternakan dan Perikanan, dan Camat Jepon, meninjau capaian proyek bantuan Kemendesa PDTT di Desa Blungun. Alhamdulillah sebagian besar sudah selesai dan siap diresmikan,” ucap Wakil Bupati, Kamis (31/10/2019).

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Menteri Desa PDTT dan jajarannya yang telah memberikan bantuan pembangunan gudang pembuatan konsentrat di Desa Blungun ini.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Menteri Desa PDTT, yang kebetulan senior saya. Semoga nanti beliau bersedia hadir ke Blora untuk meresmikan proyek ini, sekaligus untuk memberikan arahan dan motivasi kepada para petani dan peternak sapi,” lanjut Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si.

Pihaknya ingin agar gudang pembuatan pakan ternak ini nantinya bisa dikelola bersama oleh para peternak sapi di Desa Blungun dalam naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

“Kedepan kami berharap gudang pembuatan pakan ternak ini tidak hanya menghasilkan konsentrat untuk peternakan sapi di Desa Blungun saja. Namun juga bisa untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi di luar Desa Blungun. Apalagi Blora merupakan lumbung sapi di Jawa Tengah, sehingga sangat prospektif untuk dikembangkan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Blungun, Kiswanto, juga mengucapkan terimakasih atas bantuan pembangunan gudang pembuatan pakan ternak ini. Pihaknya berharap para peternak di desanya bisa diberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan konsentrat sehingga dari sisi SDM nya juga siap untuk menjalankan.

Berdasarkan informasi yang tertera di papan proyek, bantuan pembangunan dari Kemendesa PDTT ini disalurkan melalui program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL). Bangunan berukuran 25 meter x 10 meter dengan seluruh kelengkapan di dalamnya, dibiayai oleh Kemendesa PDTT dengan anggaran Rp 375 juta.

Selain meninjau pembangunan gudang pakan ternak, Wakil Bupati juga meninjau kandang peternakan sapi yang ada di Desa Blungun. Yakni kandang sapi komunal yang dikelola oleh kelompok peternak setempat. (Dinkominfo Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Sosialisasi Pilkada 2020 : Cerita Wayang Kongso Adu Jago Dipentaskan KPU Blora di Alun-Alun
    20 November 2019 Jam 05:18:00

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blora menyelenggarakan pentas wayang kulit dalam rangka...

    Sebanyak 67 Peserta Asal Blora Ikuti Pelatihan Security di Poltekbang Surabaya
    20 November 2019 Jam 03:15:00

    Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah...

    Pemkab Blora Dukung Penyelenggaraan Pro Futsal League 2020
    19 November 2019 Jam 17:15:00

    Pembukaan liga futsal nasional bertajuk Pro Futsal League (PFL) 2020 bakal digelar pada Desember...