Berita Terkini

TP PKK Blora Gelar Bakti Sosial di Todanan


Warga masyarakat pedesaan di Kecamatan Todanan sangat antusias mengikuti kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan pada Senin (11/11/2019). Bertempat di Puskesmas Todanan, ratusan ibu-ibu, remaja, hingga bapak-bapak ikut mengantri, memeriksakan kesehatannya.

Tidak hanya periksa gratis, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kehamilan dan IVA test untuk deteksi dini kanker mulut rahim, semuanya tidak dipungut biaya, termasuk pembagian sembako.

Sumartini, salah satu warga Todanan dari Dukuh Padas, mengaku senang dengan adanya bakti sosial pelayanan kesehatan gratis ini.

“Alhamdulillah senang bisa periksa gratis, petugasnya juga ramah. Tadi ikut periksa dan hasilnya baik-baik saja. Semoga pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini bisa terus dilakukan secara berkala, utamanya di desa-desa agar masyarakat semakin mudah menjaga kesehatannya,” kata Sumartini, sambil tersenyum.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho, yang diwakili oleh Wakil Ketua I, Ratnasari Irawadi, menjelaskan bahwa bakti sosial pelayanan kesehatan dan penyaluran sembako di Puskesmas Todanan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ibu ke 91 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2019 tingkat Kabupaten Blora.

“Kami yang tergabung dalam panitia peringatan Hari Ibu ke 91 dan HKN, menggelar bakti sosial ini di Todanan, salah satunya karena wilayahnya ada di pinggiran dan jauh dari kota sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan,” ucap Ratnasari.

Selain dari PKK, ada juga perwakilan dari DWP Kabupaten Blora, Bhayangkari, Persit, dll. Sedangkan OPD yang terlibat diantaranya Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A).

Pihaknya juga mengajak masyarakat, khususnya kaum perempuan dan ibu-ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan.

“Kami minta ibu-ibu yang sedang hamil rajin periksa agar kesehatan janin dan ibu bisa terus dipantau perkembangannya. Ini juga salah satu bentuk pencegahan stunting. Selain itu IVA test juga sangat penting untuk ibu-ibu, lakukan pemeriksaan IVA test secara berkala untuk deteksi dini kanker serviks. Kanker serviks masih menjadi salah satu penyakit yang membahayakan, sehingga harus dicegah melalui IVA test,” lanjut Ratnasari.

Camat Todanan, Edi Widayat mengucapkan terimakasih kepada Panitia Hari Ibu ke 91 dan HKN 2019 tingkat Kabupaten Blora yang telah memberikan bakti sosial untuk warga masyarakatnya.

“Kami mewakili warga masyarakat mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia Hari Ibu dan HKN yang telah memilih daerah Todanan sebagai lokasi bakti sosial. Semoga ini membawa manfaat untuk masyarakat kami,” ujar Edi Widayat.

Selama bakti sosial dilaksanakan, menurut data yang masuk, pemeriksaan IVA test diikuti 50 peserta, dimana sebelumnya sudah ada 221 peserta, jadi total 271 peserta. Sedangkan pembagian semabko sebanyak 50 paket diserahkan kepada masyarakat kurang mampu. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...