Berita Terkini

Capaian Akselerasi Penurunan Angka Stunting di Blora Peringkat I Jawa Tengah


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mengapresiasi capaian akselerasi penurunan angka stunting di wilayah kabupaten setempat sehingga berhasil menduduki peringkat satu se Jawa Tengah.

Hal itu disampaikannya ketika memberi sambutan mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho dan membuka resepsi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Selasa (12/11/2019).

“Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kemenkes lima tahun sekali, diketahui pada tahun 2018 prevalensi stunting Kabupaten Blora turun di angka 32% dari 55,1 % pada Riskesdas 2013,” ujarnya.

Sedangkan berdasarkan data hasil kegiatan rutin penimbangan serentak balita bulan Februari dan Agustus, stunting Kabupaten Blora tahun 2019 stunting nya sebanyak 8,2 %.

“Kami apresiasi penurunan angka stunting di Kabupaten Blora. Terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut bersama-sama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting,” katanya.

Meskipun sudah turun, kata Sekda Blora, namun upaya pencegahan dan penanggulangannya harus terus dilakukan.

Menurutnya Bupati dan Wakil Bupati Blora dalam berbagai kesempatan sering mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah, tidak hanya Dinas Kesehatan saja, untuk bersama-sama ngeroyok kasus stunting hingga ke tingkat desa.

“Intervensi pemerintah hingga ke tingkat desa sangat diperlukan. Kuncinya tiga, harus berani inovatif dalam menyusun program, kreatif dalam melaksanakan program, dan berani melakukan replikatif. Sehingga sasaran penanggulangan stunting bisa benar-benar merasakan manfaatnya,” lanjut Sekda.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Kabupaten/Kota Stop BABS/ODF 100% Tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan, dan penyerahan berbagai hadiah lomba dalam rangka HKN 55.

Sebelum pelaksanaan resepsi, terlebih dahulu digelar Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 tingkat Kabupaten Blora bertempat di halaman Kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora.

Pembukaan resepsi dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda, yang diserahkan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes.

“Mewakili Bapak Bupati, kami ucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional ke 55 untuk semuanya. Saya merasa senang berada disini, karena bisa berjumpa dengan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Blora,” katanya.

Di tangan petugas kesehatan, kata Sekda, kualitas kesehatan masyarakat Blora berada. Oleh sebab itu, teruslah berbenah dan jangan mudah puas diri. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...