Berita Terkini

SMKN 1 Jepon Gelar Kelas Inspirasi


SMK Negeri 1 Jepon, kabupaten Blora, menggelar kelas inspirasi untuk menumbuhkan budaya literasi yang dinuilai masih rendah di kalangan generasi muda.

Kegiatan kelas inspirasi ini dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (13/11/2019) hingga Kamis (14/11/2019) dengan menghadirkan beberapa narasumber dari awak media nasional.

Diantaranya Taufik Budi wartawan MNC Media, Aji Styawan Pewarta foto LKBN Antara, Kusfitria Marstyasih pegiat Komunitas Rumah Kita (Koruki), dan Ari Widodo wartawan Kompas.com.

Kegiatan kelas inspirasi bertema Literasi Media di Era Disruptif dan Pesan Trend Enterprenership dibuka oleh Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si.

Dirinya mengapresiasi terselenggaranya kelas inspirasi untuk kalangan pelajar di SMK Negeri 1 Jepon.

“Kelas inspirasi ini merupakan kegiatan yang bagus untuk membekali adik-adik dalam memperoleh ilmu dan ketrampilan lain diluar pelajaran sekolah. Contohnya ketrampilan berliterasi yang dilaksanakan dalam acara ini, seperti mendokumentasikan peristiwa, mengambil video, hingga menulis,” ucap Wakil Bupati.

Pihaknya menyadari bahwa saat ini budaya literasi, minat baca dan menulis pada generasi muda di Kabupaten Blora masih rendah sehingga melalui kegiatan Kelas Inspirasi seperti ini diharapkan bisa membangun budaya literasi yang baik. Terlebih di era kemajuan teknologi dan informasi yang semakin cepat.

“Di era teknologi yang terus berkembang cepat ini, kami yakin masing-masing pelajar selalu bergantung pada handphone untuk berkomunikasi,” katanya.

Tidak hanya komunikasi saja, namun juga bermedia sosial dan aktivitas lainnya. Melalui kelas inspirasi ini diharapkan para narasumber juga bisa membimbing adik-adik agar tidak menyalahgunakan medsos.

“Terimakasih Mas Taufik, salah satu wartawan MNC Media asli Doplang, Kecamatan Jati, yang bersedia pulang kampung bersama beberapa teman media lainnya, untuk mengajar adik-adik SMK ini,” tambahnya.

Seperti diketahui, Blora termasuk daerah yang melahirkan tokoh literasi nasional seperti Tirto Adhi Soerjo (Bapak Pers Nasional) yang lahir di Blora tahun 1880, dan ada juga Pramoedya Ananta Toer (sastrawan Dunia) penulis Bumi Manusia yang kemarin baru saja difilmkan.

“Kedepan kita berharap kelas inspirasi seperti ini bisa juga ditularkan ke SMA, agar semakin banyak generasi literasi di Kabupaten Blora,” ujarnya.

Kedepan diharapkan bisa lahir tokoh literasi besar dari kalangan remaja.

“Ayo bersama-sama membangun budaya literasi, budaya baca, budaya menulis di Kabupaten Blora,” pungkasnya.

Sementara itu, Taufik Budi, merasa senang karena bisa pulang kampung, berbagi ilmu, dan menginspirasi pelajar SMK Negeri 1 Jepon untuk belajar literasi dan jurnalistik.

“Impian saya untuk pulang kampung dan berbagi ilmu akhirnya kesampaian di SMK Negeri 1 Jepon ini. Senang sekaligus bangga, semoga bisa melahirkan para generasi yang cinta literasi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMK Negeri 1 Jepon, Miftahul Ulum, S.Pd, M.Pd, mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati dan teman-teman media yang bersedia hadir memberikan arahan kepada anak didiknya dalam acara Kelas Inspirasi.

“Mohon doanya, sekolah kami juga sedang dalam proses penilaian menjadi SMK Negeri Jawa Tengah yang nantinya jika lolos akan sepenuhnya dibiayai oleh APBD Jawa Tengah,” terangnya.

Yakni, sebagai sekolah gratis berasrama untuk anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu. Yang tidak lain sebagai dukungan pengentasan kemiskinan di bidang pendidikan. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).


    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...