Berita Terkini

Pemkab Blora dan PT PLN Jalin Kerja Sama Pengelolaan Pajak Penerangan Jalan


Blora, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melaksanakan penandantangan perjanjian kerja sama dengan Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus, Selasa (14/1/2020). Acara dilaksanakan di ruang pertemuan Setda setempat.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Kudus, Darmadi mengungkapkan, ini merupakan pertama kalinya di Blora. Khusus perjanjian jual beli tenaga listrik pelanggan premium.

“Perjanjian ini merupakan bentuk kerja sama pajak penerangan jalan umum dan perjanjian jual beli tenaga listrik pelanggan premium dengan bank BRI kantor cabang Blora,” ungkap Darmaji.

Perjanjian kerja sama ini, harap Darmaji, terjalinnya kerja sama yang lebih baik, terutama dalam pengelolaan pajak penerangan jalan (PPJ).

Ditambahkan Darmadi, saat ini PPJ merupakan salah satu dari penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Blora.

“Saat ini, PPJ yang diterima oleh Kabupaten Blora tiap bulan rata-rata 2,2 miliar,” tambah Darmadi.

Ke depan, lanjut Darmadi, diharapkan terjalin kerja sama yang baik termasuk dalam pengendalian piutang PLN, karena sembilan persen dari piutang PLN merupakan PPJ yang akan masuk ke PAD.

Hadir perjanjian PLN-Pemkab Blora, dihadiri Bupati H. Djoko Nugroho, Manager PT PLN UP3 Kudus Darmadi, Sekda Komang Gede Irawadi, Pemimpin Bank BRI Kanca Blora, M. Naufal Thoriq.

Tampak hadir pada acara Manager PT PLN UP3 Rayon Blora, Mahfud Sungadi, PT PLN UP3 Rayon Cepu, M. Alwi Sofian, para Kepala OPD dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Manager PLN UP3 Kudus yang membawahi Rayon Blora dan Cepu, memberi apresiasi positif pada Pemkab Blora yang aktif mengedukasi dan sosialisasi membayar listrik sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

“Terima kasih Pak Bupati, atas surat edaran (SE) himbauan pembayatan listrik sebelum tanggal 20 tiap bulannya,” kata Darmadi.

Selain itu, lanjutnya, PLN siap mendukung program Pemkab dalam melegalisasi PJU yang dipasang ilegal, termasuk penertiban pemakaian tenaga listrik yang tidak aman.

Menurutnya, penggunaan tenaga listrik yang tidak aman dan ilegal, dapat berdampak hilangnya potensi pendapatan, baik PLN maupun pihak Pemkab.

PLN juga siap mendukung investasi di Kabupaten Blora, karena saat ini pertumbuhan industri sedang berkembang pesat di Jateng, khususnya di Kabupaten Blora dan sekitarnya.

Dijelaskan Darmadi, total pelanggan PLN di Kabupaten Blora 148.000, sedangkan angka pertumbuhan penjualan di Unit Pelayan Pelanggan (ULP) Rayon Blora saat ini sekitar 8,22 persen.

Angka ini tentunya akan terus meningkat, dan berdampak meningkatnya perekonomian daerah yang secara tidak langsung akan menekan angka kemiskinan.

Dalam menunjang kebutuhan akan energi listrik yang sustainable, saat ini PLN menyediakan produk layanan terbaru, layanan premium.

Kelebihan layanan premium, pelanggan tidak perlu khawatir terjadinya pemadaman yang dapat mengganggu kegiatan perbankan, karena akan mendapatkan supply dari dua feeder, sehingga kehandalan dapat terjamin.

Ditambahkan Darmadi, pelanggan akan mendapatkan kompensasi jika terjadi pemadaman yang melebihi service level agreement yang sudah disepakati sebelumnya.

Darmadi berharap, pelaku bisnis maupun industri dapat beralih ke produk layanan premium, agar mampu meningkatkan produktivitasnya tanpa takut listrik padam.

Bupati Blora, Djoko Nugroho, mengaku senang dan memberi apresiasi positif pada PLN, selain pelayanan makin baik, juga ada layanan baru bernama layanan premium.

Bupati juga berharap, kejadian listrik sering padam saat hujan, angin atau mendung, bisa terus diminimalisir.

“Jika ada pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, PLN jangan takut, langsung saja dipotong,” tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...