Berita Terkini

Sosialisasi Pelaksanaan Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019


Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019 di Gedung Konco Tani, Rabu (22/1/2020).

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Tengah.

Sosialisasi ini sebagai media koordinasi guna memfasilitasi kepentingan pelaksanaan pemeriksaan yang  akan dilaksanakan oleh Tim BPK RI Perwakilan Jawa Tengah  sehingga diharapkan pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar.

Kepala BPPKAD, Ir. Maskur, MM, menyatakan bahwa sesuai jadwal, pemeriksaan keuangan oleh BPK dilaksanakan sejak tanggal 21 Januari 2020. Pemeriksaan kali ini merupakan tindak lanjut dari pemeriksaan awal pada bulan November 2019 yang lalu.

Pada acara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho menekankan arti pentingnya pengelolaan keuangan bagi pemerintah. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh peserta sosialisasi yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk benar-benar memahami pengelolaan keuangan yang benar, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

“Saya minta kepada seluruh pengelola keuangan daerah, yaitu Kepala OPD, bendahara pengeluaran, bendahara penerimaan, Pejabat Pembuat Komitmen untuk menguasai materi yang akan diberikan oleh BPK, sehingga ke depan pengelolaan keuangan kita akan semakin baik,” tegasnya.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka Pemerintah Daerah dapat memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Opini Badan Pemeriksa Keuangan merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Dikatakannya, kabupaten Blora sudah 5 kali berturut-turut memperoleh Opini WTP dari BPK. Meski dengan beberapa catatan, namun hal ini merupakan sebuah prestasi di bidang pengelolaan keuangan.

“Saya ingin tahun ini kita mendapat Opini WTP yang berkualitas, tanpa satu pun catatan,” tegasnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala BPPKAD Blora, Ir. Masykur, M.M, setiap OPD se-Kabupaten Blora diharapkan untuk menyelesaikan seluruh laporan keuangan dan laporan aset sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Yang melakukan pemeriksaan kali ini, tim BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yaiu Argo Waskito sebagai Penanggung Jawab,  Lambang Prabowo sebagai Pengendali Teknis,   Andu Wendy Zailani Hamzah sebagai Ketua Tim,  Bayu Nugroho sebagai Anggota,  Petrus Dedy Prasetyo sebagai Anggota dan   Muhammad Salman Ardiansyah sebagai Anggota.

Sosialsasi diikuti oleh pimpinan OPD, Kepala Bidang dan peugas administrasi serta bendahara keuangan. (Dinkominfo Kab. Blora).    

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...