Seputar Blora

POLRES BLORA DORONG WARGA AKTIF SISKAMLING MELALUI LOMBA POSKAMLING


Sebagai bentuk apresiasi dan memotivasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan, Polres Blora memberikan penghargaan kepada lingkungan warga yang memiliki poskamling terbaik. Penilaian bukan hanya bentuk fisik bangunan, tetapi keaktifan warga dalam partisipasi menjaga keamanan lingkungan.

Lomba Pos Kamling terpadu digagas oleh Kapolres Blora sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat secara swakarsa untuk peduli terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan pemukiman tempat tinggal dengan melibatkan seluruh potensi yang ada pada masyarakat setempat termasuk potensi gabungan organisasi kemasyarakatan yang berada di wilayah Kabupaten Blora.

Penghargaan dalam bentuk piala, piagam dan uang pembinaan masing-masing untuk Juara I Rp. 1.500.000, Juara II Rp. 1.000.000, Juara III Rp. 750.000.

Penghargaan diserahkan Kapolres usai pelaksaaan apel pagi, Senin (28/8/2017).

Lomba Pos Kamling ini diikuti oleh 1 (satu) perwakilan Kelurahan/Desa di masing-masing 16 Kecamatan yang ada di seluruh wilayah kabupaten Blora.

Dalam penilaian lomba Pos Kamling tingkat Polres Blora ini, dibagi menjadi 3 (tiga) tipe sebagai berikut :
Kategori Tipe A (Permanen), Juara I Pos Kamling Ds. Mbalun Kec. Cepu, Juara II Pos Kamling Kel. Kunden, Kec. Blora, Juara III Pos Kamling Kidangan Kec. Jepon.

Kategori Tipe B (Semi Permanen), Juara I Pos Kamling Ds. Tempurejo, Kec. Bogorejo, Juara II Pos Kamling Ds. Sumberejo, Kec. Japah, Juara III Pos Kamling Ds. Keser, Keca. Tunjungan.

Kategori Tipe C (Kayu), Juara I Pos Kamling Ds. Tawangrejo, Kec. Kunduran, Juara II Pos Kamling Kel. Randublatung, Kec. Randublatung, Juara III Rondan Kuning, Kecamatan Jiken.
Kasat Binmas Polres Blora, AKP Sumaidi menyatakan bahwa ada beberapa kriteria penilaian dari Pos kamling terbaik.

Diantaranya perlengkapan Pos kamling, penanganan dan respon Pos kamling terhadap suatu masalah yang terjadi wilayahnya, dan serta segera melapor jika mengetahui ada kejadian.

"Penilaian ini sudah dilakukan dengan baik dan dilakukan se Kecamatan di Blora. Sejauh ini, poskamling yang ada di Blora masih kurang pembinaan dan keaktifannya. Namun dengan adanya lomba Pos kamling ini bisa jadi semangat bagi masyarakat untuk kembali sadar akan pentingnya menjaga kemanan dan ketertiban dilingkungan tempat tinggal masing-masing," terang Mahmud.

Kapolres Blora, AKBP Saptono, menjelaskan tujuan dasar pemilihan lomba poskamling karena berhubungan dengan tugas pokok Kepolisian.

Menurutnya, selain membantu memelihara keamanan dan ketertiban, poskamling merupakan tingkat pengamanan dasar bagi Polisi.

"Keberadaan siskamling merupakan wujud peran serta masyarakat untuk mencipatakan rasa aman di lingkungan. Ini wujud nyata peran serta masyarakat bersama Polri dan didukung oleh TNI guna menciptakan Kamtibmas," jelasnya

Kapolres berharap poskamling terus aktif sehingga keamanan dilingkungan setempat selalu terjaga. Demikian juga bagi poskamling yang belum aktif, diharapkan untuk diaktifkan kembali. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...