Seputar Blora

Maba STTR Cepu Ikuti Penyuluhan Bela Negara


Koramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora menyampaikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada mahasiswa baru (maba) Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu dengan nara sumber Danramil Cepu Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH, Rabu (13/9).

Beberapa materi yang disampaikan meliputi, Tataran Dasar Bela negara, Peta wilayah NKRI, Empat Pilar kebangsaan, Total Defence (ancaman militer dan ancaman non militer), Komponen Haneg hadapi ancaman militer, Komponen Haneg hadapi ancaman non militer, Sishanrata, Landasan yuridis Hak dan kewajiban bela negara, Arti Bela negara, Nilai-nilai dasar dalam bela negara, Tiga pilar utama bina kesadaran bela negara, PKBN Landasan pembangunan Han Semesta, pelaksanaan pembinaan kesadaran bela negara di satu pendidikan dan Peta wilayah NKRI.

“Negara sudah menetapkan Undang-Undang yang jelas sebagai pedoman bersama. Teritorial adalah wujud sistem pertahanan semesta dengan dasar utama UUD 45 pasal 30, yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara,” tandasnya.

Sejumlah 110 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu dari tiga jurusan yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sipil antusias mengikuti penyuluhan dalam rangka pengenalan Program Studi dan Kampus (Persik) Tahun Akademik 2017/2018 dalam pembelaan negara. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim)

    Berita Terbaru

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...

    Halalbihalal, Membangun Semangat Silaturahmi dan Membumikan Kerukunan
    21 April 2024 Jam 22:21:00

    Camat Kunduran, Blora, Suharto berpesan supaya Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan...