Berita Terkini

Bupati Djoko Nugroho Resmikan Pembangunan Makam Gedong Sunan Pojok


Bupati Blora Djoko Nugroho menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya pembangunan makam gedong Sunan Pojok, Selasa (18/10). Peresmian dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Haul Sunan Pojok 2017.

“Peresmian sengaja dilaksanakan dengan sederhana, yang penting adalah mengikuti pengajian peringatan Haul Sunan Pojok,” kata Bupati di hadapan ribuan warga yang hadir pada acara tahunan itu.

Masih menurut Bupati, agar kawasan wisata religi Sunan Pojok lebih representative bagi para pengunjung dan peziarah, maka eks kantor Sat Pol PP yang berada disebelah utara kompleks makam akan segera dibongkar.

“Eks kantor Sat Pol PP segera dibongkar. Agar ke depan kawasan Makam Sunan Pojok lebih luas dan nyaman bagi para peziarah,” kata Bupati Djoko Nugroho.

Tidak hanya itu, kata Bupati, bangunan yang ada di kawasan koplakan Blora juga akan dibongkar.

“Koplakan juga akan dibongkar,” tandasnya.

Pada kesempatan itu Bupati juga berpesan agar peringatan Haul Sunan Pojok tidak digunakan sebagai ajang kepentingan politik.

“Peringatan Haul Sunan Pojok jangan dijadikan untuk kepentingan politik. Kita hormati Mbah Sunan Pojok, karena beliu adalah sosok yang baik, disegani dan sederhana. Saya doakan saja yang nyalon bisa jadi semua,” kata Bupati.

Terkait dengan sejarah Sunan Pojok (Syech Abdurrohim) yang dibacakan panitia, menurut Bupati Djoko Nugroho agar disusun dengan bahasa yang lebih baik, jelas dan mudah dipahami warga masyarakat.

“Tolong sejarah Mbah Sunan Pojok disusun dengan bahasa yang baik dan jelas serta mudah dipahami,” ujarnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora Abdullah Aminudin, mengatakan sepakat jika eks kantor Sat Pol PP dibongkar untuk memperluar kawasan makam Sunan Pojok.

“Kami sepakat, nanti segera dirapatkan, disusun dan dianggarkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Haul Sunan Pojok 2017, Suryanto, dalam laporannya antara lain mengemukakan setiap tahun para pengunjung yang hadir selalu meningkat. Hanya saja, pada tahun 2017 ini menjadi istimewa karena pelaksanaannya di lokasi makam gedong Sunan Pojok dan anggarannya senilai Rp30 juta dari Pemkab Blora.

“Haul pada hakekatnya adalah hari ulang tahun berpulangnya seorang tokoh. Mbah Pojok atau Syech Abdurrohim adalah tokoh ulama dan umaroh yang mempunyai peran penting di Kabupaten Blora,” jelasnya.

Puncak acara yang dihadiri ribuan warga Blora dan sekitarnya adalah pengajian yang disampaikan oleh Gus Aria Mumhamad Ali putra KH Agus Ali Masyhuri dari Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Ribuan warga menyimak apa yang disampaikan Gus Aria hingga acara paripurna.

Hadir pada acara tersebut antara lain Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Sekda Blora Bondan Sukarno, Forkopimda Blora, Pengurus Yayasan Sunan Pojok Blora, Pengasuh Pondok Pesantren, dan para ulama dari Blora dan sekitarnya. (Dinkominfo Kab. Blora). 

    Berita Terbaru

    Tebar Keberkahan Ramadan, PWI dan LazisMU Berbagi Ratusan Bungkus Takjil
    29 Maret 2024 Jam 20:39:00

    Ratusan bungkus takjil dibagikan kepada masyarakat oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah...

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...