Berita Terkini

Bupati Djoko Ngroho : Penting, Pemerataan Guru di Wilayah Pelosok


Peringatan Hari Guru Nasional 2017 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 PGRI tingkat Kabupaten Blora baru dilakukan pada hari Senin (27/11/2017) dengan melaksanakan Upacara Bendera di Alun-alun dan Resepsi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Dalam pelaksanaan upacara, Bupati Djoko Nugroho bertindak sebagai inspektur upacara. Peserta upacara perwakilan guru se Kabupaten Blora, perwakilan pelajar SD, SMP dan SMA/SMK sederajat. Turut hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Blora, Sekda beserta jajarannya dan pengurus Dewan Pendidikan Kab.Blora.

Usai upacara langsung dilanjutkan dengan acara resepsi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Dimana Bupati dalam sambutannya menekankan pentingnya pemerataan guru di wilayah pelosok perbatasan agar kualitas pendidikan tidak jomplang antara kota dan desa.

“Saya ingin ada pemerataan guru di wilayah pelosok perbatasan, ini penting. Tolong nanti Pak Kadinas Pendidikan untuk menindaklanjuti kebijakan ini. Cukupi dahulu kebutuhan guru, khususnya PNS di wilayah pelosok perbatasan. Wilayah Kota nanti belakangan saja, setelah yang pelosok tercukupi,” tegasnya.

Karena menurut Bupati pembangunan dari wilayah perbatasan atau pinggiran sangatlah penting. Selain membangun infrastruktur fisik, juga membangun sumber daya manusia melalui pendidikan yang merata.

“Bagi guru-guru yang nantinya ditugaskan di pelosok, jangan malah ngeluh. Justru disitulah ladang keberkahan jenengan semua untuk berbakti kepada negeri. Nanti akan kita upayakan tunjangan khusus untuk guru-guru yang ditempatkan di wilayah pelosok perbatasan,” lanjutnya.

Selain itu, Bupati berpesan kepada seluruh guru agar melakukan identifikasi apa penyebab menurunkan prestasi anak-anak setelah masuk bangku SMP dan SMA.

“Saya heran, padahal kita punya bibit-bibit yang unggul. Saat anak-anak masih duduk di bangku SD hasil ujiannya selalu masuk 5 besar se Jawa Tengah. Namun ketika masuk SMP dan SMP, mengapa nilai kelulusannya merosot. Pasti ada yang salah, tolong ini diidentifikasi oleh semua guru. Lakukan inovasi dalam pembelajaran agar anak didik semakin mudah menerima bahan ajar,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Tebar Keberkahan Ramadan, PWI dan LazisMU Berbagi Ratusan Bungkus Takjil
    29 Maret 2024 Jam 20:39:00

    Ratusan bungkus takjil dibagikan kepada masyarakat oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah...

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...