Seputar Blora

Polres dan TNI Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2018


Polres Blora meningkatkan pengamanan gereja jelang perayaan Natal baik melalui patroli maupun membangun pos penjagaan dengan menempatkan personel Kepolisian.

Patroli malam di sejumlah gereja juga sudah mulai ditingkatkan oleh seluruh personil Polsek jajaran diwilayahnya masing-masing. Baik siang maupun malam hari, guna memastikan dalam menyamput perayaan natal dapat berjalan aman lancar, dan kondusif.

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H melalui Kasubbag Humas Iptu Eko Septi mengatakan, bahwa Polres Blora sudah memerintahkan Polsek jajaran untuk menjalin komunikasi dengan pihak gereja.

"?Dari perintah Kapolres Blora sudah memerintahkan Kapolsek jajaran untuk berkomunikasi dengan pihak gereja. Penyisiran-penyisiran serta stelirisasi juga mulai dilakukan khususnya ke gereja besar yang dirasa butuh sterilisasi dari Tim Sterilisasi Sat Shabara Polres Blora," terang Iptu Eko Septi, Rabu (20/12).

Kasubbag Humas ini melanjutkan selain menyebar anggota berseragam, anggota berpakaian preman juga disebar untuk memonitoring situasi baik di gereja maupun pusat keramaian.

"Pengamanan tidak hanya fokus di tempat ibadah. Sampai saat ini situasi masih kondusif, semoga tidak ada kejadian yang menonjol dan jadi pusat perhatian. Kami akan berusaha terus tingkatkan keamanan," tegasnya.


Sinergi dengan TNI

Polsek Blora Kota bersama Kodim 0721/Blora bersinergi mendirikan Pos Pengamanan di depan gereja Bethany dan St. Pius, Blora, Rabu (20/12). Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) merapatkan barisan untuk melakukan pengamanan Natal 2017 dan pergantian tahun baru 2018. Kedua institusi garda terdepan penjaga kemanan dan keutuhan NKRI, tersebut ingin akhir tahun di Indonesia berlangsung aman dan kondusif.

"Sesuai perintah Panglima TNI dan Kapolri, kami Polres Blora bersama Kodim o721/Blora Siap mengamankan natal dan tahun baru 2017," kata Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H.

Sesuai rencana Polres Blora dalam Operasi Lilin Candi 2017, akan mendirikan tiga pos pengamanan, yakni Pos Pam gereja St. Pius, Bethany, Blora dan St. Willybrodus, Cepu. Sedangkan Pos Pelayanan yakni di alun-alun kota Blora dan taman Tokbuntung, Cepu. Dengan didirikanya Pos Pam dan Pos Yan tersebut bertujuan untuk memudahkan proses pengamanan di Bumi Samin ini.

"Setiap pos akan disiagakan 10 personil gabungan dari Polres Blora, TNI dan Senkom Mitra Polri," ujar Kapolres Blora.

AKBP Saptono mengatakan, telah memerintahkan seluruh jajaran untuk melakukan pengamanan di setiap wilayah. Dalam melakukan pengamanan tersebut, antara Polri dan TNI harus saling berkordinasi dan menjaga soliditas agar dalam pengamanan natal dan tahun baru 2018 berjalan sukses.

"Seluruh gereja di Kabupaten Blora akan mendapatkan penjagaan dari anggota mulai dari gereja besar dan juga gereja dengan jamaat yang tidak begitu banyak," katanya.

Tidak hanya ditempat ibadah yang dilakukan penjagaan, lokasi-lokasi rawan terjadi tindak kejahatan juga akan dilakukan pengawasan.

Pihaknya mengimbau warga untuk turut serta mengamankan lingkungan. Koordinasi dengan instansi dan kesatuan lain juga sudah dilakukan.

Kapolres berharap, tak ada gangguan keamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru itu.

"Harapannya, pelaksanaan Natal dan tahun baru di Kabupaten Blora berjalan lancar tanpa ada kendala berarti," tegasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bersama FK Metra, Masyarakat Desa Jagong Diajak Nonton Bareng
    19 Desember 2018 Jam 05:03:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Nonton Bareng (Nobar)...

    Hery Sutiyono Jadi Ketua KONI Blora Masa Bhakti 2018-2022
    18 Desember 2018 Jam 09:57:00

    Hery Sutiyono secara aklamasi terpilih kembali menjadi ketua umum Komite Olahraga Nasional...

    Bupati Djoko Nugroho Buka Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI Blora
    18 Desember 2018 Jam 09:02:00

    Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Blora menggelar musyawarah olahraga...